Beberapa Manfaat Buah Kurma

0
233
Kurma
Kurma

Tak hanya nikmat, kurma juga baik bagi tubuh

Manfaat kurma
kurma

Bentuknya lonjong dan berwarna cokelat. Jenisnya amat beragam dan menjadi idola saat bulan puasa tiba di Indonesia, mungkin juga di seluruh dunia. Buah itu bernama kurma.

Kurma atau dalam bahasa Inggris disebut dates, merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW untuk ta’jil atau pembatal puasa Anda. Ternyata kurma juga memiliki bermacam manfaat. Ini dia:

1. Memiliki kandungan nutrisi penting, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan tubuh, perkembangan, dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Mudah dicerna dan memiliki gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa. Karena itu ketika dimakan, mereka mengisi energi dan merevitalisasi tubuh langsung.

3. Kaya serat, yang berfungsi mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Serat juga bekerja sebagai pencahar massal. Dengan demikian, membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan dan serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

4. Mengandung antioksidan polifenol flavonoid yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui memiliki anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik [mencegah kecenderungan mudah berdarah].

5. Kurma adalah sumber moderat vitamin-A [mengandung 149 IU per 100g], yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, serta membantu melindungi dari kanker rongga mulut.

6. Kaya akan B-karoten, lutein, dan zea-xanthin. Zat-zat tersebut diketahui memiliki kemampuan untuk melindungi sel-sel dan sturuktur lainnya dalam tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

7. Secara khusus zea-xanthin merupakan makanan penting untuk makula lutea retina [mengatur penglihatan untuk membaca, mengemudi, dan mengenali wajah], yang menyediakan fungsi cahaya-filtering antioksidan dan pelindung. Sehingga baik bagi lansia yang mengalami degenerasi makula lutea.

8. Kurma merupakan sumber zat besi yang menjadi komponen dari hemoglobin dalam sel darah merah. Fungsinya mengangkut oksigen dan mengedarkannya ke jaringan sel guna pembentukan energi di dalam sel.

9. Mengadung kalium yang berfungsi membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

10. Memiliki kalsium, mangan, tembaga dan magnesium. Kalsium merupakan mineral penting yang merupakan konstituen penting dari tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, pembekuan darah, dan saraf impuls konduksi.

Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-factor untuk enzim antioksidan dan superoksida dismutase [enzim untuk perbaikan sel yang rusak karena radikal bebas]. Tembaga dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang.

11. Kurma mengandung vitamin B-komplek dan vitamin K. Sehingga mampu bertindak sebagai kofaktor [pengaktif enzim] membantu metabolisme karbohidrat tubuh, protein, dan lemak. Serta menjadi faktor penting koagulan dalam darah dan metabolisme tulang.

Banyak  ‘kan manfaatnya. Dan yang perlu dicoba adalah salah satu kurma terbaik yaitu kurma Medjool dari Arizona, Amerika. Perkebunan kurmanya memiliki sungai di bawah tanahnya, sehingga menghasilkan buah kurma yang besar dan lezat. Yuk, konsumsi kurma. « [teks & foto @bartno]

SHARE