Mendidik Anak ala Papa Rock n’ Roll

0
467
The Dance Company
The Dance Company

Siapa sosok papa rock n’ roll itu?

The Dance CompanySetiap orangtua punya cara sendiri dalam mendidik anak. Seorang ibu biasanya lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak, bila ia memutuskan sebagai ibu rumahtangga. Sang ayah bertugas mencari nafkah, waktunya dihabiskan di luar rumah.

Keempat hot daddy ini dikenal sebagai musisi, terkadang mereka sibuk promo album, tur musik ke sejumlah daerah, dan meninggalkan anak di rumah. Mereka yang dimaksud adalah papa rock n’ roll: Ariyo Wahab, Ibrahim “Baim” Imran, Agustinus Gusti “Nugie” Nugroho, dan Stefanus Pongki Tri Barata — personel The Dance Company.

Setiap Selasa, di awal Juni ini, mereka selalu datang ke kantor I-Radio FM di Gedung Sarinah. Nugie dan Baim, pada suatu sore, datang menggunakan sepeda. Keduanya mengenakan celana pendek, sarung tangan, dan helm bersepeda. Wajahnya berkeringat.

Keduanya kemudian bergabung dengan Pongky dan Ariyo di studio siaran I-Radio sebagai bintang tamu program Sabotase I-Radio yang disiarkan setiap Selasa, jam 6 – 8 malam. Usai siaran, Ghiboo bertanya seputar bagaimana cara mereka mendidik anak.

Ariyo Wahab, ayah tiga orang putri, mengatakan menerapkan sistem yang tidak kaku kepada anak-anaknya. Riyo, panggilannya, selalu mengajarkan anaknya untuk menghormati orang yang lebih tua.

Jaga kekompakan
Dengan kelenturan yang diajarkan kepada anak, suami Milasari Wardhani ini juga menerapkan peraturan seperti sopan santun dan akhlak.

Riyo juga punya cara unik menyampaikan pesan kepada anaknya. Ia akan bernyanyi ketika ingin memberikan nasihat untuk anak-anaknya. “Karena dengan nyanyian yang memiliki nada tersebut, maka anak-anak dapat dengan mudah menangkap isi pesan yang kita sampaikan,” katanya menerangkan.

Sementara cara mendidik anak ala Baim, adalah mengutamakan bagaimana kedua anaknya kelak mempunya akhlak yang baik, menghormati, dan menyayangi orang tua.

Menjaga kekompakan anak juga dilakukan para ayah, seperti merencanakan liburan bersama atau bermain dengan mereka. Pongky, suami presenter Sophie Navita, mengatakan, sesibuk apapun dirinya, ia akan berusaha meluangkan waktu bermain dengan kedua anaknya.

“Menjaga kekompakan dengan anak itu dengan ketemu dan ngobrol, itu asik, dan itu hobi saya ngobrol dengan mereka,” kata Pongki, 36 tahun.

Lantas bagaimana dengan Nugie? Suami Shinta Dewi, yang sudah dikaruniai satu putra, ini menekankan pada quality time bersama anak. “Selalu menemani mereka bermain, pada saat mereka bertanya kita harus bisa jawab dan kita harus memberikan masukan satu sama lain,” katanya.

Selain itu, Embot –panggilan akrabnya — juga selalu menjaga kekompakan dengan bermain dan yoga bareng dengan porsi masing-masing. Pada saat waktu khusus tersebut, Nugie menjadikan anaknya sebagai pemimpin dan ia followers. « [teks @shintriamylnia | foto @gregbimz]

Also read: Bincang Santai bersama Sophia Muller

SHARE