Project One: Butik Kolaborasi

0
278
monday to sunday
monday to sunday

Project One @Colony Kemang resmi dibuka

monday to sunday
Monday to Sunday yang digawangi Dita

Dunia mode seolah tak pernah kehabisan ide-ide segar. Pada Senin, 16 Juni 2014, empat perancang busana, satu perancang aksesori, dan satu pecinta fotografi membuka butik mereka yang bernama Project One di Colony Kemang, Jakarta.

Keenam jebolan Cléo Fashion Award ini memiliki gaya fashion dan ide yang berbeda satu sama lain. Monday to Sunday, yang digawangi oleh Dita, berfokus pada konsep busana-busana kasual yang dapat dikenakan di kantor dan berjalan-jalan santai.

Lalu Klé, clothing line milik Kleting Titis Wigati, terkenal akan busana-busana yang mengkombinasikan sisi feminin dan maskulin. Hunting Fields, yang dimiliki oleh satu-satunya perancang pria di Project One, Regi, menyediakan baju-baju yang sangat tepat dikenakan kala bersantai dan liburan, atau untuk mengerjakan aktivitas yang membutuhkan banyak pergerakan.

Identité, label terakhir yang bergabung dengan Project One, dan dimiliki oleh dua wanita muda berbakat, Winny dan Jessica, mengeluarkan desain-desain minimalis feminin untuk pemakaian fungsional dan praktikal.

Dua brand lainnya, yakni House of Jealouxy milik Andi Yulianti, dan Lomography Embassy milik Amanda, tidak berkecimpung di dunia desain busana, melainkan pada desain aksesori seperti hiasan kepala, gelang, kalung, dan anting yang dapat dibuat sesuai pesanan [House of Jealouxy], dan kamera-kamera lomo untuk fotografi dengan efek yang indah [Lomography Embassy]

Jajaran pemilik Project One
Jajaran pemilik Project One

Karena EX ditutup
Grand Opening Project One dimulai pada pukul 16.45 WIB dan dihadiri oleh beberapa desainer muda serta para rekan wartawan dari berbagai media. Pada pembukaan ini, para pemilik Project One bercerita tentang awal mula usaha mereka ini.

“Kami berpikir bahwa untuk dapat bertahan dalam persaingan yang ketat di dunia fashion, kami harus melakukan sesuatu yang baru. Lalu melihat bahwa kami memiliki ide-ide yang segar dan berbeda, rasanya bila disatukan, akan menjadi sesuatu yang unik,” kata Amanda.

Hal inilah yang kemudian mengawali keberadaan butik Level One di EX Plaza Indonesia. Sayangnya, ketika butik mereka mulai dikenal oleh masyarakat luas, EX justru ditutup. Mereka kemudian memutuskan untuk membuka sebuah butik baru dengan nama baru: Project One. Satu proyek yang dikerjakan bersama-sama.

Ketika ditanya alasan mengapa memilih Kemang sebagai tempat untuk membuka kembali butik mereka, mereka menganggap bahwa Kemang terletak di tempat yang strategis dan masyarakat akan selalu mencari hal yang baru di Kemang “Kemang is the hippest place in Jakarta,” ujar Amanda

Butik bernuansa edgy ini terbagi atas enam bagian. Pada sebelah kanan pintu masuk, terdapat sudut yang memamerkan berbagai jenis kamera lomo analog seperti Sprocket, misalnya.

Pojok Kle
Pojok Kle

Aksesori spesial
Lalu di sebelah kanannya, di belakang deretan mannequin, terdapat meja yang berisi aksesori dari House of Jeaoluxy. Aksesori ini dapat langsung dibeli, atau bila kita menginginkan desain dan tulisan yang berbeda, kita dapat memesannya kepada Andi.

“Banyak orang yang menginginkan aksesori spesial, yang tidak dimiliki orang lain, sehingga saya menyediakan layanan pesanan aksesoris,” tutur perempuan yang mempelajari pembuatan aksesori secara otodidak ini.

Di belakang kedua tempat milik Amanda dan Andi, terdapat dua sudut yang memamerkan baju-baju dari Identité dan Monday to Sunday dengan kisaran harga Rp 250 ribu – Rp 500 ribu untuk blouse dan Rp 600 ribu – Rp 700 ribu untuk dress panjang.

Pada bagian paling belakang, terdapat sebuah ruang bagi baju-baju rancangan Kleting dan Regi. Desain interior yang sederhana menambah kesan menyenangkan pada butik ini.

Bagi Anda para wanita muda yang ingin tampil cantik minimalis tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam, rasanya Project One sangat cocok bagi Anda, karena harga yang ditawarkan sangat bersahabat dengan kantong Anda. Selain itu, di butik ini Anda dapat memilih busana yang cocok dengan karakter Anda. « [teks dan foto @intankirana]

Lomography Amanda
Lomography Amanda
SHARE