Kabinet Selebriti

0
588
Kabinet Selebriti
Kabinet Selebriti

 Siapa pilihan Anda?

Kabinet Selebriti 2Sudah menentukan nasib negeri ini pada 9 Juli kemarin? Apakah Anda memilih satu dari dua pasangan kandidat capres dan cawapres yang tengah bersaing menduduki kursi RI1 dan RI2? Atau, uhm, Anda golput?

Ah ya, tentu saja, itu terserah Anda. Tetapi, siapapun yang terpilih nanti, mereka tidak akan bisa bekerja tanpa dibantu ‘kaki-tangan’ yang mumpuni di bidangnya. Para pembantu presiden dan wakil presiden yang menjabat posisi penting di kabinet inilah, yang akan jadi ujung tombak pengimplementasian semua program kerja dan janji-janji politik yang mereka tebar selama masa kampanye. Para petinggi-petinggi negeri yang diserahi tanggungjawab mengelola institusi kementrian atau badan khusus ini juga yang akan menentukan kesuksesan pemerintahan di bawah kepemimpinan yang baru akan resmi dilantik pada 20 Oktober 2014.

Sembari menunggu pengumuman resmi dari KPU tanggal 22 Juli ini, G-Crew memberi pilihan para ‘kaki-tangan’ yang diharapkan mampu membantu pasangan presiden dan wakil presiden mengemban amanat menjalankan roda pemerintahan RI selanjutnya. Tentu saja, kami memilih dari golongan pesohor di dunia hiburan, yang akrab dengan kehidupan kami. Biar gampang jewernya, andai mereka tak menjalankan tugas dengan baik.

Tentu saja menyusun daftar nama selebriti ini, bukan pekerjaan mudah. Sidang sempat diwarnai kericuhan dan aksi saling dorong saat menentukan nama mana yang cocok untuk menjabat posisi tertentu. Ada yang bukan Warga Negara Indonesia, tetapi punya ikatan batin yang kuat dengan negeri ini. Beberapa nama ‘terpaksa’ disebut dua atau tiga kali, mengingat ‘kompetensi’ mereka pada bidangnya. Siapa saja? Mari simak daftar Kabinet Selebriti berikut ini.

01. Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan:

A. Iwan Fals
B. Dede Yusuf

dede yusuf iwan falsAgak sulit menentukan siapa yang paling cocok menjabat posisi sentral dalam bidang ini. Namun, setelah banyak beradu argumen, maka dua nama itu yang akhirnya diputuskan menjadi calon menko polkam. Dua-duanya kami nilai cukup punya karisma yang besar untuk itu.

02. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian:

A. Anjasmara
B. Irwansyah

 Keduanya kami nilai cukup kompeten untuk mengemban tugas berat, mengatur soal-soal ekonomi di negeri ini.

03. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat:

A. Entis ‘Sule’ Sutisna
B. Helmy Yahya

 Kandidat pertama, jelas, karena terbukti punya multi-bakat bawaan menghibur pemirsa. Sementara kandidat kedua, pernah punya beberapa show yang membuat masyarakat –bukan saja terhibur– tapi terpacu untuk berkembang dan maju.

04. Menteri Sekretaris Negara:

A. Aura Kasih
B. Pevita Pearce
C. Raisa Andriana

Untuk yang ini, kami no comment. Silakan Anda memilih mana yang lebih cocok untuk menanggung amanah tersebut.

05. Menteri Dalam Negeri:

A. Panji Pragiwaksono
B. Glenn Fredly
C. Daniel Mananta

Satu kata kunci yang kami gunakan untuk mengajukan kandidat pada posisi ini adalah: nasionalisme. Tiga nama ini langsung keluar. Silakan Anda nilai sendiri.

06. Menteri Luar Negeri:

A. Cinta Laura
B. Agnes Monica
C. Anggun C Sasmi

cinta laura-agnes monica-anggun c sasmiTiga nama ini sudah cukup menjelaskan kiprah mereka di dunia internasional. Anda pilih yang mana?

