Diz or Dat: Terry dan Image Galau

0
339
Terry
Terry

Terry dengan labelnya sebagai penyanyi galau

terryOrang mengenalnya sebagai penyanyi lagu-lagu galau. Tak dipungkiri, perempuan bernama Terryana Fatiah Shahab ini selalu berhasil membawa atmosfir galau di setiap lagu-lagu yang dibawakannya.

Contohnya saja, lagu pertamanya di tahun 2006 yang berjudul ”Janji Manismu”. Lagu dengan lirik mengiris hati itu mampu melambungkan nama Terry di jagat musik tanah air.

Semenjak itu, Terry –begitu ia akrab disapa– mulai mengembangkan kariernya. Sukses dengan ”Janji Manismu”, pendengar musik Indonesia kembali dimanjakan suara galau khas Terry lewat lagu ”Kepingan Hati”. Dan dilanjutkan dengan single ketiganya yang berjudul ”Beku Hatiku”.

Di tahun itu, Terry bisa disebut salah satu solis wanita pendatang baru yang sukses. Setelah melalui proses yang panjang, Terry kembali dengan album keduanya di tahun 2011.

Jarak yang lumayan lama bagi seorang pendatang baru untuk menelurkan karya baru. Namun ternyata, sambutannya masih sama. Masih banyak penggemar yang setia menunggu lagu-lagu galau dari Terry.

Dan di album bertajuk ”Are You Ready” itu, Terry kembali membawakan lagu galau, tepatnya sebuah lagu daur ulang milik maestro Iwan Fals, ”Ijinkan Aku Menyayangimu”.

Tak usah ditanya kesuksesannya membawakan lagu-lagu berirama mendayu-dayu. Tapi, menurut Terry, secara personal kesehariannya tak berarti segalau lagu-lagunya. ”Kalau dari sehari-hari orangnya fun banget,” ujarnya sambil tertawa, saat ditemui di kantor Sony Music Indonesia, beberapa waktu lalu.

Label galau pada dirinya berawal dari album pertamanya. ”Dulu Sony baru tahu ada penyanyi bernama Terry. Terus mereka ngasih Terry untuk mencoba beberapa lagu. Ternyata dengan lagu ballad, Terry lebih keluar,” jelasnya.

Karena lagu-lagu tersebut memiliki lirik galau, Terry seolah semakin mengukuhkan diri sebagai spesialis lagu galau. ”Sebenernya hidupnya baik-baik saja kok,” katanya. Tapi dari situlah, Terry menyadari bahwa lagu-lagu galau adalah jalurnya dalam berkarya di industri musik Indonesia.

Di tahun-tahun berikutnya Terry tetap keluar dengan lagu-lagu galau, contohnya saja ketika ia membawakan lagu “Butiran Debu” yang pada awalnya dipopulerkan Rumor.

Dalam waktu dekat ini, Terry berencana akan merilis album ketiganya yang berjudul ”Indah”, dengan 11 lagu di dalamnya. Masih dengan tema cinta dan galau, Terry akan kembali menggalaukan para penggemarnya. Untuk mengawali perilisan, Terry telah merilis single baru berjudul ”Cinta Tanpa Restu”.

Saat berbincang-bincang dengan Terry, Ghiboo mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan Diz or Dat kepada Terry. Berikut jawaban Terry.

nyanyi sendiri atau duet?
Sendiri. Sendiri aja udah ribet gimana berdua.

membawakan lagu recycle atau baru?
Baru. Seru aja bikin dari awal ngulik yang belum kita tahu.

akan tetap galau atau berpindah ke upbeat?
Setia dulu ke galau. Ntar mungkin ke upbeat. Nggak punya pendirian banget dong ya? Hahaha.

image seksi atau glamour?
Sederhana. Simple.

stiletto atau wedges?
Converse, nggak capek karena saya nyetir. Kalau di panggung sih biasanya Stiletto. Lebih seksi, stunning, kata orang sih.

jam tangan kw atau tas kw?
Nggak KW dua-duanya. Kalau nggak mampu mending nggak usah beli. Saya sering ke Eropa, bukannya bawa karya sendiri, bawa batik atau apa tapi bawa KW. Kita udah dicap begitu di sana.

akan tetap galau atau merubah image di luar itu?
Sebenarnya semua berubah di atas panggung. Karena kalau sudah di atas panggung sudah bisa jadi apapun. Cuma Terry mau jadi penyanyi yang nggak bisa ditukar rasanya. « [teks @nandiyanti | foto @ditoedan]

Also read: Diz or Dat Maudy Ayunda | Candil

SHARE