Persaingan Manusia dan Kera

0
180
Dawn of the planet of the apes 2
Dawn of the planet of the apes 2

Segera tayang Dawn of The Planet of The Apes

poster-5Rise of The Planet of The Apes? Film tersebut merupakan film science fiction yang menceritakan tentang kehidupan para kera yang memberontak dan hidup dengan cerdasnya, yang tinggal di antara manusia.

Mari sedikit kembali mengingat kisah Rise of The Planet of The Apes. Salah satu tokoh utama di film ini yaitu Will Rodman [James Franco], seorang ilmuan yang menghabiskan waktu untuk membuat serum yang dapat mengobati Alzheimer. Tekatnya begitu besar karena ia ingin menyembuhkan sang ayah Charles Rodman [John Lithgow] yang menderita penyakit tersebut.

Satu waktu, eksperimennya berhasil. Ia melakukan eksperimen pada seekor kera yang tengah hamil. Lantas kisah berlanjut pada bayi yang dilahirkan oleh kera hasil eksperimen. Hasilnya, bayi kera tersebut tumbuh besar dengan cerdasnya, hampir menyamai manusia, di bawah asuhan keluarga Will Rodman.

Hingga sampai pada satu titik, ketika Caesar, nama kera cerdas tersebut, mengamati dan meniru tingkah laku manusia di sekitarnya dan menjadikannya satu tak tik untuk melawan manusia-manusia yang dianggap mengekangnya. Dan seperti tipikal film-film berseri lainnya, cerita Rise of The Planet of The Apes pun habis menggantung.

Setelah dua tahun lamanya, kini Dawn of The Planet of The Apes merupakan sebuah film sekuel yang akan hadir untuk melanjutkan kisah keadaan dunia di saat spesies kera tumbuh lebih cerdas dari yang seharusnya. Mengambil cerita 10 tahun setelah kejadian di Rise of The Planet of Apes, film ini akan hadir lebih dramatis.

Manusia terpapar virus yang membahayakan kelangsungan hidup mereka. Di saat manusia tengah berjuang untuk tetap hidup, di sisi lain, populasi kera dengan tingkat kecerdasan tinggi terus meningkat. Kumpulan kera ini berada di bawah pimpinan Caesar.

Yap, Caesar merupakan salah satu tokoh utama dari film di seri sebelumnya. Caesar secara visualisasi berbentuk kera, yang dibuat dengan teknologi performance-capture technology, dengan Andy Serkis sebagai pengisi suaranya.

Ketika populasi manusia terus menyusut dan populasi kera meningkat, maka pilihannya adalah hidup damai berdampingan. Itu adalah gambaran yang sempat terjadi di film ini.

Dawn of the planet of the  apesNamun apa yang terjadi? Justru sebuah pertarungan yang lebih besar kembali pecah antara manusia yang bertahan hidup dengan kera-kera yang kini sudah semakin maju.

Jangan bayangkan percakapan janggal, atau tingkah laku aneh dari para kera di sekuel ini. Tenang saja, karena sang sutradara, Matt Reeves telah menyulap semua dengan begitu rapi.

Diceritakan, 10 tahun berlalu membuat para kera cerdas ini banyak menyerap tingkah laku manusia. Maka tak usah heran, jika nantinya, di film ini, Anda akan melihat kera yang mampu menunggang kuda, kera yang mampu menggunakan senapan, bahkan kera yang menguasai strategi pertempuran. Karena ini lah ramuan yang ada di Dawn of The Planet of The Apes.

Lalu, jika manusia semakin terpojok dan kera semakin berkuasa, siap kah Anda untuk melihat hasil akhir siapa yang mampu membuktikkan diri sebagai makhluk paling dominan di bumi ini? Itu lah jawaban yang harus Anda cari dengan menonton sekuel film ini. Tak perlu menunggu lama, karena film ini akan mulai ditayangkan secara global mulai 11 Juli 2014. Dan Anda harus bersiap terkejut dengan sajian science fiction yang satu ini. « [teks @nandiyanti | foto dawnofapes.com]

Sutradara Matt Reeves
Pemain Andy Serkis, Jason Clarke, Gary Oldman, Kodi Smit-McPhee, Keri Russell, Judy Greer, Toby Kebbell, Enrique Murciano, Kirk Acevedo, Jocko Sims
Genre Action, Drama, Science fiction
Produksi 20th Century Fox
Durasi 130 menit

SHARE