Persembahan 12 Tahun Maliq & D’Essentials

0
171
Maliq & D'Essentials
Maliq & D'Essentials

Maliq & D’Essentials luncurkan MUSIK POP

Maliq & D'Essentials
Maliq & D’Essentials

Pada 15 Mei 2002, Maliq & D’Essentials terbentuk. Saat itu mereka digawangi sembilan personel. Perjalanan karier mereka sebagai musisi diawali dengan menjadi band cafe di sebuah pub kecil dalam hotel berbintang lima di Jakarta.

Kata Maliq sendiri merupakan sebuah konsep dan kependekan dari Music And Live Instrument Quality yang pertama kali digagas oleh sang vokalis, Angga dan Widi. Keduanya juga merangkap sebagai produser, komposer, arranger, dan song writer.

Lalu istilah D’Essentials awalnya adalah sebagai pendukung dari konsep tersebut yang mengacu kepada personel-personel lain. Kini istilah Maliq & D’Essentials telah menjadi suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, walaupun masih banyak orang yang sering salah menyebutkan dengan benar nama grup musik ini.

Setelah 12 tahun berlalu, beberapa waktu lalu, mereka merayakannya dengan meluncurkan album baru bertajuk MUSIK POP di sebuah mall di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Di acara itu, mereka juga menghibur penggemar yang datang. Sebelum melantunkan beberapa lagu, Angga berbagi cerita kepada Ghiboo dan beberapa media tentang karya teranyarnya serta perjalanan musiknya selama 12 tahun.

“Sebenarnya album ini merupakan tantangan tersendiri buat Maliq & D’Essentials karena pengerjaannya yang cukup singkat, kurang lebih 3 bulan mulai dari lirik sampe jadi sebuah lagu, dan dipaketin jadi satu album berisi 7 lagu baru,” ujar Angga, menjelaskan.

Pria berambut pendek ini juga mengatakan bahwa lagu-lagu dalam album kedelapan ini menunjukan terbentuknya chemistry yang semakin dalam antar sesama personel. Inspirasinya tidak jauh-jauh dari album Sriwedari [2013]

“Dulu kita mikirnya¬†chemistry itu bisa ada tanpa terjadi sebuah gejolak. Tapi setelah 12 tahun bareng-bareng kita semakin yakin bahwa mau ada masalah atau nggak, chemistry akan tetap ada saat bareng-bareng, tinggal cara kita merawatnya aja,” tambah pria yang hobi olahraga golf ini.

Angga pun menambahkan, album MUSIK POP menjadi bukti nyata bahwa menemukan sebuah ikatan batin dalam bermusik itu tidak mudah. Album ini bisa dibilang menjadi album yang proses pembuatannya cukup simple, karena hanya kumpul di ruang tamu kantor mereka, sudah tercipta lirik-lirik indah.

Di Album terbaru ini Maliq & D’Essentials menghadirkan 7 lagu baru. Dua di antaranya “Ananda “dan “Nirwana”, hasil kolaborasi dengan musisi senior Indra Lesmana.

Dari sembilan personel di awal terbentuk, sekarang ini mereka digawangi enam orang, yaitu Angga [vokal], Indah [vokal], Jawa [bass], ilman [keyboard], Lale [gitar], dan Widi [drum]. ¬ę [teks @boyMALI | foto @gregbimz]

Also read:
“Ananda” Maliq & D’Essentials

SHARE