Agenda Jalan-jalan Juni 2014

0
248
Jazz Gunung
Jazz Gunung

Referensi buat Anda yang ingin berlibur

Pekan pertama Juni sudah bergulir. Di bulan ini juga ibu kota Indonesia, Jakarta, merayakan hari jadinya yang ke-487. Rupanya kemeriahan tidak hanya terjadi di Jakarta. Beberapa daerah di Indonesia juga memiliki agenda hiburan yang menjadi tujuan wisata yang menarik. Apa saja itu, silakan lihat list-nya di bawah ini yang diurutkan sesuai tanggal pelaksanaannya.

Festival Budaya Erau
Festival Budaya Erau

Indonesia Creative Week 2014
Date  04 – 07 Juni 2014
Place  Skenoo Hall – Gandaria City
Tahun ini adalah penyelenggaraan keempatnya dalam tema “Svarna Khatulistiwa” dengan visi mengangkat industri fesyen kreatif lokal dan go international. Menampilkan fashion show desainer muda, bincang fesyen, make over, fesyen charity, Indonesian Premium Goods Bazaar, dan Fashion & Beauty Photography Exhibition.

Vastenburg Carnival
Date  6 – 7 Juni 2014
Place  Benteng Vastenburg, Solo
Pada hari pertamanya diadakan Sarasehan & Pameran Bentang Benteng Indonesia. Di hari kedua pameran fashion yang berbahan dasar bambu untuk kostum karnaval.

Pekan Raya Jakarta [PRJ] 2014
Date  06 Juni – 06 Juli 2014
Place  JIExpo Kemayoran, Jakarta
PRJ sudah menjadi acara ikonik tahunan kota Jakarta menyambut hari lahirnya pada 22 Juni, yang tahun ini mencapai usia ke-486. Hiburan musik dan bazaar produk murah menjadi daya tarik utama PRJ.

Festival Palang Pintu IX Kemang
Date  07 – 08 Juni 2014
Place  Jl. Kemang Raya, Jakarta Selatan
Festival Palang Pintu adalah event Seni dan Budaya Betawi yang diselenggarakan FORKABI Kemang dan Padepokan Seni Budaya Betawi Manggar Kelape. Tujuannya untuk melestarikan budaya asli Betawi serta mengangkat harkat dan martabatnya. Anda bisa menyaksikan pertunjukkan musik seperti G-Pluck, beragam kesenian Betawi, kesenian Nusantara dan Mancanegara, aneka lomba, arak-arakan, karnaval budaya, kuliner, fun bike dan bazar.

Tour de Singkarak
Date  07 – 15 Juni 2014
Place  18 Kabupaten di Sumatera Barat. Grand opening di Pariaman
Tahun ini merupakan penyelenggaraannya yang kelima, yang selalu diikuti dengan antusias penonton yang semakin tinggi setiap tahunnya. Yang unik, pada hari pertama pembukaannya akan ditampilkan airshow 7 pesawat udara dari AURI [Angkatan Udara Republik Indonesia].

Festival Nusa Penida 2014
Date  08 – 11 Juni 2014
Place  berpusat di lapangan Desa Sampalan, Kecamatan Nusa Penida, Bali.
Festival akan diawali oleh karnaval budaya se-Kecamatan Nusa Penida, yang menampilkan tari khas Nusa Penida dan permainan tradisionalnya. Selama tiga hari itu, pengunjung dapat menyaksikan karnaval budaya, pameran produk dan fotografi, touring desa, donor darah, lomba lukis, lomba musik, lomba perahu layar, penanaman mangrove, peresmian KKP dan fashion show.

Pesta Kesenian Bali XXXVI/2014: Kertamasa
Date  14 Juni – 12 Juli 2014
Place  Art Center Bali, Denpasar
“Kertamasa: Dinamika Kehidupan Masyarakat Agraris Menuju Kesejahteraan Semesta” menjadi tema penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-36 ini. Yang dapat dinikmati di sini adalah teater Bali modern, Gong Kebyar, workshop photography, festival kuliner, parade bunga, fashion dan pertunjukkan musik. Selain itu juga ada kompetisi film dokumenter, lomba kerajinan tangan, menulis sastra, lukisan, dan fotografi.

Upacara Adat Nyobeng
Date  15 – 17 Juni 2014
Place  Desa Sebujit, Bengkayang, Kalimantan Barat.
Upacara adat tahunan ini dilakukan oleh Suku Dayak Bidayuh yang ditujukan kepada Sang Pencipta. Proses ritual berupa memandikan atau membersihkan tengkorak manusia hasil mengayau [memenggal kepala musuh] oleh nenek moyang. Mengayau sendiri sudah lama tidak dilakukan lagi oleh Suku Dayak, tapi upacara Adat Nyobeng tetap dipelihara mereka.

Festival Budaya Erau dan International Folk Art Festival [EIFAF]
Date  15 – 22 Juni 2014
Place  Kota Raja, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.
Festival yang berusia ratusan tahun ini merupakan warisan dari Kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura. Anda bisa melihat kegiatan seni dan budaya setempat, atraksi olahraga, dan aneka lomba tradisional yang menarik. Sedangkan untuk kegiatan EIFAF-nya itu berlangsung di lapangan parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, hingga 21 Juni.

Festival Sriwijaya
Date  16 – 22 Juni 2014
Place  Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Karanganyar, Palembang, Sumatera Selatan.
Perhelatan ke-22 ini menjadi semakin istimewa dengan hadirnya utusan negara tetangga;Thailand, Brunei Darussalam, negara bagian Melaka, Singapura dan Malaysia. Festival Sriwijaya akan menyajikan atraksi bernuansa Kerajaan Sriwijaya, kuliner khas, dan pembuatan miniatur jembatan ampera.

Festival Danau Sentani
Date  19 – 23 Juni 2014
Place  Kawasan Wisata Kalkote, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.
Ini adalah Festival Danau Sentani ke-7 yang akan menampilkan pameran budaya dan kuliner dari 19 distrik di Papua. Pada tahun ini penyelenggara berusaha memecahkan rekor MURI untuk melukis di atas kayu.

Jazz Gunung
Jazz Gunung

Jazz Gunung
Date  20 – 21 Juni 2014
Place  Java Banana Bromo Lodge, Cafe & Gallery, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
Event keren ini dapat dikatakan perpaduan sempurna antara musik dan alam. Bromo memiliki pemandangan yang menakjubkan dan lagu Jazz dapat membuaikan jiwa-jiwa yang mendengarkannya. Musisi Jazz yang akan mengisi acara ini yaitu, Nita Aartsen Quatro feat. Yeppy Romero, Ligro Trio, Ring of Fire Project, TheOvertunes, Monita Tahalea dan The Nightingales, ESQI:EF-Syaharani and Queenfireworks, Indro Hardjodikoro The Fingers, Bintang Indrianto Trio dan Jazz Ngisoringin.

Sail Raja Ampat
Date  21 Juni 2014
Place  Pantai Waisai Torang Cinta [WTC] Raja Ampat
Ini merupakan acara tahunan dan bagian dari rangkaian Sail Indonesia yang kini memasuki tahun ke-6. Akan ada kegiatan seperti bakti sosial bagi warga sekitar Raja Ampat, seminar nasional, ekspedisi, reli kapal layar, dan beragam kegiatan lainnya. Sail Raja Ampat 2014 bertujuan meningkatkan perekonomian daerah terutama sektor pariwisata bahari. Kegiatan ini akan diikuti beberapa kapal layar dari 18 negara.«[teks @bartno | foto courtesy of jazzgunung.com dan agusmunoraharjo.blogspot.com]

SHARE