10 Beauty Facts

0
205
woman

Inilah fakta-fakta mengenai kecantikan

woman

Perempuan dan kecantikan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Kecantikan merupakan salah satu yang sangat dijaga perempuan. Beragam cara dilakukan perempuan untuk merawat kecantikan mereka.

Mulai dari perawatan yang alami atau pun perawatan yang dilakukan di klinik kecantikan akan mereka lakukan. Selain itu, tak jarang juga perempuan mencari tips kecantikan melalui internet atau majalah.

Namun, informasi tersebut tidak selamanya dapat kita percaya. Informasi seputar kecantikan yang sering kita dengar belum dapat dipastikan mengenai kebenarannya. Berikut beberapa fakta seputar kecantikan yang mungkin sering dilihat G-Readers.

C1Anggur merah baik untuk kesehatan kulit
Anggur merah memang dipercaya baik untuk kesehatan kulit karena kaya akan kandungan antioksidan dan polyphenol yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, anggur merah juga dapat membantu untuk menghambat timbulnya gejala penuaan dini.

Caranya, campurkan segelas anggur merah dalam baskon berisi air hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam tangan dan kaki sebelum manikur pedikur. Kulit akan terasa lebih lembut.

 

C2Konsumsi cokelat tidak akan menimbulkan jerawat
Hal tersebut merupakan mitos karena tidak ada hasil ilmiah yang membuktikan bahwa cokelat akan menimbulkan jerawat. Jerawat timbul karena kondisi hormonal masing-masing individu dan pola membersihkan wajah.

 

C3Kurang tidur akan menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata
Pola tidur yang tidak sempurna akan menyebabkan pembuluh darah di area bawah mata membengkak sehingga warnanya berubah menjadi merah kebiruan. Hal inilah yang akan membuat lingkaran hitam di sekitar mata menjadi lebih gelap dari biasanya.

Untuk mencegahnya, jaga pola tidur minimal enam jam, hindari kafein, dan hilangkan kebiasaan merokok.

make up

C4Pemakaian alat make up secara bersama-sama akan menyebarkan bakteri
Make up yangs ering bersebtuhan dengan saliva atau air liur dan kelembapan merupakan media yang nyaman bagi bakteri untuk bersarang dan berkembang. Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut dan bersihkan alat make up secara rutin.

Namun, menurut make up artist, Marlene Hariman, kalau pun terpaksa menggunakan make up secara bersama-sama, pastikan alat make up tersebut dibersihkan terlebih dahulu sebelum kita gunakan.

“Aku kan satu hari bisa make up lebih dari lima klien, jadinya nggak mungkin aku bawa lima kuas. Jadinya, kalau abis dipakai buat dandanin klien, langsung aku bersihin pake tisu basah dulu terus dikeringin. Nanti begitu sampai rumah, biasanya langsung aku cuci pakai shampo semua alat make up-nya,” ujar Marlene Hariman, beberapa waktu lalu.

C5SPF tinggi belum tentu proteksi terhadap kulit juga tinggi
Jumlah SPF yang terdapat pada sunscreen atau sunblock hanya menunjukkan berapa lama seseorang akan terlindungi dari terpaan sinar matahari sebelum kulitnya terbakar matahari. Jika hanya sekadar bepergian ke mall atau ke luar rumah, cukup kenakan sunscreen atau sunblock dengan SPF 15. Setelah itu, aplikasikan kembali setelah enam jam pemakaian.

Cuci mukaC6Membasuh wajah dengan air dingin tidak akan memperkecil pori-pori
Membasuh wajah dengan air dingin hanya akan mengembalikan pori kulit ke ukuran semula. Ukuran pori-pori tidak bisa dikecilkan, namun hanya bisa disamarkan dengan merawat kulit dengan menggunakan pembersih berkandungan lembut.

Selain itu, lakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung alpha hydroxy acid atau salicylic acid setidaknya satu sampai tiga kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dalam pori kulit.

C7Kulit berminyak tetap membutuhkan moisturizer
Siapa bilang kulit berminyak tidak membutuhkan moisturizer? Kulit yang berminyak sekalipun tetap memerlukan nutrisi agar tetap halus dan lembut. Nah, tujuan utama moisturizer adalah untuk melembapkan kulit.

Namun, untuk kulit berminyak, pastikan pilih pelembap yang water-based atau berbahan dasar air. Umumnya, di pasaran, pelembap yang berbahan dasar air ini bertekstur lotion. Selain itu, sebaiknya pilih pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak, yaitu pelembap yang berlabel ‘oil-free’ atau ‘oil-control’.

sleeping womanC8Tidur pada satu sisi akan menyebabkan timbulnya kerutan
Posisi tidur tertentu yang dilakukan secara berulang-ulang dapat menimbulkan kerutan di sekitar area pipi dan dagu. Sedangkan, tidur telungkup akan menimbulkan kerutan pada kulit di sela-sela alis.

Untuk itu, mulai sekarang pastikan Anda tidur terlentang setiap hari.

C9Kulit kering akan menambah keriput di wajah
Pada kondisi kulit kering, radikal bebas serta substansi eksternal negatif lainnya akan menyerang lapisan kulit. Tanpa disadari, hal ini akan menurunkan kemampuan kolagen serta elastin yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit.

Hal inilah yang akan menimbulkan keriput di wajah. « [teks @ratihwinanti | foto berbagai sumber]

SHARE