GWK Bakal Menjadi Patung Tertinggi

0
2155
Patung Wisnu
Patung Wisnu

Patung GWK akan memiliki tinggi 75 meter

Patung Wisnu bagian dari GWK
Patung Wisnu

Patung Garuda Wisnu Kencana [GWK] yang dibuat oleh seniman I Nyoman Nuarta akan menjadi bagian dari kelompok patung tertinggi di dunia.

Patung ini akan memiliki tinggi 75 meter dengan lebar 66 meter. Bahan pembuatnya terdiri dari tembaga dan kuningan untuk kulit patung. Stainless steel di bagian rangka kulit patung. Serta stainless steel dan Galvanize untuk rangka pengaku kulit patung.

Pembuatan patung yang dimulai sejak tahun 1997 ini sempat tertunda karena masalah dana. Sehingga vakum dari tahun 2003-2012. Kini sejak Januari 2013, I Nyoman Nuarta mulai melanjutkan lagi cita-citanya ini.

Bersama investor baru [Alam Sutera], I Nyoman meyakini patung Garuda Wisnu Kencana akan selesai sebelum 2016 berakhir. “Saat ini pekerjaan sudah mencapai 50 persen,” ujar I Nyoman Nuarta di NuArt Scuplture Park, Sutra Duta Kencana, Sarijadi-Bandung. “Dan kita masih punya dua tahun lebih. Tapi saya yakin satu tahun lagi selesai.”

Perkembangan
Dari pengerjaannya di tahun 1997 sampai 2003 dan kemudian dilanjutkan di tahun 2013 hingga saat ini, sudah ada 329 modul [1 modul ukurannya 3×4 meter] yang sudah selesai dikerjakan. Di Bali [GWK Culture Park] sudah ada sekitar 200 modul. Di sini [NuArt Bandung] ada 121 modul. Dan pengiriman selanjutnya akan dilakukan esok [10/06] yaitu, bagian ekor garuda.

Bila patung GWK telah selesai ini akan menjadi patung terbesar di Indonesia. Dan ia akan menyimbolkan misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Dan kemegahan patung ini dapat dilihat dalam radius pandang 20 km, seperti dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot.

Sampai dengan kini, jumlah wisatawan ke GWK Culture Park terus meningkat dan diperkirakan pada 2016 nanti ketika patung GWK berdiri tegak, akan ada lebih kurang enam ribu pengunjung setiap harinya.

I Nyoman Nuarta
I Nyoman Nuarta

Sekilas mengenai I Nyoman Nuarta
I Nyoman Nuarta [62] merupakan salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru. Lulusan ITB [Institut Teknologi Bandung] jurusan seni patung ini mulai populer setelah pada tahun 1979 memenangkan Lomba Patung Proklamator Republik Indonesia.

Di antara banyak karyanya yang menjadi kebanggaan Indonesia adalah Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya dan Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta.«[teks dan foto @bartno]

Also read: Agenda jalan-jalan Juni 2014

SHARE