Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Ramadhan

0
171
Ilustrasi makanan kover
Ilustrasi makanan kover

Makanan ini dianjurkan saat puasa Ramadhan

Ilustrasi makananKetika berpuasa tubuh biasanya melakukan penyesuaian pola makan yang baru. Kita juga biasanya harus bisa memilih-milih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka, agar tubuh tetap kuat melakukan aktifitas dan mengurangi rasa lapar selama berpuasa.

Berpuasa selama 12 jam bukan berarti harus menyantap makanan dengan kadar gula tinggi. Karena gula berlebihan juga tidak baik, bisa menyebabkan diabetes. Begitu pula saat sahur, jangan karena tidak akan makan sampai matahari tenggelam, lalu makan sahur dengan porsi yang terlalu banyak. Semua pola makan tersebut bisa disiasati.

Berikut tip memilih makanan yang dianjurkan disantap selama bulan Ramadhan, baik saat sahur ataupun berbuka.

Pertama, pilih makanan dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu agar dapat diserap tubuh, sehingga gula darah dalam tubuh naik secara perlahan. Dan contoh makanan dengan karbohidrat kompleks adalah kurma.

Itu sebabnya, kurma sangat dianjurkan sebagai makanan berbuka puasa. Dan ketika sahur, konsumsi nasi secukupnya, karena nasi juga termasuk makanan dalam karbohidrat kompleks. Dengan begitu, perlu waktu untuk diproses sehingga tubuh akan menyimpan tenaga untuk beraktifitas seharian penuh.

Tidak perlu mengkonsumsi makanan terlalu banyak saat sahur, karena hal tersebut hanya akan membuat tubuh menjadi lemas dan ngantuk.

Kedua, makanan berserat bisa menjadi pilihan yang baik. Untuk berbuka atau sahur, makanan kaya akan serat sangat membantu mempertahankan energi tubuh. Kenapa? Karena, selain merupakan sumber energi yang baik, kurma juga kaya akan potassium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf agar bekerja dengan baik.

Salah satu makanan yang mengandung serat baik adalah oatmeal. Sayangnya, rasa yang hambar membuatnya jarang dipilih. Padahal kita bisa mengolahnya menjadi makanan yang menarik. Misalkan saja, olah oatmeal dengan sari buah apel untuk cita rasa manis, atau olah oatmeal dengan kuah sayur sup untuk cita rasa gurih. Tinggal tambahkan toping sesuai selera dan jadilah makanan kaya serat yang mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Ketiga, jangan lupakan protein. Salah satu makanan yang mengandung protein tinggi adalah telur. Sebuah studi yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles menemukan, orang-orang yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi telur saat sarapan, cenderung bisa menahan lapar.

Yap, protein pada telur memang terbukti dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Namun jika Anda beranggapan telur dapat memicu kolesterol dalam tubuh, dianjurkan untuk menyantap putih telurnya saja.

Sahur adalah waktu yang tepat untuk menyantap makanan olahan telur, namun jika menyantapnya saat berbuka, juga berguna untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa.

Keempat, cemilan sehat. Berbuka memang dianjurkan dengan makanan manis. Namun bukan makanan super manis dengan kadar gula tinggi, dan salah satu makanan manis yang baik untuk tubuh adalah dark chocolate.

Jika mengonsumsinya saat berbuka sebanyak 100 gram, akan memberikan 170 kalori pada tubuh Anda. Dan dengan mengonsumsinya akan menahan Anda untuk mengkonsumsi makanan manis, asin dan berlemak berlebih.

Dan jika memakannya setelah sahur dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Penelitian yang dilakukan University of Copenhagen menyatakan, dengan mengkonsumsi dark chocolate bisa menahan rasa lapar.

Kelima, pilih buah daripada makanan berlemak dan pedas. Goreng-gorengan terasa sangat menggoda sebagai hidangan berbuka puasa. Apalagi ditambah saus pedas atau sambal sebagai pelengkapnya.

Namun makanan berlemak seperti itu hanya akan membuat tenggorokan rawan terkena radang dan dapat mengakibatkan tubuh penuh timbunan lemak.

Selain itu makanan pedas juga dapat merusak dinding lambung dan pencernaan akan terganggu seperti mulas atau sembelit. Sebagai gantinya, cobalah konsumsi buah-buahan agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama puasa. « [teks @nandiyanti | foto shutterstock.com]

Also read:
Cerita Ramadhan Nycta Gina
Resep Martabak Telur

SHARE