Mission #5: Andi Gunawan

0
254

Belajar dari pengalaman, Agen G08 tak ingin gagal lagi dalam misinya kali ini.

CoverHari itu cuaca Jakarta cukup bersahabat. Langit biru dengan hiasan awan putih membuat hati bahagia Agen G08, karena sudah merencanakan untuk menikmati hari bersama pasangan baru.

Namun sial, alat komunikasi lupa dimatikan. Panggilan dari G-Commander tak bisa dihindari. Tujuan perjalanan untuk menjemput pujaan hati pun berubah menjadi menyelesaikan misi.

Target yang disiapkan G-HeadQuarters [GHQ] kali ini adalah seorang pria. Badan kurus, kulit gelap, rambut hitam, dan kumis tipis menjadi ciri khas dari target bernama Andi Gunawan ini.

DATA TARGET
Nama Lengkap Andi Gunawan
Akun Twitter @ndigun
Tempat Tanggal Lahir Jakarta, 26 Maret 1988
Usia 26 Tahun
Status Single
Hobi Menulis
Musik Favorit Random, lebih sering mendengarkan jazz
Makanan Favorit Gudeg

Profesi
Freelance Writer
Talent & Event Manager
Community Manager

Pendidikan
SDN 06 Pekayon, Jakarta Timur
SMPN 91, Jakarta Timur
SMAN 39, Jakarta Timur
FISIP UHAMKA, Komunikasi Massa [tidak lulus]

Karier
» Creative and Production Staff Media Televisi Indonesia, PT [Metro TV] – Oktober 2012 – April 2013 [7 bulan]
» Social Media Officer Manifesto Digital Agency – Juni 2012 – Januari 2013 [8 bulan]
» Reporter Intuisi Corporation – Mei 2011 – Mei 2012 [1 tahun 1 bulan]
» Administration Staff PT. Wira Karya Utama – November 2009 – Agustus 2010 [10 bulan]

Buku
» Kejutan! [kumpulan prosa], 2011
» Saya [cinta] Indonesia [Ocehan Komika tentang Kelucuan Negerinya], 2012
» Merentang Pelukan [antologi puisi], 2012
» Dunia di Dalam Mata [kumpulan cerpen], 2013
» Pindah [kumpulan cerpen], 2013

Prestasi Lainnya
» 12 Top Rated Flash Fiction Challenge by Ubud Writers and Readers Festival 2010
» Juara III Lomba Reportase Peluncuran Kompas TV, 2011 [Kompas TV Menebar Inspirasi]
» Karya Tulis Wisata Terbaik Adira Best 100 Faces of Indonesia, 2012 [Menjejak di Garut]

THE STALKING

11.00 – 11.30
Apartemen, Parkiran Apartemen
apartement Agen G08 sudah tiba di sebuah komplek apartemen di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan. Sempat kehilangan kontak dari GHQ membuat ia harus mengeliling beberapa tower untuk mencari data tempat tinggal Target. Beberapa saat kemudian, alat komunikasi aktif kembali menghujani sejumlah notifikasi. Di dalamnya terdapat beberapa pesan berisi data tempat tinggal Target.

11.30 – 11.50
Apartemen, Tempat Laundry Kiloan
laundryDewi Fortuna tampaknya masih mengiringi penguntitan kali ini. Setelah berkeliling di antara sejumlah barisan gedung tinggi dengan ratusan penghuni di dalamnya, tak sengaja Target terlihat disebuah kios kecil di sekitar apartemen.

Kios tersebut ternyata sebuah penyedia usaha cuci baju [laundry] kiloan, dari informasi yang dihimpun sebagai seorang lajang, Target sering menyambangi tempat ini untuk memanfaatkan jasa mereka. Dalam seminggu, Target yang juga berprofesi sebagai penulis ini bisa sampai 2 hingga 3 kali mencuci bajunya di tempat itu.

Setelah mengambil cuciannya, Target kembali ke dalam kamarnya. Kali ini Agen G08 tak dapat berbuat banyak karena akses masuk ke dalam apartemen cukup ketat. Dengan sabar, Agen G08 mengawasi satu pintu masuk utama ke dalam lift yang biasa digunakan para penghuni.

12.20 – 14.00
Apartemen, Warung Soto Ayam
warung sotoAda pergerakan. Target terlihat ke luar dari lift dan berjalan meninggalkan apartemen. Sosok Target tampaknya cukup sederhana namun bersahaja. Agen G08 mendapatinya sedang berada di sebuah warung penjaja soto ayam, masih di lingkungan sekitar apartemen. Ia terlihat larut dalam sebuah obrolan dengan beberapa orang yang diketahui sebagai anggota One Billion Rising [OBR].

Dalam sekejap, staf admin di GHQ mengirim data tentang organisasi ini. OBR adalah sebuah gerakan global berupa ajakan untuk menari dan berbuat untuk menentang perkosaan dan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Informasi tentang gerakan ini bisa diakses di onebillionrisingindonesia.org.

15.00
Apartemen, Pinggir Jalan
luar apartementTarget terlihat keluar dari komplek apartemen. Dia menggunakan kaos berwarna hitam celana putih dan sepatu. Tangannya tampak menjinjing sebuah tas yang biasa digunakan jika hendak bepergian jauh. Agen G08 pun dengan segera menghubungi GHQ untuk membantu pelacakan arah dan tujuan Target pergi. GHQ mengaktifkan satelit pelacak The Eye, dan Agen G08 mendapat laporan pergerakan yang rinci.  

illustrasi mobil

16.00 – 17.30
Signature Coffee, Kemang
signatureThe Eye memberikan pandangan yang super jelas tentang arah yang dituju Target. Agen G08 segera meluncur ke sebuah kafe mungil di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Dengan menyamar sebagai pengunjung, gambar Target berhasil dibidik.

Target tampak sibuk mempersiapkan sesuatu. Dari dalam tasnya tadi dikeluarkan beberapa buku. Selidik punya selidik, ternyata ia memang akan melakukan launching kecil-kecilan dari buku terbarunya. Sekilas, terlihat judul bukunya: Hap!.  Buku ini adalah kumpulan puisi Target. 

Belajar dari pengalaman Mission #4, Agen G08 tak ingin misi berikut ini gagal lagi. Ia sedikit melipir, menghilangkan jejak sejenak, agar Target tak curiga sedang dikuntit sejak dari tempat tinggalnya tadi.

19.30 – 21.00
Signature Coffee, Kemang
Cover profile2Setelah masuk kembali ke lantai dua kafe, suasana tampak sangat ramai. Ternyata mereka pengunjung kafe sekaligus para pecinta puisi serta fans dan sahabat Target. Ia tampak sumringah dengan acaranya malam itu.

Dengan perlahan Agen G08 pun meninggalkan kerumunan. G-Stalk Mission #5 ini selesai. Target tak menyadari ada professional stalker yang telah menguntitnya dan beredar di sekitarnya seharian ini. «

SHARE