Growing Pains

0
107

Mas-bu-loh – masalah buat loh?

growingpainsSemua manusia punya problematika kehidupan sendiri-sendiri. Setiap kita akan memulai hari dengan masalah dan mengakhiri hari dengan masalah juga. Dulu kita lahir membawa masalah, dan ketika nanti kita mati pun, kita meninggalkan masalah. Intinya, hidup ini penuh masalah. Hidup ini masalah.

Uniknya, meskipun ada masalah-masalah yang sifatnya kolektif, seperti bencana alam, atau wabah penyakit, tetapi nilai dari setiap masalah selalu subyektif. Bukan saja cara memandangnya, tetapi juga penyikapannya, dan teknik menyelesaikannya. Jika mau sedikit menyerempetkannya pada ilmu psikologi, maka semua yang kita hadapi akan bergantung pada Frame of Reference dan Field of Experience. Jadi setiap masalah akan dihadapi dengan cara yang khas, bergantung kepada subyektivitas setiap yang mengalaminya.

Mendiang dosen filsafat saya pernah bilang, semakin ‘kaya’ suatu subyek, maka akan memperkaya obyektivitas yang bersangkutan. Jadi yang sering disebut-sebut sebagai obyektif oleh banyak orang itu akan bergantung kepada ‘kekayaan’ subyektivitas para subyek di dalamnya.

Dari beragam permasalahan yang senantiasa menemani kita selama hidup, saya menjumpai bahwa hanya dengan ketabahan, kesabaran, dan Rahmat Tuhan lah, setiap problema itu akan mengantarkan kita kepada tahapan yang lebih baik, atau malah justru sebaliknya. Saya percaya bahwa ketika belum menyelesaikan satu level permainan, kita tidak akan pernah bisa menggapai level selanjutnya. Dan tidak aneh jika ujian yang kita hadapi akan berkutat hanya di seputar yang itu-itu saja.

Setiap kita tentu menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik, dari waktu ke waktu. Menjadi lebih pandai, lebih bijak, tentu adalah dambaan setiap manusia. Tetapi bukan tidak mungkin, ketika kita sudah menganggap diri kita lebih baik, yang terjadi malah justru sebaliknya. Kesombongan malah membuat diri kita tertutup. Kita tak lagi mau membuka mata kepada sesuatu yang lebih benar dan lebih baik daripada yang kita miliki sekarang.

Dan dari sana, saya kian percaya, bahwa masalah terbesar manusia, adalah diri mereka sendiri. « [foto sxc.hu]

Salaam,
@hagihagoromo

~tentang judul~

Growing Pains adalah judul film serial yang dibintangi Alan Thicke, Joanna Kerns, Kirk Cameron, Jeremy Miller, dan Tracey Gold. Sitkom yang diputar di RCTI ini begitu membekas di hati pemirsa, karena banyak nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. «

SHARE