Ian Antono dan Lima Vokalis Baru

0
187

Ian Antono butuh waktu lama mencari vokalis

Ian AntonoTua-tua keladi, makin tua kian jadi. Pepatah itu cocok jika dsematkan untuk Ian Antono. Memasuki usia 63 tahun, gitaris God Bless ini meluncurkan sebuah album bertajuk Song Book I di Rolling Stone Cafe, Jakarta. Album ini merupakan sesuatu yang telah lama ia dambakan sejak lama.

“Entah kapan saya mulai sadar jika tidak pernah merekam karya-karya yang telah saya ciptakan. Sampai akhirnya itu tercececer ke mana-mana,”ungkap pemusik lewat paruh baya ini. Ia sadar jika karya itu dibiarkan saja akan sangat disayangkan. Maka itu ia mulai berpikir untuk membuat sebuah album lagu.

Song Book I berisi sepuluh lagu, sembilan lagu lawas dan satu tambahan lagu baru. Lagu-lagu lama seperti “Uang” [1978] kembali diaransemen dengan cara yang berbeda. Ada sentuhan balada tapi tidak melepas ciri khas distorsi kasar milik Ian. Sebaliknya, lagu gahar semisal “Kepada Perang” dan “Setan Jalanan” justru dimainkan secara instrumental tanpa penyanyi.

Ada lima penyanyi yang ia percaya untuk mengisi suara di album perdana pria kelahiran Malang ini. Syaharani, Rezi Pratomo, Anindimas, Koming Surya, dan Roy Jeconiah. Selain Roy, keempat lainnya belum memiliki nama di dunia musik tanah air.

“Saya nggak perlu nama-nama besar untuk album ini. Saya cuma butuh suara yang pas untuk menghidupkan karyanya saja,”ungkap dia lugas.

Syaharani, satu-satunya wanita di album ini, –bukan Syaharani penyanyi jazz– diplot untuk menyanyikan lagu “Uang” yang sebelumnya dinyanyikan Nicky Astria. Ian pertama kali bertemu gadis ini ketika masih berusia 10 tahun. Saat itu suaranya memang bagus, terang Ian, tapi ia belum tahu harus diapakan. Nah, baru ketika pengerjaan album ini, Ian kembali mencari gadis cilik itu untuk mengisi suara. Tak disangka Syaharani sudah menginjak usia 22 tahun.

Begitu juga Koming Surya. Jalan hidupnya sama seperti Syaharani, yang tiba-tiba diajak gitaris kawakan itu untuk mengisi lagu “Gersang” dan “Saksi Gitar”. Pria asal Bali ini mulanya hanya penyanyi di seputaran kafe daerah Seminyak.

Titik Saelan, sang istri, yang mengatakan kepada Ian kalau dirinya menemukan vokalis yang mungkin cocok dengan selera sang suami ketika berlibur di Bali. Ian pun segera melesat pergi ke Bali, ingin melihat apakah pilihan istrinya tepat. Benar rupanya, warna vokal Koming cocok utuk menyanyikan kedua lagu itu.

“Album ini butuh proses dua tahun, karena nyari vokalis-nya yang lama. Tergantung selera saya saja, cocok atau nggak,” kata pria yang pernah meraih Piala Citra ini.

Album perdana ini dibanderol sebesar Rp 35.000/CD. Ada satu lagu yang dinyanyikan olehnya sendiri bertitel “Suara Cinta”. Ini suatu hal yang amat jarang dilakukan seorang Ian Antono. « [teks dan foto @HaabibOnta]

Track List:
1. “Uang”
2. “Kepala Dua”
3. “Neraka Jahanam”
4. “Gersang”
5. “Saksi Gitar Tua”
6. “Suara Cinta”
7. “Tertipu Lagi”
8. “Lari”
9. “Kepada Perang”
10. “Setan Jalanan”

SHARE