Makanan Tepat Rambut Lebat

0
254

Rambut lebat berawal dari dalam

Ilustrasi makananYou are what you eat. Ungkapan itu tampaknya benar adanya, karena apa yang Anda makan berpengaruh terhadap penampilan Anda dari luar.  Hal ini juga berlaku bagi rambut Anda.

Banyak orang yang membeli produk-produk perawatan rambut dari luar seperti sampo, krim untuk creambath, dan vitamin rambut yang menjanjikan rambut lebat dalam waktu yang cepat.

Well, produk-produk tersebut memang punya andil dalam merangsang kerja akar rambut, tetapi seluruh bagian tubuh bekerja dari dalam, bukan? Untuk itu, percuma saja jika menggunakan produk-produk tersebut tanpa adanya nutrisi dari dalam, yang hanya dapat diperoleh lewat makanan.

Makanan apa sajakah yang dapat merangsang pertumbuhan rambut? Nah, G-Readers, segera buka kulkas Anda dan temukan makanan-makanan sederhana yang ternyata memiliki manfaat tak biasa ini.

imagesKubis dan Bayam
Bisa jadi sebagian besar dari Anda membenci sayuran. Rasa yang hambar biasanya menjadi alasan utama mengapa banyak orang menghindari sayuran dan lebih memilih daging-dagingan. Namun sayangnya, sayuran hijau seperti kubis dan bayam justru memberikan Anda banyak manfaat.

Selain baik untuk kesehatan mata dan diet, kubis dan bayam ternyata dapat mempercepat pertumbuhan rambut Anda, lho.

Kandungan vitamin C, K, dan kalsium berfungsi untuk memperkuat rambut agar tidak mudah rontok, dan merangsang rambut untuk tumbuh dengan cepat.

Bagi Anda yang tidak suka sayuran segar, Anda dapat memblender kubis dan bayam, lantas mencampurkannya di dalam pasta. Tapi usahakan jangan makan pasta terlalu banyak ya, karena kandungan karbohidrat yang banyak di dalam pasta dapat membuat tubuh Anda melar.

images (1)2Kentang
Makanan yang kaya akan vitamin A dan C ini ternyata juga memiliki kandungan beta-karotin tinggi yang mampu merangsang pertumbuhan sel-sel rambut.

Kekurangan vitamin A juga dapat membuat rambut Anda menjadi kering dan kusut. Buah tanah yang kaya serat ini juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan, sehingga agar tidak bosan.

Anda dapat membuat berbagai macam variasi kentang, seperti kentang goreng, mashed potatoes, atau baked potatoes dengan lelehan keju mozarella yang menggoda. Selain lezat, rambut lebat pun akan segera Anda dapatkan

images (1)3Telur
Di dalam zigot hewan unggas ini, terdapat omega-3s yang mengandung biotin yang sering digunakan suplemen-suplemen rambut sebagai bahan utama produk mereka. Siapa sangka bahwa bahan penting ini ternyata ada di rumah Anda sendiri dan sering disajikan sebagai menu sarapan?

Namun Anda patut berhati-hati, karena zat penting ini ternyata hanya ada di dalam kuning telur. Terlalu banyak memakan putih telur justru menghambat terserapnya biotin ke dalam tubuh Anda.

Jadi ada baiknya manfaatkan putih telur untuk hal lain [seperti untuk masker wajah] dan mulai makan kuning telur saja untuk Anda yang menginginkan rambut panjang dan lebat.

images (1)4Alpukat
Beberapa perawatan rambut di salon menggunakan krim berkandungan alpukat karena buah gurih tersebut memiliki kandungan vitamin E, C, dan B6 tinggi yang melembutkan serta memperkuat sel-sel rambut.

Namun mengapa Anda tidak mencoba untuk memasukkannya langsung ke dalam tubuh agar lebih efektif? Anda dapat membuat jus alpukat atau memakannya langsung dengan tambahan susu kental manis sebagai perisa lezat.

images (1)5Aloe Vera
Hampir segala produk perawatan rambut mempromosikan ekstrak Aloe Vera sebagai senjata utama rambut panjang dan lebat. Ya, mengoleskan Aloe Vera pada rambut dapat mempercepat pertumbuhan rambut sekitar dua kali lipat dan membuatnya lebat.

Untuk semakin melebatkan, jus aloe vera segar dapat menjadi pilihan Anda, lho. Atau bila Anda lebih suka makanan praktis, Aloe Vera yang dipotong-potong kecil dan dicampur dengan sirup juga sangat lezat, dan tentunya melebatkan rambut dengan cepat dan membuatnya terhindar dari kekeringan dan ketombe. « [teks @intankirana dari berbagai sumber | foto shutterstock.com]

SHARE