Tetap Berolahraga Saat Puasa

0
161
Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga saat berpuasa.

Ilustrasi olahragaBerpuasa satu bulan selama Ramadhan, bukan berarti Anda harus berhenti dari rutinitas berolahraga. Meski seharian tubuh tidak mendapat asupan makan dan minum, namun tubuh tetap memiliki cairan simpanan sebagai energi cadangan yang dapat digunakan untuk beraktivitas.

Tidak hanya itu, di saat menggerakkan tubuh, lemak juga akan berubah menjadi glukosa. Dan glukosa tersebut yang akan menghilangkan rasa lesu, malas, juga kantuk. Satu lagi, ketika kita menggerakkan badan atau berolahraga juga berguna mengikis lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Pastinya bentuk tubuh Anda akan lebih terjaga.

Namun, di saat berpuasa, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat Anda ingin berolahraga selama bulan suci Ramadhan.

Pertama, waktu yang tepat. Jika Anda ingin berolahraga di saat berpuasa, pilihlah waktu 30 menit sampai satu jam sebelum berbuka puasa. Kenapa? Karena dengan pilihan waktu ini, Anda tidak perlu menunggu waktu lama berbuka, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa dan olahraga.

Alasan lain dipilihnya waktu menjelang berbuka adalah menghindari terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Dan cobalah biasakan untuk berolahraga selama tiga kali dalam seminggu selama Ramadhan. Hal ini membantu menjaga kebugaran tubuh Anda.

Kedua, persiapan olahraga. Sebelum melakukan olahraga jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Seperti diketahui, pemanasan akan membantu mengurangi risiko cedera pada tubuh. Dan ternyata, di saat berpuasa, tubuh yang meregang penuh bisa membantu meningkatkan fleksibilitas dan juga detoksifikasi.

Selain itu juga lengkapi olahraga dengan pendinginan. Ini akan membantu tubuh lebih santai setelah berolahraga. Pendinginan juga bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Ketiga, pemilihan jenis olahraga. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah jenis olahraga yang bisa Anda pilih. Kekuatan tubuh tentunya akan berbeda ketika sedang berpuasa. Karena itu, Anda juga harus memilih jenis olahraga yang lebih ringan.

Cobalah latihan kardio seperti berjalan atau bersepeda. Ini membantu membakar kalori dan meningkatkan stamina. Selain kardio, cobalah melakukan olahraga lantai menggunakan matras seperti free squat, push up, yoga dan meditasi. Meski dengan intensitas rendah kegiatan olahraga tersebut dapat membantu menjaga kesegaran tubuh dan juga dapat menghancurkan timbunan lemak di dalam tubuh.

Satu hal lagi yang mungkin bisa Anda coba adalah berolahraga bersama teman. Karena bersama orang lain, Anda tidak merasa bosan atau cepat lelah. Waktu olahraga akan terasa cepat dan Anda bisa mendapat hasil maksimal karena berolahraga dengan sungguh-sungguh. « [teks @nandiyanti | foto shutterstock.com]

SHARE