Resep Martabak Manis

0
638
Martabak Manis

Maniskan buka puasa Anda dengan martabak manis

Martabak Manis

“Berbukalah dengan yang manis..”

Tagline tersebut seringkali kita dengar saat bulan Ramadhan. Saat berpuasa, kita memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Akan lebih baik lagi jika Anda berbuka dengan buah kurma.

Namun, jangan sedih kalau Anda tidak punya persediaan kurma di rumah. Anda bisa menggantinya dengan kue atau makanan manis lainnya. Salah satunya adalah martabak manis.

Martabak manis memang menjadi salah satu makanan favorit saat berbuka puasa. Namun, martabak manis yang dijual, memiliki rasa yang hampir sama di mana-mana. Jika bosan dengan rasa martabak manis yang dijual pada umumnya, Anda bisa mencoba resep martabak manis berikut ini. « [teks @ratihwinanti | foto Kokiku TV]

Resep Martabak Manis

Bahan:
500 gram tepung terigu
650 ml air hangat
2 butir telur
120 gram gula
1 sdt ragi
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
20 gram mentega, cairkan
20 gram susu bubuk

Bahan Isi:
cokelat/keju/susu kental manis [sesuai selera]

Cara Membuat:
1. Lelehkan mentega ke dalam air hangat. Pastikan suhunya jangan terlalu panas karena akan mematikan ragi.

2. Campurkan tepung terigu, ragi, baking powder, baking soda, gula, susu bubuk, dan garam. Kemudian, masukan lelehan mentega ke dalam adonan kering [sambil diaduk].

3. Setelah itu, masukan dua butir telur. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna. Pastikan konsistensi adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair. Kemudian tutup adonan dengan kain basah dan diamkan selama minimal satu jam. Ragi di dalam adonan akan mengembang dan akan membuat tekstur martabak yang berongga.

4. Setelah adonan mengembang, masukkan adonan ke dalam wajan berapi sedang. Jika mau membuat martabak tipis, maka tuangkan adonan tipis-tipis. Jika mau membuat yang tebal, maka tuangkan lebih adonannya. Untuk membuat pinggiran yang garing, tekan adonan pada pinggir wajan.

5. Masak hingga permukaannya mengeluarkan gelembung-gelembung atau bubbling lalu taburkan gula. Agar seluruh permukaan matang, gunakan tutup pada wajan sampai pinggirnya kecoklatan. Kemudian angkat.

6. Agar martabak tetap lembab, oleskan mentega sesuai selera, lalu taburkan potongan cokelat toblerone/keju/susu kental manis sesuai selera. «

SHARE