07. Menteri Pertahanan dan Keamanan:

A. Agung Hercules
B. Ade Rai

Ahem, yang ini pun, sepertinya tak perlu banyak penjelasan. You choose!

08. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia:

A. Melanie Subono
B. Astrid Tiar
C. Okky Lukman

Kandidat pertama dikenal cukup vokal untuk urusan hak asasi manusia. Sementara dua kandidat lain, punya gelar sarjana hukum dan cukup concern terhadap masalah-masalah itu.

09. Menteri Keuangan:

A. Dian Sastro
B. Eko Patrio

Dua kandidat ini kami anggap cukup lihai mengatur keuangan dan mampu mengemban tugas itu.

10. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral:

A. Yuni Shara
B. Krisdayanti

Kakak beradik? Ya. Kami mempercayakan dua cewek ini untuk mengatur dan mengelola seluruh energi potensial dan sumber daya mineral negeri ini.

11. Menteri Perindustrian:

A. Ahmad Dhani
B. Anang Hermansyah

ahmad dhani- anang hermansyahDua juri yang akrab cela-celaan dan beradu argumen di kontes idola menyanyi ini tengah giat membangun industri pada bidang yang mereka geluti. Itu makanya, kami mendapuk mereka menjadi kandidat di bidang ini.

12. Menteri Perdagangan:

A. Sandra Dewi
B. Daniel Mananta
C. Ahmad Dhani

Urusan dagang, boleh jadi kita bisa mempercayakan mereka. Apalagi kandidat nomor tiga. Apa saja didagangkan olehnya.

13. Menteri Pertanian:

A. Fadly
B. Dewa Budjana
C. Azis Gagap

Tiga nama ini tengah giat melakukan hobi bercocok-tanam. Dan untuk itu, tak salah jika kami mengajukan nama mereka untuk mengurusi negara besar yang konon dulu menyandang julukan negara agraria ini.

14. Menteri Kehutanan:

A. Ramon Yusuf Tungka
B. Abimana
C. Joe Taslim

Ketiganya dikenal sebagai petualang sejati. Pencinta alam. Kandidat pertama bahkan punya program acara adventure keliling Indonesia. Kandidat kedua punya hobi naik turun gunung. Dan kandidat ketiga dikenal sebagai Tiger Warrior pada gelaran Earth Hour dan WWF.

15. Menteri Perhubungan:

A. Nazril ‘Ariel’ Irham
B. Raffi Ahmad

Jangan heran, tentang penunjukan dua kandidat ini untuk jadi Menteri Perhubungan. Karena sejauh yang kami tahu, mereka berdua memang dikenal cukup punya banyak hubungan. Yeah, you know lah..

16. Menteri Kelautan & Perikanan:

A. Nadine Chandrawinata
B. Gemala Hanafiah
C. Kaka ‘Slank’

nadine-chandrawinata-gemala hanifiah-kaka slankKandidat pertama, memang putri laut. Kartu namanya bahkan memasang fotonya bergaya bak bidadari saat menyelam di laut. Kandidat kedua dikenal sebagai penakluk ombak di pesisir-pesisir Indonesia. Kandidat ketiga –hampir sama dengan kandidat pertama– punya hobi menyelam dan menyelam. Ugh, dalem deh.

17. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi:

A. Lola Amaria
B. Elly Sugigi

Untuk yang satu ini, mungkin kami perlu menjelaskan sedikit. Kandidat pertama adalah sineas yang pernah membesut film tentang tenaga kerja wanita. Ia juga pernah membintangi film tentang buruh. Jadi kepeduliannya terhadap tenaga kerja Indonesia sebaiknya tak perlu diragukan lagi. Sementara kandidat kedua, sudah terkenal dengan kemampuannya menghimpun dan menyihir banyak ‘tenaga kerja lepas’ untuk sejumlah gelaran siaran live maupun taping di beberapa teve swasta.

18. Menteri Pekerjaan Umum:

A. Uya Kuya
B. Rano Karno

Urusan pekerjaan dengan multi disiplin, serahkan kepada mereka. Semua beres.

