Mengatasi Kulit Berminyak

0
248
Oil Skin

Berdamai dengan kulit berminyak

Oil Skin

Tinggal di negara beriklim tropis yang cenderung panas, berubah-ubah suhu, kelembapannya membuat wajah menjadi cepat berkeringat, dan berminyak. Hal tersebut dapat mempercepat produksi minyak meningkat.

Selain jerawat, perempuan juga sangat bermasalah dengan yang namanya kulit berminyak. Kulit berminyak yang bercampur dengan debu dan kotoran akan menyebabkan komedo dan jerawat tumbuh subur di wajah kita.

Memang, kulit yang terlalu berminyak akan cenderung mudah berjerawat dan terlihat kusam. Namun, orang dengan kulit berminyak, umumnya lebih awet muda ketimbang kulit kering karena memiliki elastisitas yang lebih baik.

Kulit berminyak ditandai dengan peningkatan produksi kelenjar sebaceous dalam memproduksi minyak atau sebum, kulit yang mengkilap, dan biasanya memiliki pori-pori yang besar seperti kulit jeruk. Hormon dan faktor genetik juga sangat berperan besar dalam mengatur produksi minyak.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KULIT BERMINYAK
Selain faktor hormon dan faktor genetik, kulit berminyak dapat timbul karena dipicu beberapa hal berikut ini:
Siklus Menstruasi
Pada umumnya, perempuan akan timbul jerawat menjelang masa haid. Penyebabnya adalah hormon. Setiap bulan, tubuh mengalami kenaikan produksi hormon. Hal tersebut akan menstimulasi kelenjar minyak yang menyebabkan pori-pori kulit mudah tersumbat oleh debu dan akhirnya munculah jerawat.

Oil Skin - Stress

Stress
Saat stress, hormon kortisol akan diproduksi untuk membuat kita lebih fokus dan waspada sehingga masalah yang menyebabkan stress bisa lebih cepat teratasi. Selain itu, peningkatan hormon kortisol akan meningkatkan produksi minyak dari kelenjar minyak sebagai bentuk dari reaksi tubuh kita tersebut.

Cuaca
Indonesia termasuk negara yang memiliki cuaca yang panas namun lembap. Hal tersebut membuat kulit menjadi lebih cepat berminyak dan terasa tidak nyaman ketimbang cuaca dingin.

Kosmetik
Kosmetik juga menjadi salah satu penyebab kulit menjadi cepat berminyak. Kosmetik memang tidak menambah produksi minyak di kulit, namun make up yang berlebih atau berat akan membuat minyak terperangkap di bawah kulit dan menimbulkan jerawat. Selain itu, kita juga harus pintar dalam memilih kosmetik yang cocok untuk kulit kita.

Namun, bukan berarti kita tidak bisa memakai make up sama sekali. Kita tetap bisa memakai make up, namun gunakanlah pelembap water-based terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan make up lainnya.

Oil Skin - Cosmetics

“Untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan pelembap yang water-based. Kalau pakai yang oil-based, muka kita bakal berminyak banget.

“Terus kalau kita mau make up yang berat banget buat acara-acara gitu, sebaiknya kita mengurangi makanan yang mengandung minyak, kayak gorengan, beberapa minggu atau sebulan sebelum hari H. Rajin kontrol minyak pake kertas minyak aja sih,” ujar Make Up Artist, Marlene Hariman, beberapa waktu lalu.

PERAWATAN KULIT BERMINYAK
Mempunyai kulit berminyak memang menyebalkan. Namun, jangan sedih dulu G-Readers! Minyak di wajah memang tidak bisa dihilangkan selamanya, namun kita bisa meminimalisir jumlah minyak yang ada di wajah kita.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk perawatan kulit berminyak:

oily skin - lemon Jeruk Nipis
Jeruk nipis memang dipercaya sangat ampuh mengatasi kulit berminyak. Caranya sangat mudah, yaitu gosokkan kulit wajah dengan daging jeruk nipis secara merata ke seluruh wajah. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air. Lakukan hal tersebut secara rutin.

Masker Pisang
Selain enak rasanya, pisang juga bermnafaat untuk mengatasi kulit berminyak, jerawat, atau pun mengecilkan pori-pori. Caranya, haluskan pisang kemudian campurkan dengan susu dan madu.

Gunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih setengah jam. Kemudian bilas dengan air hangat, lalu bilas dengan air dingin setelahnya. Lakukan dua kali dalam seminggu.

Daun Seledri
Selain sebagai campuran masakan, daun seledri ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya, potong kecil-kecil daun seledri kemudian masukan kedalam air yang sedang mendidih. Setelah itu, dinginkan hingga suhunya berubah menjadi hangat. Setelah cukup hangat, gunakan air rebusan daun seledri untuk mencuci wajah.

Oil Skin - Celery

Diamkan beberapa saat agar air seledri tersebut meresap secara alami di wajah kita. Setelah itu, bilas dengan air. Lakukan satu kali dalam sehari.

Mentimun
Selain untuk menyegarkan wajah, mentimun juga sangat baik untuk perawatan kulit berminyak. Caranya, haluskan mentimun dengan cara diblender. Setelah itu, gunakan sebagai masker selama kurang lebih setengah jam. Kemudian bilas wajah dengan air. Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu.

Air Garam
Cara yang terakhir adalah dengan larutan air garam. Caranya cukup dengan cuci muka dengan garam yang sudah dilarutkan dalam air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari. [teks @ratihwinanti | foto berbagai sumber]

SHARE