Kepak Sayap Garuda Muda ke Italia

0
117

Lupakanlah sejenak Piala Dunia 2014

timnas u23 goes to italySekarang saatnya kita beralih pada Tim Garuda Muda Indonesia yang akan berlaga ke Italia pada 18 Juli mendatang. Yap, Garuda Muda kembali mengepakkan sayapnya.

Sebagai persiapan untuk Asian Games 2014 yang akan diadakan pada Desember mendatang, tim nasional sepakbola Indonesia U23 akan melakukan tiga laga pertandingan di Italia, yakni pada tanggal 18 Juli melawan AS Roma, 20 Juli melawan SS Lazio, dan yang terakhir, bertanding melawan Cagliari.

“Dengan adanya hal ini, kami berharap U23 dapat mengukir prestasi di Asian Games 2014,” kata Arif Putra Wicaksono, CEO Nine Sport Inc ketika ditemui pada konferensi pers ‘U23 Goes to Italy’ di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis [03/07].

Arif merasa amat terhormat dapat ikut dalam program pengembangan timnas, seperti dalam rangka perbaikan ranking FIFA  pada beberapa waktu lalu, saat para pemain timnas senior pergi ke Spanyol melawan Andorra, Cuba, dan Villarreal.

Mengapa harus ke luar negeri? Di antara riuh suara para wartawan yang meliput di VIP Pintu Barat Senayan, Sefdin Syaifuddin selaku wakil PSSI Badan Tim Nasional mengatakan bahwa pemusatan latihan dan uji coba semacam ini adalah skema dasar untuk melahirkan timnas yang berprestasi.

‘”Kan kami boleh bekerjasama untuk beberapa pihak agar hal tersebut dapat terwujud. Tawaran dari Nine Sport INC ini adalah kesempatan baik yang harus diambil. Tentu, hal ini sebelumnya telah dikoordinasikan dengan tim pelatih dari sisi teknikal aspek. Selain itu, masyarakat juga dapat menyaksikan performa mereka di layar kaca,” lanjutnya lagi.

“Lagi pula,” potong Aji Santoso, Pelatih Kepala Tim Nasional U-23 sejak tahun 2012 lalu, “Lewat pertandingan uji coba ini, banyak pelajaran yang dapat diambil, seperti mengukur bagaimana kualitas timnas setelah menjalani pemusatan latihan empat tahap.

“Selain itu, kami juga akan bertanding di Italia dengan karakter kami sendiri, dan dapat mengembangkannya setelah itu. Insya Allah, kami dapat mengungguli klub-klub papan atas Italia itu serta siap menghadapi negara-negara di Asia yang tangguh.”

Pertandingan uji coba inipun disambut gembira oleh para fans klub bola Italia di Indonesia, seperti yang dikatakan Ketua Umum Lazio Indonesia Fans, Annas Abdillah. “Kami akan mengadakan nonton bareng [pertandingan ini], karena momennya ‘kan juga bertepatan dengan Ramadhan, jadi kami sekalian mengajak para anak yatim buka bersama sekaligus nonton bersama, pada 20 Juli 2014 di Panti Asuhan Anak Yatim Al-Andalusia dan Warung Bang Hoody Jakarta,” ujar pria ini dengan semangat.

Kegiatan nonton bareng ini merupakan bentuk dukungan Lazio Indonesia terhadap timnas tercinta dan juga klub yang mereka gemari tersebut, yang masih dalam masa libur pra-musim.

Kegiatan nonton bareng ini juga akan digelar Roma Club Indonesia di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di GOR Otto Iskandardinata Jakarta. “Kami berharap setidaknya akan hadir 500 Romanisti dalam acara nonton bareng tersebut, sebagai dukungan kepada timnas kita, sekaligus menyaksikan performa tim Italia kesayangan,” ujar Russel yang mewakili klub pencinta Roma menutup acara konferensi pers pada saat itu. « [teks @intankirana | foto @bagusdimsum]

SHARE