19. Menteri Kesehatan:

A. Lula Kamal
B. Tompi
C. Nycta Gina

Tiga kandidat ini adalah dokter yang sekaligus juga menekuni dunia showbiz. Ketiganya punya kans untuk memajukan kesehatan Indonesia, karena punya ribuan, bahkan jutaan fans yang mau mendukung mereka. Yang mana pilihan Anda?

20. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan:

A. Ari Sihasale
B. Dik Doang
C. Rano Karno

Cowok-cowok keren ini punya kepedulian khusus untuk pendidikan Indonesia. Well, kalo kandidat ketiga sih, karena dia pernah main jadi anak sekolahan ya..

21. Menteri Sosial:

A. Cinta Laura
B. Abdee ‘Slank’
C. Dorce

cinta laura-abdee slank-dorceRasa sosial dan solidaritas perlu dipupuk dan ditumbuhkembangkan di negeri ini. Tiga kandidat berikut dikenal acap kali menghimpun dan menggerakkan aksi-aksi sosial, charity, dan unjuk kepedulian terhadap masyarakat. Siapa yang akan Anda pilih?

22. Menteri Agama:

A. Teuku Wisnu
B. Dude Harlino
C. Akrie Patrio

Insya Allah, tiga kandidat ini adalah pria-pria shaleh, akhlaknya baik, dan ahem, semoga tidak akan pernah tergiur untuk korupsi.

23. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif:

A. Nicholas Saputra
B. Dian Pelangi

Kandidat pertama dikenal punya passion dan kepedulian terhadap dunia pariwisata Indonesia. Sementara kandidat kedua mahsyur sebagai perancang busana yang ikut memajukan ekonomi kreatif negeri ini. Anda punya kandidat lain?

24. Menteri Komunikasi dan Informatika:

A. Sherina Munaf
B. Raditya Dika
C. Christian Sugiono

Terus terang kami agak bingung memutuskan mana dari ketiga kandidat ini yang paling cocok untuk menjabat sebagai MenKomInfo. Tapi sepertinya memang mereka bertiga pantas untuk posisi itu. Oke, Anda saja yang menentukan.

25. Menteri Riset dan Teknologi:

A. Agnes Monica
B. Cak Lontong
C. Christian Sugiono

Ini juga jabatan yang cukup strategis. Karena menghimpun semua daya intelektual anak bangsa demi kemajuan anak bangsa. Btw, kandidat kedua itu jebolan jurusan Elektro dari ITS Surabaya, lho!

26. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah:

A. Olga Syahputra
B. Cynthia Lamusu
C. Tukul Arwana

olga syah putra-cynthia lamusu-tukul arwarnaDari seluruh pesohor yang punya bisnis kecil dan menengah, kami menyortir tiga nama. Dan inilah yang bisa Anda pilih.

27. Menteri Lingkungan Hidup:

A. Nadya Hutagalung
B. Marischka Prudence
C. Nugie

Tiga kandidat ini, kami percaya, sudah membuktikan kepeduliannya yang tinggi kepada Lingkungan Hidup. Kandidat pertama, selain sudah banyak bekerjasama dengan WWF, juga telah banyak melakukan aksi untuk itu. Program #LetElephantsBeElephants adalah salah satu contohnya. Jadi, yang mana yang paling cocok?

28. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak:

A. Maudy Koesnaedi
B. Melanie Subono

Soal pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dua wanita ini boleh diacungi jempol. Atau, mungkin Anda punya calon lain?

29. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi:

A. Pong Hardjatmo
B. Wanda Hamidah

Dua tokoh ini boleh dibilang cukup vokal untuk urusan-urusan pemberdayaan aparatur negara. Tak salah jika kami mendapuk keduanya untuk kandidat yang paling cocok menduduki jabatan itu.

30. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal:

A. Edo Kondologit
B. Kamga
C. Prisia Nasution

Sidang yang diwarnai kericuhan sempat terhenti di posisi ini. Pasalnya, kami kehilangan nama-nama yang paling tepat untuk itu. Setelah ditunda dua kali, maka keluarlah tiga nama yang sepertinya paling tepat untuk itu. ‘Gimana menurut Anda?

31. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas:

A. Tulus
B. Whulandary Herman

tulus- whulandary hermawanKedua kandidat ini termasuk pesohor dengan kecerdasan yang tinggi. Bukan hanya itu, mereka juga punya motivasi yang kuat untuk maju. So, let’s give it a try!

32. Menteri Badan Usaha Milik Negara:

A. Nia Ramadhani
B. Annisa Larasati Pohan

No comment. Lihat saja mertua mereka. Uhuk!

33. Menteri Perumahan Rakyat:

A. Muhammad ‘Haji Bolot’ Sulaeman
B. Maia Estianty
C. Feni Rose

Sidang hampir-hampir quorum saat nama kandidat pertama disebut. Apa boleh buat, dia memang bandar kontrakan. Cocok ‘kan? Dan dua kandidat lain, yeah, Anda tahu, mereka juga terjun ke dunia properti.

34. Menteri Pemuda dan Olahraga:

A. Darius Sinathrya
B. Rico Ceper
C. Syahrini

 Dua kandidat pertama, rasanya sudah amat dikenal publik sebagai presenter dan komentator olahraga. Kepiawaiannya tak perlu diragukan lagi. Sementara yang terakhir, eh, hummm, masih ingat saat pesepakbola asal Inggris, David Beckham membubuhkan tandatangan di bagian dada kaos yang dikenakan kandidat ini?

35. Jaksa Agung:

A. Alya Rohali
B. Ruhut Sitompul

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa kandidat pertama mantan Puteri Indonesia ini punya latar belakang pendidikan hukum. Sementara itu kandidat kedua, mungkin masih sibuk dengan kepindahan dari partai lamanya.

36. Panglima TNI:

A. Indro Warkop
B. Ahmad Dhani
C. Vino G Bastian

indro warkop-ahmad dhani-vino g bastianKandidat pertama, adalah anak kolong. Kandidat kedua –walaupun kerap menebar aksi yang berbuah kontroversi– sudah terlanjur ngefans sama baju-baju tentara. Sementara kandidat ketiga, ahem, beberapa suara menyebutnya cukup ganteng untuk posisi itu. Oh!

37. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia:

A. Norman Kamaru
B. Cok Simbara
C. Ario Bayu

Kami belum tahu nasib kandidat pertama, setelah masa keemasannya dengan lagu “Chaiya Chaiya”. Tapi karena berlatarbelakang kesatuan, sepertinya boleh dong, dia kami ajukan sebagai calon. Sementara dua kandidat lainnya, acap membawakan peran polisi. Jadi, pas ‘kan?

38. Kepala Badan Intelejen Nasional:

A. Iko Uwais
B. Chantal Della Concetta

Mengingat track record-nya menyusup ke dalam jaringan gangster, maka sidang memutuskan kandidat pertama masuk ke posisi ini. Sementara kandidat kedua, kami nilai, punya bakat alami untuk menjadi agen rahasia. Setujukah Anda?

39. Sekretaris Kabinet:

A. Julia Perez
B. Aline Adita
C. Magdalena

Untuk membantu kelancaran kabinet selama menjalakan tugas-tugas negara, maka kami ajukan tiga kandidat ini. Mana favorit Anda?

****

» Quiz Kabinet Selebriti:

G-Readers, menangkan berbagai hadiah voucher entertainment dari Ghiboo dengan memilih menteri dari kalangan selebriti di pos masing-masing.

Kalian hanya pilih satu jawaban yang kami sediakan. Bila Anda tidak sreg dengan kandidat yang kami tawarkan, Anda bisa menggantinya.

Aturan mainnya mudah. Anda tinggal menjawab di kolom komentar artikel Kabinet Selebriti [harus punya akun Google +] dengan format di bawah ini:

Jawaban:
01. A. Iwan Fals
02. B. Irwansyah
03. Parto [jika punya kandidat sendiri] dst

Quiz berakhir pada Selasa, 5 Agustus 2014. Penentuan pemenang berdasarkan keputusan tim Ghiboo.

SHARE