Pentingnya Perawatan Kulit Malam Hari

0
298
Sleeping Woman

Kulit tidak tidur saat malam hari

woman applying lotion

Banyak orang menganggap bahwa kulit tidak membutuhkan perawatan kulit saat malam hari. Mereka menganggap malam hari adalah saatnya kulit beristirahat.

Berdasarkan fakta yang ditemukan bahwa hanya 30 persen perempuan yang mau melakukan perawatan khusus saat malam hari menjelang tidur. Namun, tahukah Anda jika kulit mengalami dehidrasi hingga 25 persen lebih tinggi dibandingkan saat siang hari? Kelembapan hilang akibat dari proses regenerasi kulit yang bekerja dua kali lipat saat malam hari.

Regenerasi merupakan proses perbaikan kulit yang terjadi di seluruh area kulit, seperti kulit wajah maupun kulit tubuh. Pada saat proses ini, kulit mengeluarkan hormon pertumbuhan yang berguna memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Pada proses regenerasi ini, pembelahan sel-sel lapisan kulit menyebabkan kandungan air pada kulit banyak menghilang. Ini artinya kulit membutuhkan perawatan khusus pada malam hari apalagi jika Anda menggunakan AC di rumah yang dapat mencuri kelembapan kulit.

Walaupun kulit kehilangan kelembapan, kulit justru menyerap nutrisi hingga 25 persen lebih banyak saat malam hari. Oleh karena itu, pelembap yang diaplikasikan ke kulit saat malam hari akan terserap maksimal oleh kulit kita.

Selain pelembap, terdapat beberapa perawatan yang tepat untuk kulit saat malam hari. Perawatan yang tepat akan meregenerasi kulit lebih cepat sehingga kulit yang sudah mati akan cepat tergantikan dengan kulit baru yang lebih sehat, cerah, dan bersinar. Berikut beberapa perawatan kulit saat malam hari:

Membersihkan wajah
Perempuan sangat susah sekali dipisahkan dengan make up. Jika seharian kita memakai make up, saat malam hari adalah waktunya mengistirahatkan wajah dari make up tersebut. Bersihkan wajah kita dengan menggunakan make up remover.

Facial wash

Setelah itu, cuci muka Anda dengan menggunakan sabun muka agar kotoran terangkat sempurna. Membersihkan muka dengan sabun wajah saja tidak cukup untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah kita seharian.

Mandi
Seharian tubuh kita terpapar polusi dan debu-debu jalanan. Malam hari, saat sampai di rumah, sebaiknya Anda segera membersihkan diri dengan mandi. Pilihlah sabun yang mengandung moisturizer agar kulit Anda tetap lembap dan lembut.

Penggunaan serum
Setalah mandi, keirngkan tubuh dengan menggunakan handuk berbahan lembut. Setelah itu, saat kondisi kulit kita masih lembap, oleskan serum untuk wajah dan tubuh.

Penggunaan serum tersebut sangat penting karena mengandung Vitamin C yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur kulit dan mencerahkan kulit.

Eye Cream

Eye cream
Bagian mata adalah bagian yang tidak mengandung minyak sehingga membuat mata akan lebih cepat berkerut dibanding bagian wajah lainnya. Selain itu, kandungan eye cream mampu mencerahkan lingkar hitam mata dan mengurangi bengkak. « [teks @ratihwinanti | foto berbagai sumber]

SHARE