Dongeng Indah dari Naura

0
2780
Nola dan Naura
Nola dan Naura

Nola B3 berkisah tentang album perdana Naura

Nola dan Naura
Nola dan Naura

Buah jatuh memang tak pernah jauh dari pohonnya. Adyla Rafa Naura Ayu, atau akrab disapa Naura, kini mantap mengikuti jejak Ibunya, Riafinola Ifana Sari, atau populer dipanggil Nola.

Nola adalah anggota trio B3 [sebelumnya AB Three]. Penyanyi 35 tahun ini telah berkarier di dunia musik semenjak lebih dari dua puluh tahun. Suara sopran Nola yang telah bergema di berbagai kejuaraan menyanyi internasional, dan berpadu indah bersama kedua penyanyi lain dalam Be3, tampaknya menurun pada anak sulungnya tersebut.

Dalam album berjudul “Dongeng” yang baru saja dirilis bulan lalu, suara indah Naura mengalun jernih, memberi sentuhan rasa manis dan indah, seolah seperti kita benar-benar dibawa ke dalam dunia dongeng yang dipenuhi oleh peri-peri mungil.

Naura memang cerdas dan memiliki bakat seni yang tinggi. Lihat saja, ketika usianya baru menginjak delapan tahun, ia sudah berakting dalam Drama Teater Timun Mas pada Juni 2013 tanpa mengalami sedikitpun kesulitan. Dan tahun ini, Naura merilis album perdana yang berjudul “Dongeng” tersebut.

Sebagai seorang Ibu, lantas apa saja yang dilakukan oleh Nola untuk mendukung bakat menyanyi anak pertamanya tersebut? Untuk tahu lebih lanjut, mari kita simak bincang-bincang santai Nola–yang pada saat itu datang bersama Naura– dengan Reporter Internship @intankirana di lounge Ghiboo.

sejak kapan Naura mulai bernyanyi?
Sebenarnya dari kecil dia memang sudah suka menyanyi. Tapi aku pikir ‘kan, banyak anak yang memang suka nyanyi, dan banyak anak yang memang punya bakat nyanyi, jadi aku pikir Naura nggak berniat untuk ke sana [dunia menyanyi]. Dia juga nyanyinya kadang-kadang aja, tergantung dia maunya kapan.

Tapi ketika dia berusia 6 tahun, dia suka banget nonton hal-hal yang berbau musikal, seperti Barney and Friends, Sound of Music serta DVD penyanyi anak-anak dari luar negeri, yang menyanyikan lagu-lagu semacam “Somewhere Over The Rainbow ” atau “Smile.”

Nah waktu itu kan dia sudah mulai bisa baca, dia menyanyikan lagu-lagu itu sambil mengikuti liriknya. Dari situ aku baru tahu kalau dia memang [benar-benar] bisa nyanyi.

nauranya sendiri bagaimana?
Naura waktu itu bilang bahwa dia memang benar-benar ingin bernyanyi, bahkan dia bilang kalau dia mau duet sama amamnya. Tapi aku kasih tahu dia kalau mau bernyanyi, harus sungguh-sungguh.

apakah Naura mengikuti les vokal?
Nggak ‘kok. Naura berlatih menyanyi otodidak. Aku ingin dia belajar [menyanyi] dengan caranya sendiri, bukannya mengikuti apa yang dikatakan guru lesnya. Lagipula, aku mau Naura bernyanyi dengan hati, dan bukannya dengan teori.

mengenai album perdana Naura, mengapa diberi judul “Dongeng”?
Di antara sembilan lagu di dalamnya, ada satu lagu yang diberi judul “Dongeng”. Lagu itu adalah lagu yang dinyanyikan oleh Naura, aku, dan Neona [adik Naura-anak bungsu Nola dan suaminya, Baldy].

Sebenarnya album ini berkonsep family, tetapi yang ditonjolkan di dalam album ini adalah Naura, karena Naura ‘kan paling besar, sudah terbiasa dengan panggung dan dapat bertanggung jawab ketika tampil.

Adik-adiknya menjadi teman duet Naura, seperti dalam lagu yang berjudul “Selimut”. Dalam beberapa lagu, Naura juga bernyanyi sendiri.

