Panggung Penutup Frank Lampard

0
140
Frank Lampard
Frank Lampard

Sulit bagi Frank Lampard ikut piala dunia empat tahun lagi

Pengantar Redaksi
Diego Maradona, legenda sepakbola Argentina, menutup kariernya di piala dunia dengan buruk. Diberi kesempatan terakhir bermain di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, ia hanya menikmati dua pertandingan, karena ketahuan menggunakan doping.

Pesepakbola terbaik dunia Prancis, Zinedine Zidane, malah bertindak brutal ketika mengikuti Piala Dunia 2006 di Jerman. Padahal itu pentas dunia terakhirnya. Zizou –panggilannya–hilang kesabaran sehingga menanduk dada Marco Materazzi, bek nasional Italia di partai final. Ia pun langsung diusir wasit.

Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, yang diselenggarakan pada 12 Juni – 13 Juli, ada beberapa pemain yang akan memutuskan pensiun dari tim nasional. Ada yang sudah terang-terangan mengumumkan ke media, ada yang menunda hingga piala dunia usai.

Ghiboo, melalui rubrik G-Spot, menurunkan nama-nama pesepakbola terbaik dunia yang bakal mengakhiri karier di tim nasional, dan ingin menjadikan momen Piala Dunia Brasil sebagai kado perpisahan terindah.

Artikel pertama sudah kami tayangkan berjudul “Episode Terakhir Andrea Pirlo”. Berikutnya pesepakbola Inggris, Frank Lampard. Berikut profil ia di pentas piala dunia sebelumnya:

Frank LampardFrank Lampard
DoB London, England, 20 Juni 1978
Playing Position Midfielder
Club West Ham United, Swansea City, Chelsea
Cap 105
World Cup Apps 2006 di Jerman, 2010 di Afrika Selatan

Mungkin kejadian ini yang paling diingat dari penampilan Lampard di ajang Piala Dunia. Peristiwa terjadi di Piala Dunia 2010, ketika Inggris menghadapi musuh bebuyutnya, Jerman, di fase 16 besar.

Pasukan Three Lions tertinggal 1-2 di paruh babak pertama. Dalam suatu upaya penyerangan di daerah pertahanan Jerman, Lampard melepas tembakan keras yang mengenai mistar atas gawang dan bola memantul ke dalam garis gawang. Gol. Namun wasit tidak mengesahkan gol tersebut. Pertandingan malah dilanjutkan.

Seandainya itu dihitung gol, kedudukan menjadi imbang, 2-2. Jalannya pertandingan tentu berubah. Inggris tidak akan menelan kekalahan 1-4 dari Der Panzer Jerman. “Saya sungguh heran mengapa gol itu tak disahkan,” ujarnya usai laga, empat tahun lalu. “…bila skor menjadi 2-2, pertandingan akan berbeda.”

Debut Lampard di tim nasional terjadi pada 10 Oktober 1999 saat Inggris menjalani laga persahabatan melawan Belgia. Ketika itu Inggris menang 2-1 atas Belgia. Lampard mencetak gol perdana bagi Inggris saat menaklukkan Kroasia 3-1.

Lampard termasuk salah satu pemain yang menembus 100 cap untuk timnas Inggris. Ia memang belum mengumumkan akan pensiun mengenakan jersey Three Lions usai Piala Dunia Brasil. Namun di usia 35, rasanya akan sulit baginya bersaing dengan pemain muda empat tahun mendatang.

“Sepertinya begitu,” katanya ketika ditanya apakah Piala Dunia Brasil akan menjadi ajang terakhirnya untuk Inggris. “Saya merasa sulit untuk mengatakan tentang itu karena saya sangat bangga bisa bermain untuk negara yang saya cintai di setiap menitnya.” « [teks @Tomi_Nala |foto courtesy of shoot.co.uk]

SHARE