Biyan, Seruni, dan Go International

0
349
Biyan
Biyan

Biyan, berkarya dengan hati

BiyanRomantis, detail, dan klasik. Tiga hal itulah yang terkesan dari hasil rancangan pria berkacamata ini. Tak heran jika ia menjadi desainer favorit banyak kaum perempuan.

Berawal dari garasinya yang sederhana, pria kelahiran Surabaya, 59 tahun lalu ini berkomitmen untuk serius di bidang fashion. Keseriusannya itu ia buktikan dengan nyaris tiga dekade lamanya ia malang melintang di dunia fashion Indonesia maupun internasional.

Selain itu, untuk membuktikan eksistensinya, belum lama ini ia pun menggelar pagelaran busana perayaan 31 tahun perjalanan kariernya di bidang fashion.

Ya, dia adalah Biyan Wanaatmadja atau yang biasa disapa Biyan. Melihat keseriusannya dalam berkarya dan menciptakan busana, kita semua yakin Biyan akan menjadi sebuah legenda fashion Indonesia. Di balik karya-karyanya yang indah, selalu ada pesan dan makna tersembunyi. Biyan tak hanya berkarya dengan piranti fashion, tetapi juga dengan hati.

Pada konferensi pers pagelaran busana ‘Seruni’ beberapa waktu lalu, Ghiboo bersama beberapa wartawan lain berkesempatan untuk berbincang dengan Biyan. Simak obrolannya berikut ini.

halo biyan. adakah alasan pemilihan nama seruni untuk pagelaran busana ke-31 ini?
Bunga Seruni, atau biasa dikenal dengan nama Krisan Timur, merupakan bunga yang sangat wangi, indah, dengan kelopak cantik yang berlapis-lapis. Setiap kali mengingat Seruni, saya selalu teringat kepada sosok perempuan cantik yang misterius dan kuat.

Melalui fashion show Seruni ini, saya ingin sekali menampilkan busana-busana yang menggambarkan sosok perempuan yang tak hanya cantik, tetapi juga kuat, dan memiliki pesona.

berapa koleksi yang akan ditampilkan dalam seruni malam ini?
Ada seratus koleksi yang akan dibawakan para model, seperti coat, jacket, dan dress.

apakah setiap kali merancang baju, anda selalu memikirkan betul pesan yang ingin disampaikan dalam setiap rancangan?
Saya nggak pernah sengaja ingin bikin pesan ini, atau ingin bikin kesan seperti ini. Semuanya itu datang tiba-tiba dari dalam hati. Ya, semua seniman, penyanyi misalnya, kalau bikin suatu karya pasti karena dia merasakan sesuatu di dalam hatinya, kemudian datangkanlah perasaan itu melalui karya tersebut.

Karya-karya Biyan memang selalu meninggalkan kesan mendalam. Kecantikan bermanfaat, seperti Bunga Seruni –yang tak hanya indah dipandang, namun memiliki berbagai kegunaan– tampaknya menjadi sebuah pesan yang ingin Biyan bagikan kepada khalayak ramai. Dalam pagelaran busana kali ini, uang yang terkumpul dari undangan akan disumbangkan kepada For All Nations. Badan ini berperan dalam pencegahan narkoba. Rancangan-rancangan Biyan juga sudah merambah dunia internasional. Kini Biyan memiliki lima belas butik di luar negeri. 

apakah ada rencana untuk semakin melebarkan sayap di dunia fashion internasional?
Dulu, saya memang pernah berambisi untuk merambah dunia internasional. Ambisi itu kuat sekali, bahkan. Namun saya pikir, semakin saya ngoyo, semakin sulit untuk merambah dunia internasional. Sejak saat itu, saya tak lagi terlalu berambisi untuk go international. Bukan menyerah, tetapi mencoba untuk tidak ambisius.

Ketika saya nggak ngoyo, saya malah ketemu jalan untuk itu. Namun saya pikir, kita ini tolak ukurnya jangan go international, because, you don’t have to go international to be good at something.

Negara kita ini penduduknya banyak. Daripada mencoba melakukan sesuatu untuk masyarakat luar, mengapa tidak melakukannya untuk masyarakat kita sendiri? « [teks @intankirana |foto @gregbimz]

Beberapa karyanya dalam Seruni:

Rancangan Biyan Fashion Show Seruni Biyan

SHARE