Jagoan Franda di Piala Dunia 2014

0
2406
Franda

Franda tahu betul tentang sepakbola

Franda
Franda

Melejit setelah jadi finalis MTV VJ Hunt 2007, karir Franda terus merangkak naik hingga kini. Namun, pemilik nama lengkap Efranda Stefanus itu tidak lagi menjalani karier sebagai VJ MTV. Kini, ia lebih dikenal sebagai seorang sportscaster. Ya, ia kini adalah pembaca berita olahraga di salah satu stasiun teve nasional. Dengan wajahnya yang selalu ceria, Franda selalu setia membacakan berita-berita yang berkaitan dengan sepakbola.

Yap. Sepakbola! Franda rupanya tak hanya sekadar membacakan beritanya saja. Gadis berusia 27 tahun memang sudah menyukai sepakbola sejak lama. Pertangahan 2014 nanti, kompetisi terbesar sepakbola Piala Dunia siap digelar. Piala Dunia adalah kompetisi paling ditunggu para penggila bola. Dan, Franda satu dari sekian juta penggemar olahraga satu ini.

“Tentu dong, aku punya satu tim andalan untuk Piala Dunia nanti,” ungkap Franda saat bertandang ke kantor Ghiboo. Tapi dia tidak langsung memberi tahu siapa andalannya itu. Sambil memamerkan jersey yang sedang dikenakannya, Franda mendadak bilang “Spanyol!” dengan wajah sumringah

Tim Matador-lah yang jadi jagoan Franda di antara 31 kontestan lain. Sepakbola Spanyol memang sedang merangkak naik. Tim Nasional Spanyol berhasil menjuarai kompetisi internasional tiga kali berturut-turut. Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. Jadi wajar jika Franda dan banyak pengamat bola lainnya ikut menjadikan Spanyol sebagai kandidat juara.

Setelah berhasil mematangkan gaya permainan tiki-taka, yang dipadu dengan Total Football ala Belanda, TimNas Spanyol tumbuh jadi satu lawan yang sangat diperhitungkan. Menurut Franda, Spanyol bisa melaju hingga babak final. “Permainan Spanyol itu beda ketimbang tim lain. Mereka memainkan sepakbola yang ‘cantik’,” terangnya ketika ditanya alasan memilih Spanyol.

“Tahun ini, bisa jadi Spanyol melaju ke final lagi,” harap perempuan yang lahir di Malang ini. “Tapi pasti sulit,” sergahnya buru-buru. Dan kami mulai melanjutkan percakapan tentang Piala Dunia 2014.

menurutmu, siapa yang akan jadi lawan paling sulit untuk spanyol?
Brasil! Mereka bakal jadi lawan yang susah buat Spanyol tahun ini.

mengapa sulit?
Soalnya, Brasil itu kalau sudah soal sepakbola, nggak perlu diragukan lagi. Mereka itu ‘kan pemainnya emang jago-jago. Skill-nya apalagi..

ooo…
Tapi, bukan cuma itu aja. Karena mitosnya, kalau Piala Dunia diadakannya di daratan Amerika Latin, pemenangnya, pasti dari daratan itu juga. Ingat Piala Dunia tahun 1986 di Meksiko? ‘Kan juaranya Argentina. Oh, iya Argentina juga harus diperhitungkan.

oh iya, siapa pemain bola idolamu?
Lionel Messi!

biasanya cewek-cewek mengidolakan christiano ronaldo..
Dalam urusan apa dulu nih? Emmm... tapi kayaknya tetap Messi deh. Baik di dalam atau di luar lapangan. Dia itu selain jago dribbling bolanya, attitude-nya juga bagus. Sampai banyak ‘kan yang menyebut dia itu sebagai alien.

gimana ya kira-kira kalau messi itu digabungin ke spanyol?
Wah, kalau itu sih, Messi pasti bisa langsung klop. Gaya permainan [tiki-taka] mereka ‘kan mirip. Tapi Spanyol juga sudah oke meski tanpa Messi.

kalau diminta membuat formasi impian, dari kiper hingga striker, siapa yang akan kamu pilih?
Waduh, susah itu pasti. Karena ada banyak pemain bagus. Cuma belum tentu klop. Kalau buat aku, skuad Spanyol saat ini sudah sempurna. Spanyol itu ibarat tim superstar. Dari belakang ke depan, semua pemainnya jago!

Nah itu, dia ramalan dari suhu Franda untuk Piala Dunia 2014 nanti. G-Readers boleh setuju, boleh juga punya pilihan lain. Kalau setuju dengan pernyataan Franda, jangan langsung menaruh nasib di meja judi ya. « [teks @HaabibOnta | foto @gregbimz]

SHARE