Sekarang Saatnya, Klose!

0
335
Miroslav Klose
Miroslav Klose

 Piala Dunia 2014 Brasil bakal menjadi pentas dunia terakhir Miroslav Klose

Pengantar Redaksi
Sekarang giliran kami membahas pentas dunia terakhir untuk penyerang nasional Jerman, Miroslav Klose. Kami sebelumnya telah menayangkan dua pesepakbola yang bakal pensiun usai Piala Dunia 2014 Brasil. Dua artikel itu berjudul “Episode Terakhir Andrea Pirlo” dan “Panggung Terakhir Frank Lampard”.

Miroslav Klose

Miroslav Klose
DoB Opole, Polandia, 9 Juni 1978
Playing Position Striker
Club SG Blaubach-Diedelkopf, FC 08 Homburg II, FC 08 Homburg, Kaiserlautern II, Kaiserlautern, Werder Bremen, Bayern Munich, Lazio
Cap 132
World Cup Apps 2002 di Jepang – Korsel, 2006 di Jerman, 2010 di Afrika Selatan

Klose lahir di Polandia, namun memilih membela tim nasional Jerman. Ayahnya pemain bola profesional. Ibunya atlet bola tangan nasional Polandia. Klose merasa lebih senang disebut sebagai orang Eropa, ketimbang orang Jerman atau Polandia.

Di rumah, sehari-hari keluarga Klose berkomunikasi dalam bahasa Polandia. Klose muda sempat didatangi Jerzy Engel, pelatih nasional Polandia tahun 2001. Engel menawari Klose membela tim nasional Polandia, tapi ia menolak.

“Saya memiliki paspor Jerman, dan jika semua ini berjalan dengan baik, saya memiliki kesempatan untuk bermain di tim Rudi Voller [pelatih Jerman saat itu],” ujarnya, saat itu.

Kesempatan itu pun akhirnya datang pada 24 Maret 2001. Ia menjalani debut di timnas sebagai pemain pengganti kala Jerman menaklukkan Albania 2-1 di ajang kualifikasi Piala Dunia 2002.

Kekuatan Klose terletak di kemampuannya mencetak gol melalui sundulan. Ia tercatat sebagai pemain pertama yang mencetak lima gol melalui sundulan dalam sejarah Piala Dunia. Dan itu terjadi di Piala Dunia 2002 di Kore Selatan – Jepang.

Peraih Golden Shoe di Piala Dunia 2006 ini punya selebrasi gol yang telah menjadi ciri khasnya. Kalau ia berhasil mencetak gol, ia akan berlari dan kemudian melakukan salto ke depan. Seringnya ia melalukan itu, maka muncullah julukan “Salto-Klose”.

Piala Dunia Brasil adalah pentas terakhirnya. Mustahil baginya dipanggil empat tahun mendatang mengingat usianya akan menginjak angka 39 tahun. Bila memang ini pengabdian terakhirnya untuk Jerman di pentas dunia, ada dua prestasi yang bisa menambah bagus portfolionya: pecahkan rekor gol Ronaldo di Piala Dunia dan melampui gol seniornya, Gerd Muller.

Di Brasil, Klose berkesempatan melewati catatan 15 gol Ronaldo di ajang Piala Dunia. Torehan gol Klose sekarang ini 14 gol, artinya hanya butuh dua gol. Bila itu berhasil diwujudkan, ia juga sukses menggusur legenda sepak bola Jerman sebagai pencetak gol terbanyak tim nasional: 68 gol — saat ini Klose dan Muller sama-sama mencetak 68 gol.

“Mengantarkan timnas menjadi juara Piala Dunia adalah prioritas,” ujarnya menanggapi tentang rekor Ronaldo. “Jika kami berhasil menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil maka itu akan menjadi hal yang luar biasa bagi saya.” « [teks @Tomi_Nala | foto courtesy of independent.co.uk]

SHARE