Mudik Aman dan Nyaman

0
87
Ilustrasi Mudik
Ilustrasi Mudik

Ini tip bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi

SuzukiBulan Ramadhan sudah hampir setengahnya kita lalui. Lazimnya, ada tradisi unik yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia di setiap tahunnya menjelang lebaran. Yap, mudik!

Bagi G-Readers yang punya rencana untuk pulang kampung, mungkin telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari kue-kue kering, hingga pakaian baru, serta oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman.

Hal ini memang selalu disambut gembira oleh mereka yang melaksanakannya. Mereka rela berdesak-desakan mengantre berjam-jam di terminal bus, kereta api, dan bandara untuk bisa pulang ke kampung halamannya. Banyak juga yang menggunakan kendaraan pribadi untuk kepentingan ini.

Namun sayang, wajah mudik Indonesia seringkali memilukan. Data kecelakaan mudik tahun 2013 menunjukkan angka yang mengagetkan. Tak kurang dari 686 orang tewas dalam 3.061 kecelakaan pada mudik setahun terakhir. Dan hal ini terus menerus terjadi setiap tahunnya.

Jika Anda termasuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, berikut ini adalah tip mudik dari program “Suzuki Peduli Mudik 2014” agar mudik terasa aman dan nyaman, sehingga Anda dan keluarga bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat:

1.   Pastikan kondisi manusia yang menyetir dalam keadaan siap dan sehat 100 persen
Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena faktor kecelakaan mudik terbesar berasal dari kelalaian manusia dalam mengendarai kendaraan.

Potret keseharian pengendara Indonesia yang masih sering berseliweran di jalan raya tanpa memedulikan aturan lalu lintas yang ada sangat memprihatinkan.

Kondisi mengantuk, kelelahan, dan keinginan untuk mendahului kendaraan lain tercatat sebagai penyebab terbesar terjadinya sebuah kecelakaan mudik. Dengan selalu menjaga kondisi badan serta memperhatikan aturan lalu lintas yang ada, Anda bukan saja dapat menyelematkan jiwa Anda dan keluarga, melainkan juga jiwa pengendara lain.

2.   Pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima
Berikut beberapa hal yang dapat harus Anda perhatikan, agar performa mobil Anda selalu dalam keadaan terbaik:

  • Tune-up, hal ini dilakukan untuk menyegarkan kondisi mesin mobil, sehingga terasa nyaman ketika berkendara jauh.
  • Ganti oli, salah satu cara untuk mengurangi risiko overheating pada mesin. Temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila menggunakan oli baru.
  • Suspensi kendaraan, hal ini harus diperhatikan agar Anda tahu apakah suspensi bekerja dengan baik atau tidak.
  • Ban, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing. Kembang dan tekanan pada ban juga perlu diperhatikan.
  • Rem, Anda wajib memastikan rem berfungsi dan dalam keadaan baik. Jika perlu, ganti minyak rem dengan yang baru. Pastikan kondisi kampas rem, sistem caliper, seal, dan master rem juga dalam keadaan baik.

3.   Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Kesadaran mudik jangan hanya dilandasi oleh faktor material, sebaiknya kesadaran mudik harus dilandasi faktor peningkatan iman kepada-Nya. Bagaimanapun juga, tidak ada satu hal pun di dunia ini yang terjadi tanpa kehendak Allah SWT.

Nah, bagaimana? Lewat beberapa tips tadi, sekarang mudik juga bisa terasa aman dan menyenangkan bukan? Semoga Anda dan keluarga bisa terus merasakan indahnya berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman ya. « [teks @prittakp | foto[email protected] | kover shutterstock.com]

SHARE