Agenda Jalan-jalan Juli 2014

0
170
Festival Meriam Karbit
Festival Meriam Karbit

Jalan-jalan di bulan Puasa kenapa tidak?

Festival Meriam Karbit
Festival Meriam Karbit

Juli 2014 bertepatan dengan ibadah puasa bagi umat Islam. Karena itu sebagian aktivitas kegiatan luar banyak dikurangi, seperti halnya jalan-jalan.

Tapi, bagi Anda yang bisa mengatur waktu dan menjaga kebugaran, tak ada salahnya berkunjung acara di bawah ini:

Bali Ocean Swim 2014
Date 6 Juli 2014
Place Pantai Kuta
Tahun ini adalah penyelenggaraan kelima, yang melibatkan perenang lokal dan asing. Pengunjung bisa melihat aksi para perenang dalam tiga nomor yang diperlombakan, yaitu 1,2 kilometer, 5 kilometer, dan 10 kilometer.

Acara ini prakarsai oleh Bali Sport Foundation [BSF], dan semua keuntungannya digunakan untuk membantu kehidupan anak-anak dan remaja cacat di Papua, Bali, dan Indonesia Timur.

Memandung
Date 17-19 Juli 2014
Place Desa Ulu Nusa dan Sayu, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat
Memandung merupakan budaya masyarakat setempat dalam melakukan ziarah dan memberikan penghormatan kepada leluhur suku Dayak di Desa Ulu Nusa dan Sayu. Setiap tamu dalam acara ini harus menggunakan pakaian kebesaran dan menaiki kapal Tambe berornamen Suku Dayak Taman.

Malam Selikuran
Date 18 Juli 2014
Place Keraton Kasunanan Surakarta, Sriwedari/Masjid Agung
Tradisi Keraton yang bertujuan memperingati hari ke-21 Ramadhan, minggu terakhir puasa untuk mendapatkan Lailatul Qadar. Ritual ditandai dengan kirab seribu tumpeng dari Keraton Kasunanan Surakarta menuju Masjid Agung Solo.

Para abdi dalem yang mengiringi tumpeng-tumpeng tersebut membawa lampion. Sesampainya di Masjid Agung, dilakukan pembacaan doa dan kemudian tumpeng akan dibagikan kepada masyarakarat.

Malam Sriwedari & Expo
Date 19 Juli 2014
Place Taman Sriwedari, Solo
Kegiatan bazaar, pameran berbagai macam kerajinan tangan, pentas seni oleh siswa-siswi SMP, adalah bagian dari Malam Sriwedari & Expo yang bisa dinikmati pengunjung.

Agenda Jalan-jalan Juli
Bakdan Ing Balekambang

Gawai Nyapat Taon
Date 20-26 Juli 2014
Place Sekadau, Kalimantan Barat
Kegiatan tahunan Suku Dayak di pedalaman Kabupaten Sekadau, sebagai rasa terima kasih kepada Tuhan atas keberhasilan panen. Wisatawan bisa melihat berbagai atribut tradisional yang diperlihatkan dalam tarian persembahan itu.

Festival Meriam Karbit
Date Malam takbiran jelang Idul Fitri
Place di Tepian Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat
Menurut legendanya, kegiatan ini diawali oleh raja pertama Pontianak Syarif Abdurrahman Alkadrie, untuk mengusir hantu-hantu yang mengganggunya saat membuka lahan untuk tempat tinggal. Dalam catatan penyelenggara, akan ada 43 kelompok meriam karbit yang siap adu bunyi, di malam takbiran nanti.

Bakdan Ing Balekambang
Date 29 Juli – 03 Agustus 2014
Place Taman Balekambang, Solo
Kegiatan menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Pengunjung bisa melihat beragam pementasan kesenian tradisional dan modern di acara ini.

Pekan Syawalan Jurug
Date 29 Juli – 09 Agustus 2014
Place Taman Satwa Taru Jurug, Solo
Acara tahunan menyambut bulan Syawal yang dimulai di hari pertama Lebaran ini ditandai dengan Grebek Syawalan dengan mengarak gunungan ketupat dan juga tontonan kolosal dalam Grebek Jaka Tingkir. Maka, tak heran dalam pekan ini pengunjung Taman Satwa Taru Jurug meningkat.

Gebyar Gajah Mungkur
Date 29 Juli – 10 Agustus 2014
Place Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri
Seremonial tahunan ini dimulai sejak berdirinya waduk Gajah Mungkur. Beragam kegiatan budaya, rekreasi, dan olahraga diadakan di sini bertepatan dengan hari raya Idul Fitri hingga 14 hari sesudahnya.

Pengunjung bisa menikmati ikan hasil waduk, berlayar, dan melihat pemandangan indah di sekitarnya. Di hari terakhirnya, akan diadakan upacara Andum Ketupat, sebagai simbol kebersamaan antara pemimpin dan rakyat.« [teks @bartno | foto berbagai sumber]

SHARE