Xscape, Album Baru Michael Jackson

0
206

King of Pop Michael Jackson belum mati

Michael_JacksonTanggal 25 Juni 2009, Michael Jackson meninggal dunia di umur 55 tahun. King of Pop meninggal akibat mengalami gagal jantung setelah mendapat suntikan demerol. Itu sekitar enam tahun lalu dari hari ini. Kepergiannya menyisakan duka mendalam bagi kerabat dan para penggemar.

Tetapi kerinduan itu bisa sedikit terobati, karena MJ berhasil ‘lepas’ dari alam baka. Dan dia kembali meluncurkan album barunya, Xscape!

Ya, ini seperti hal yang tidak mungkin. Bagaimana bisa orang yang sudah tidak bernafas mampu menarik suara. Namun inilah kenyataanya, MJ meninggalkan beberapa lagu-lagu yang belum sempat diteruskan.

Karya yang sudah tersimpan selama empat dekade itu hampir saja terkubur bersama memori tentang MJ. L.A Reid, CEO Epic Records mempercayakan Timbaland Rodney Jerkins, Stargate, dan Justin Timberlake untuk memproduseri Xscape.

“Kami merasa bangga dan terhormat dalam mempersembahkan ini. Michael telah meninggalkan warisan musik yang luar biasa dan dihadirkan kembali melalui visi dari produser musik dunia yang saat ini sedang hit,” jelas Reid.

Ada delapan materi yang kembali direkam setelah melalui proses kurasi yang ketat. Single pertama “Love Never Felt So Good” dititah sebagai andalan di album ini. Mendiang MJ yang menulisnya sendiri di tahun 1983.

Lagu ini juga pernah masuk ke studio rekaman, dan diolah oleh Paul Anka [musisi veteran kompatriot Frank Sinatra]. Tapi entah kenapa MJ lalu mengendapnya begitu saja.

Kali ini, Justin Timberlake ikut memberikan suaranya untuk “Love Never Felt So Good” yang kian menambah ragam saat didengar. Berkat sentuhan Timbaland yang menambah dentuman drum, sehingga R&B awal 80’an bisa berbaur dengan disco-soul yang kekinian.

Di lagu keempat, “A Place With No Name” MJ berimajinasi kalau dirinya tersesat di sebuah gurun. Ia dibimbing oleh seorang wanita dan menemukan kota yang dihuni oleh orang yang tidak punya rasa duka, juga takut. Sekali lagi tangan dingin Timbaland mampu mengkombinasikan suara tinggi MJ dengan bunyi dari synthesizer.

Album ini bisa membuat seolah MJ keluar dari alam baka dan ikut berpartisipasi dalam membuat album ini. Timbaland tidak menghilangkan cita rasa musik ala King of Pop. Michael Jackson, He is Immortal! « [teks @HaabibOnta | foto reuters]

Track:
“Love Never Felt So Good”
“Chicago”
“Loving You”
“A Place With No Name”
“Slave To The Rhytm”
“Do You Know Where Yor Children Are”
“Blue Gangsta”
“Xscape”

SHARE