Tika and The Dissidents dan Lagu Tentang Perkosaan

0
961
Kartika Jahja
Kartika Jahja

Album baru Tika and The Dissidents akan rilis

Kartika JahjaSejak kemunculan pertama mereka lima tahun lalu, Tika and The Dissidents menuai pujian karena eksperimen musik yang dilakukan. Now, they’re gonna hit back! Band indie pengusung cross genre [jazz, blues, dan punk] ini berencana mengeluarkan album baru Agustus mendatang.

Album pertama yang ditelurkan mereka, The Headless Songstress [2009] terdengar unik. Lalu bagaimana dengan yang terbaru ini ya?

Tika, begitu sapaannya, mengatakan jika di album terbaru nanti akan ada tujuh materi lagu yang ia lantukan. Serta tiga single yang akan dirilis terpisah. Salah satunya berjudul “Tubuhku Otoritasku” yang ditulis sendiri oleh pemilik nama lengkap Kartika Jahja. Dan, lagu itu ia persembahkan kepada seluruh perempuan.

Wanita pengguna potongan rambut undercut ini mengatakan lagu “Tubuhku Otoritasku” dibuat agar para perempuan kembali merasa bahwa tubuh itu adalah milik mereka seutuhnya. Lagu ini Tika sandarkan pada isu perkosaan yang kini merebak luas.

“Perkosaan tidak terjadi karena pakaian yang dikenakan oleh perempuan. Jadi berhenti menyalahkan korban, perempuan dalam hal ini,” tegas Tika.

Tika pun membeberkan jika di materi lagu lainnya pun mengandung muatan tema sosial. Seperti pada album pertama Tika and The Dissidents, ada 12 materi lagu yang dikemas. Itu pun memuat ‘mesiu’ dalam lirik yang dilantunkan Tika. Semisal lagu “Mayday” yang bertuliskan “And we are the ones who work their fields/ And we are the ones who fight their wars.”

Bersama Susan Agiwitanto dan Iga Massardi, Tika mengatakan jika album kali ini akan berbeda dengan yang sebelumnya. “Genre kali ini akan berubah, ya. Karena banyak personel yang menyumbangkan seleranya masing-masing. Jadi, kali ini kita jauh lebih keras, ya,” tuturnya.

Ya, bukan Tika and The Dissidents jika tidak bereksperimen. Karena trio ini terbentuk dari latar belakang kesukaan genre musik yang berbeda antara satu dengan yang lain. Akan ada juga kolaborasi bersama Yacko, rapper wanita yang menambah warna album baru dengan beat hip-hop-nya.

“Lagu kedua dan lainnya, tunggu nanti Agustus ya,” ujar Tika, mengakhiri pembicaraan. « [teks[email protected]foto[email protected]]

Also read: GIGI Bicara Personel Kelima

SHARE