Swing Broadway ala Yura

0
697
Yura
Yura

Eksperimen empat genre Yura

Yura“Kenapa ya? Iya kenapa ya saya yang dipilih? Nah, itu juga saya belum tahu jawabannya,” ujar Yura saat ditanya mengenai keterlibatan Glenn Fredly dalam kebermusikannya. Dia pun tak tahu mengapa Glenn mau menjadi produser album perdananya. Yang pasti dia senang dan mensyukuri itu.

Wanita berambut pendek dengan tubuh berisi ini adalah penyanyi solo pendatang baru yang diorbitkan Glenn Fredly. Pernah dengar single “Balada Sirkus” yang sering diputar di 90.4 Cosmopolitan FM? Itu adalah lagu milik Yura.

Pemilik nama lengkap Yura Yunita Rachman, adalah wanita yang besar di Bandung. Menghabiskan sebagian waktunya untuk kuliah dan sebagian lagi untuk berkarier di dunia musik. Lewat sebuah ajang pencarian bakat, Yura dapat bertemu dengan Glenn –yang kemudian menjadi produser musiknya. Dalam waktu singkat, album perdananya berjudul self titled berhasil dirilis lewat musikbagus.org.

“Main musik sudah dari kecil. Dulu les piano klasik. Nggak ada yang nonton. Pas pertama kali ditonton rasanya kok seneng. Mulai keterusan deh,” kenangnya.

Perkenalannya dengan industri musik pun tidak dimulai baru-baru ini saja. Penggemar Duffy ini sempat menjadi pengiring bagi Sarasvati dan Tulus ketika di Bandung. Di situ ia berkenalan dengan Ari “Aru” [produser album Mocca]. Yang kemudian membantunya memproduksi album pertama. Yura juga tak mengetahui mengapa ia merasa klop berkolaborasi dengan Glenn dan Ari Aru. Seperti ada chemistry yang bersinergi antara ketiganya.

Pada album Yura, wanita kelahiran 9 Juni 1991 ini berhasil membuahkan sembilan materi dengan tema yang berbeda-beda. Perihal cinta, imajinasinya tentang sirkus, juga khayalan bercinta di saat purnama. Yang paling unik ialah “Kataji”, sebuah lagu dengan lirik bahasa Sunda yang dikemas dengan sentuhan musik modern ala Yura.

“Ada juga lagu yang saya mainkan bareng Glenn. Judulnya ‘Cinta dan Rahasia’,” terang Yura yang juga menjadi ambassador pertama musibagus.org.

Karena tidak ingin menghasilkan sesuatu yang biasa, Yura bereksperimen dengan beragam genre. Ska, reggae, jazz, yang masih dibalut dengan unsur pop. Alhasil musik yang ia mainkan terdengar seperti Swing Broadway. Hal itu pun tak lepas dari pengaruh musiknya yang berkiblat di Duffy, Alicia Keys, dan James Brown. « [teks @HaabibOnta | foto @fffionayh]

Penasaran dengan lagunya? This is the sample!

Track Album Yura:
“Balada Sirkus
“Keruh Di Air Jenuh
“Cinta Dan Rahasia [feat. Glenn Fredly]”
“Jester Suit”
“Superlunar”
“Get Along with You”
“Itu Kamu”
“Kataji”
“Berawal dari Tatap”

SHARE