Edukasi Kanker Payudara

0
226
Kanker Payudara
Ilustrasi

Kanker payudara menjadi penyakit kanker yang sering ditemukan pada wanita Indonesia. Pengetahuan yang minim mengenai gejala dan penyebabnya, menjadi salah satu alasan tingginya angka kematian dari penyakit ini.

Sejalan dengan program pemerintah mengedukasi masyarakat mengenai kanker payudara, Mal Ciputra Jakarta, akhir pekan kemarin dalam kampanye “Happiness is me” Pink Ribbon Campaign, mengadakan edukasi deteksi dini ‘SADARI’, kepada 300 peserta ibu-ibu PKK Kelurahan Tanjung Duren Utara.

SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri merupakan salah satu cara untuk mengetahui kelainan pada payudara, yang dapat dilakukan sendiri di rumah oleh para wanita yang telah mengalami menstruasi maupun yang sudah menopause.

Idealnya SADARI dilakukan setelah selesai masa haid. Pada tahap awal, kanker payudara tidak menimbulkan gejala apapun, namun bersamaan dengan berkembangnya sel kanker, biasanya akan timbul gejala yang menyebabkan perubahan pada payudara. Untuk itu sangat dianjurkan bagi para wanita melakukan pemeriksaan secara berkala.

Selain itu, para ibu juga dibekali teknik meditasi kesehatan yang diajarkan oleh Bapak Merta Ada.

Mal Ciputra Jakarta juga mendirikan pusat informasi yang dibuka setiap akhir pekan, guna memberikan edukasi seputar kanker payudara, talkshow, konsultasi dokter, dan diselingi dengan hiburan musik akustik.

“Dengan mengetahui lebih dini tanda-tanda kanker payudara, maka dapat segera dilakukan tindakan pencegahan atau pengobatan, sehingga mengurangi risiko lanjut dari kanker payudara,” jelas Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta.« [teks @bartno | foto courtesy of counselheal.com]

SHARE