Tentang “Hijrah Cinta” Rossa

0
6291
Rossa
Rossa

Antara Rossa, Uje dan Umi Pipik

RossaMengenakan pakaian serba merah beraksen hitam, Rossa, salah satu diva Indonesia bernyanyi dan berlenggak-lenggok di panggung. Saat itu, Rossa sedang mengadakan showcase dalam rangka peluncuran album terbarunya bertajuk Love, Life & Music. Rossa beraksi di atas panggung disaksikan sekitar dua ratus Pecinta Rossa dan tamu undangan khusus dari komunitas Oriflame.

Selama di panggung, Rossa menyanyikan lagu-lagu terbarunya. Ia juga melakukan beberapa kolaborasi dengan Andi Rianto dan juga Badai Kerispatih selama showcase berlangsung. Rossa menyanyikan beberapa lagu, seperti “Sisakan Hatimu”, “Hati Tak Bertuan”, “Miliaran Abad”, “Pudar”, dan juga “Hijrah Cinta”.

Hal yang menarik terjadi saat ia menyanyikan “Hijrah Cinta”, sebuah lagu ciptaan Melly Goeslaw, yang menceritakan perjalanan cinta antara almarhum Uje dan istrinya, Pipik Dian Irawati atau yang akrab disapa Umi Pipik.

Saat penyanyi bernama asli Sri Rossa Roslaina Handiyani itu menyanyikan “Hijrah Cinta”, secara tiba-tiba Umi Pipik muncul di panggung memeluk Rossa penuh haru dan memberikannya seikat bunga. Dengan wajah kagetnya, Rossa pun terlihat memeluk Umi Pipik sambil menghapus air matanya yang mulai menetes.

Mungkin orang akan bertanya-tanya apa yang membuat mereka sangat terharu seperti itu. Namun jika diperhatikan, lagu “Hijrah Cinta” memiliki lirik yang sangat dalam dan menyentuh. Menceritakan tentang percintaan sepasang kekasih mulai dari nol, hingga menjadi manusia yang lebih baik dan lebih dekat dengan Tuhannya, seperti yang dialami Umi Pipik dan almarhum Uje.

Pertama mengenal alm Uje
Usai menggelar showcase, Rossa dan Umi Pipik menemui media untuk sedikit berbincang mengenai lagu “Hijrah Cinta”. Ternyata lagu tersebut adalah soundtrack untuk film yang diangkat dari kisah nyata yang dialami almarhum Uje. Banyak kenangan yang kembali teringat jika mendengar lagu itu. Bahkan sejak pertama mendengar, Umi Pipik sudah banjir air mata. Menurutnya ciri khas vokal Rossa sangat mendukung untuk membawakan lagu ini.

Umi Pipik pun mulai mengingat kembali masa-masa sulitnya bersama Uje. “Kalau dengar lagu ini ingat masa susah dulu, pernah ketika saya dan almarum ke Bandung, nggak punya uang, pergi pun pas-pasan hanya untuk ongkos bis, dan di jalan lihat orang makan siomay tapi kita cuma bisa nelen ludah,” ujar Umi Pipik saat itu. Ia senang Rossa bisa menyampaikan pesan di lagu itu dengan baik.

Lalu bagaimana bisa, Rossa tiba-tiba membawakan lagu tersebut? Bukan hal yang mengherankan lagi, karena ternyata Rossa dan keluarga Umi Pipik sudah lama saling mengenal. Ketika ingin membuat lagu tersebut pun, Rossa sudah memberi tahu dari awal, apalagi saat ingin dijadikan soundtrack. Jadi semua telah berjalan dengan lancar. Dan begitu ditanya mengenai kedekatan Rossa dan keluarga Umi Pipik, Rossa langsung menceritakan pengalamannya dengan panjang lebar.

Rossa mengaku pertama kali mengenal Uje saat ia mempersiapkan konser solonya beberapa tahun lalu. Saat itu, ia sedang berlatih membawakan lagu “Ayat-ayat Cinta”. Ia dianjurkan mencari referensi cara membawakan lagu yang berbeda dengan Uje. Rossa masih ingat betul, pertama kali ia berkunjung ke rumah Uje sudah dalam keadaan gelap, alias malam hari. Di saat orang-orang beristirahat ia justru bertamu untuk berlatih. Tak ada yang tahu, sejak itu hubungannya dengan Uje dan istri sudah seperti keluarga.

Salah satu kenangan yang masih Rossa ingat yaitu kebaikkan Uje dalam mengajarinya ilmu agama. Rossa banyak bertanya lewat Umi Pipik atau Uje, apalagi saat ia ingin menunaikan ibadah haji. “Uje membantu banyak apalagi waktu saya naik haji,” ujar ibu satu anak itu. Menurutnya, Uje memberikan banyak masukan, dan bukan tipe yang menghakimi orang lain yang belum mengerti agama.

Rossa dan Pipik
Rossa dan Umi Pipik

Berharap kembali berhijab
Rossa kembali menceritakan bagaimana Uje memberikan bantuan seperti saat ia pulang menunaikan ibadah haji. Usai pulang menunaikan ibadah haji, Rossa berkeinginan memakai hijab. Namun Rossa menyadari dirinya belum sepenuhnya siap. Ia ingin sekali mengenakan hijab meski hanya beberapa bulan.

Saat itu ada rasa takut yang menghinggapinya. “Takutnya aku dibilang mempermainkan [agama],” katanya. Tapi Uje memberikan saran agar ia mencobanya terlebih dahulu, “tapi Uje bilang, dipakai aja, urusan nantinya gimana itu belakangan.”

Atas saran itu, Rossa pun yakin untuk memakai hijab meski hanya sementara. Jika masih ingat, saat menjadi juri di sebuah ajang pencarian bakat, Rossa sempat terlihat mengenakan hijab, meski sekarang ia kembali melepasnya. Sejak itu, Rossa berharap bisa segera berhijab tanpa membukanya lagi.

Sejak itu pula, hubungan keluarga Uje semakin dekat dengan Rossa. Bahkan saat lebaran tiba, Rossa sudah biasa memesan baju lebaran untuk keluarganya kepada Umi Pipik. Begitu pun untuk tahun ini. Rossa juga terbuka tentang siapa pendampingnya saat ini kepada keluarga almarhum Uje. Umi Pipik juga mengatakan Rossa biasa memesankan baju lebaran untuk kekasihnya saat ini.

Ibu dari ┬áRizki Langit Ramadan ini pun mengaku senang bisa mendapatkan teman seperti Umi Pipik dan Uje, yang memberikannya banyak pelajaran hidup. Dan Rossa berharap, album barunya, dengan single “Hijrah Cinta” dan film berjudul sama itu bisa diterima di masyarakat dan bisa menjadi pelajaran bagi mereka yang masih mencari ilmu untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. [teks @nandiyanti | foto @Mirzablue]

SHARE