Nasi Kepel Mama [Cyn] Thia Lamusu

0
647
Booth Nasi Kepel Cynthia Lamusu
Cynthia Lamusu

Ini kunci sukses Nasi Kepel Mama Thia

Cynthia lamusuDalam Festival Jajanan Bango di Senayan awal Mei lalu, yang menyajikan makanan-makanan khas Nusantara, ada salah satu booth yang cukup ramai diserbu penikmat masakan. Pemiliknya tampak tak asing di mata saya dan beberapa pasang mata lain yang menatap penasaran. Karena eh karena, si empunya ternyata seorang penyanyi yang tergabung dalam Be3: Cynthia Lamusu.

Rupanya, istri Surya Saputra ini pada Juni mendatang akan merayakan tiga tahun kelahiran bisnis kulinernya yang dikenal dengan Nasi Kepel Mama Thia.

Usaha yang dirintisnya ini terbilang sukses. Karena sejak pertama dimulai hingga kini, pelanggannya tak pernah surut. Begitu kiranya ketika saya mengobrol sesaat dengan mama yang jago masak ini.

Alhamdulillah, sekarang eranya sosial media. Itu ampuh. Aku bisa bilang itu karena memang aku memulainya dari Twitter @DapurMamaThia. Order-nya selalu ada dan makin meningkat setelah ikut festival-festival kuliner seperti ini,” imbuhnya.

Selain memanfaatkan sosial media, kunci sukses Cynthia juga ada di inovasi dan rasa. Penasaran ingin tahu cerita suksesnya, saya pun menggalinya lebih dalam lagi mengenai nasi kepel buatannya. “Inspirasinya dari dua daerah. Kuliner Jawa, nasi angkringan itu dari size-nya, seperti nasi kucing,” jelas penyanyi yang memang berasal dari Gorontalo ini. 

“Sedangkan isinya terinspirasi dari nasi kuning Gorontalo [nasi kuning + bihun cakalang + lauk]. Di sana itu makan nasi kuning seperti makanan sehari-hari ‘gitu.” 

Sedangkan mengenai rasa, ada beberapa bahan dasar yang ia datangkan dari Gorontalo, seperti sambal Roa misalnya. Juga, Cynthia diwarisi racikan bumbu dari bunda tercintanya. “Bumbunya sih simpel aja. Mungkin yang membedakan itu kadang teknik masak,” kata perempuan kelahiran 12 April 1978 ini.

“Seperti, untuk mengolah jambal itu dicuci dulu, dibersihkan dari debu, sehingga rasanya nanti juga nggak terlalu asin. Alhamdulillah, aku nggak pake pengawet. Karena aku dapat rahasia dari Mama. Jadi semuanya harus betul-betul matang. Dengan level api yang pas, jadi si bumbu benar-benar matang dan nggak gampang basi.”

Jadi ada tiga kunci sukses nasi kepel Mama Thia. Pertama inovasi; nasi kepel yang simpel, kedua rasa; bumbu warisan dan teknik masak, dan ketiga memanfaatkan sosial media. Bagi yang tertarik berbisnis kuliner, Cynthia membagi satu tipnya untuk mengatasi harga bahan-bahan yang melonjak naik. “Stock bahan-bahan terutama menjelang puasa dan hari raya,” paparnya sambil tersenyum.

Ingin mencoba masakan Mama Thia, yang kini telah punya menu lain selain 8 rasa nasi kepel? Ada 12 menu lauk, pilihan nasi tumpeng dan pilihan parcel.

Sambal Roa
Sambal Roa

Cara Order
Telepon 0896 3634 7803
PIN BB 271CE15C
Email [email protected]
Website dapurmamathia.com

Catatan
Pemesanan sebaiknya sehari sebelumnya, karena semuanya fresh. Minimum pemesanan dua box [satu box berisi 12 nasi kepel] belum termasuk ongkos kirim.

Daya tahan
7-8 jam suhu kamar
4 hari di dalam kulkas

Tip
Nasi kepel yang dari kulkas, akan lebih nikmat jika dipanaskan dulu di microwave dengan daunnya, jadi seperti nasi bakar. « [teks @bartno | foto @deahijjrah | @DapurMamaThia]

Also read:
Cafe anti kesepian di Jepang

SHARE