Nge-rock Seperti Candil

0
1142
Candil
Candil

Berikut tips menyanyi rock ala Candil

CandilPenampilannya nyentrik. Suaranya melengking, yang menjadi ciri khas tersendiri dari penyanyi rock Candil. Awal kariernya dimulai bersama grup band Seurieus dan mulai tenar dengan single “Rocker Juga Manusia”.

Popularitasnya terus naik seiring bejalannya waktu. Sayangnya, setelah 14 tahun bersama, penggemar Alice Cooper ini memutuskan bersolo karier.

Keputusan keluar dari Seurieus tidak lantas membuat Candil berhenti berkarya. Ia masih sering tampil dari panggung ke panggung dan tetap membuat karya seperti single terbarunya “Gadis Korea”.

Rambut panjang keriting dan suaranya tingginya, tetap menjadi ciri khas dari seorang Candil hingga kini. Pria bernama lengkap Dian Dipa Chandra ini mengungkapkan rahasia di balik suara rock-nya tersebut.

Candil mengutarakan bahwa latihan adalah hal utama yang harus dilakukan oleh setiap penyanyi, terutama untuk dirinya agar dapat mencapai nada-nada tinggi. Karena menurut pria kelahiran Bandung 39 tahun lalu ini, dalam bernyanyi rock, power sangatlah dibutuhkan.

“Tetap ujungnya di latihan. Kadang kalau gue manggung dan nggak sempat pemanasan, lagu pertama itu lagu-lagu yang bisa dijadikan pemanasan,” ujarnya kepada Ghiboo. “Saat udah panas, baru bisa dinaikin oktafnya.”

Candil juga menambahkan, stamina adalah hal yang paling penting untuk bernyanyi rock. Salah satu caranya adalah dengan istirahat yang cukup dan juga berolahraga teratur.

Jika banyak musisi rock luar negeri yang menggunakan obat-obatan sebagai peningkat stamina mereka, Candil lebih memilih menggunakan ramuan tradisional.

“Doping juga diperlukan. Tapi gue lebih memilih yang herbal-herbal aja. Seperti kencur, gula asem, nasi padang juga oke,” tuturnya seraya tertawa.

Selain baik untuk tubuh, menurut bintang film The Tarix Jabrix ini, ramuan herbal juga sudah terbukti khasiatnya terutama untuk menjaga kualitas suara. Candil lebih menyarankan untuk menggunakan ramuan tradisional daripada obat-obatan. « [teks Krisna Pratiwi | foto @gregbimz]

Also read:
Siapa Personel Kelima GIGI?

SHARE