[di dalam album ini, ada pula satu lagu unik hasil duet Naura dan Nola, yang berjudul “Cahaya Cinta”. Lagu yang dibawakan dengan merdu oleh pasangan Ibu dan Anak ini berkisah tentang anak yang bertanya tentang taburan bintang malam kepada Ibunya]

nola be3_ghiboo (8)tahun lalu, naura ‘kan pernah ikut serta dalam drama teater berjudul “Timun Mas”. Apakah dia mengalami demam panggung?
Sama sekali nggak, karena sebelumnya, Naura sudah pernah tampil dalam peluncuran buku yang diadakan Guruh Soekarno Putra, membawakan lagu “Simfoni Indonesia Raya” di depan beberapa tokoh ternama.

Waktu itu aku merasa deg-degan banget, karena kan Naura masih kecil dan nafasnya belum sempurna. Selain itu, dia nggak pernah ada latihan khusus. Paling-paling, latihan sendiri di rumah sama aku.

[Tapi ternyata, pada saat itu Naura berhasil membawakan lagu karangan putra dari pahlawan proklamator tersebut. Naura bahkan mendapatkan banyak pujian]

berapa lama proses rekaman album “Dongeng”?
Proses rekaman berlangsung sekitar 1.5 tahun, dari mulai dia usia tujuh tahun, yang pertama kali direkam adalah lagu “Semesta Cinta”. Nah bulan lalu, ketika usia dia delapan setengah tahun, album “Dongeng” ini diluncurkan di Galeri Indonesia Kaya [Grand Indonesia].

Konsep peluncuran saat itu musical, dan dia membawakan beberapa lagu, seperti Janger [lagu dari Bali] sambil menari Bali. Ada juga yang dia sambil akting. Alhamdulillah, peluncuran itu juga dibantu oleh beberapa teman, seperti anaknya Widi [rekan nola dalam B3], dan anaknya Mona Ratuliu yang juga ikut menari di sana.

Album ini juga bekerjasama dengan sebuah parenting club yang digagas oleh Mona Ratuliu.

untuk ke depannya, Naura ada rencana main film atau sinetron?
Nola lantas bertanya kepada Naura yang sedari tadi berada di sampingnya: apa yang ia inginkan? Dengan semangat Naura menjawab bahwa ia ingin bermain film musikal. “Yang penting ada tarian dan nyanyiannya!” ujar anak manis yang memiliki rambut panjang tersebut.

apakah ada rencana untuk mengajari Naura bermain alat musik?
Naura sudah mulai bisa bermain piano, kok. Sejak usia enam tahun, tapi masih les biasa saja, belum sampai kepada skill-nya [untuk bermain piano]. Dia belajar piano sambil ngalir aja, nggak dipaksa kok.

Dalam perbincangan tersebut, Naura terlihat ramah dan aktif, serta tidak malu-malu. Beberapa kali Naura bahkan menunjukkan kemampuannya melakukan beberapa aksi dengan tubuhnya yang lentur, seperti meroda dan bertumpu pada lantai hanya dengan menggunakan kedua tangannya. Diakui oleh Nola, Naura juga mempelajari kemampuan ini sendiri dengan melihat dari DVD dan televisi.

Nah, suatu saat nanti, dengan segala bakat yang dimilikinya, Naura mungkin akan benar-benar menggantikan Ibunya di blantika musik. Atau menjadi bintang seperti lagu yang ia nyanyikan: bersinar dan menghibur hati.

kalau untuk Nola, kapan akan menyusul mengeluarkan album lagi bersama Be3?
Rencananya akhir tahun, kami akan mengeluarkan album untuk memperingati 21 tahun Be3. Salah satu lagu terbaru kami adalah “Bernyanyi dari Hati”, yang dulu kami nyanyikan dalam konser 20 tahun Be3 pada November 2013.

Lagu itu hasil ciptaan kami bertiga dan Mas Andi Riyanto. Kami akan menciptakan beberapa lagu dan me-recycle beberapa lagu lama, baru setelah itu kami akan meluncurkan album tersebut. «[teks @intankirana | foto @bagusdimsum]

Also read: Andien Persiapkan Lagu Mellow | Novita Dewi Menanti Satu Lagu

SHARE