Idang Rasjidi Lantunkan Takbir Mendadak

0
86
ramadhan jazz festival

Perform tanpa latihan terlebih dulu

Idang RasjidiRamadhan Jazz Festival [RJF] baru saja berlalu. Gelaran musik jazz yang telah berjalan empat tahun belakangan ini kerap diadakan setiap bulan Ramdhan. Jejeran nama besar menghiasi daftar performance yang main di acara selama dua hari itu.

Salah satunya, RJF mengundang Idang Rasjidi, musisi jazz senior yang handal bermain piano. Ini bukan kali pertama musisi senior ini tampil di acara Jazz Ramadhan.

Bersama keempat personel lainnya, Shaku Rasjidi [drums], Agam Hamzah [guitar], Samuel Song [bass], Sastrani Titaranti [vocal] dan Da’ood Debu [percussion], Idang asyik menghibur para penonton yang hadir di pelataran Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta.

Lewat pagelaran panggung jazz ini bisa sedikit mengademkan suasana yang kemarin memanas akibat suasana Pilpres 2014. Ia pun menambahkan kalau aksi saling klaim kemenangan oleh masing-masing kandidat adalah sesuatu yang norak.

“Setelah kemarin emosi-emosian, ini saatnya kita memandang ke langit atas. Coba kalian perhatikan,” ucapnya teduh.

Lelaki paruh baya ini kemudian mengajak para penonton untuk menebak tuts apa yang dimainkan olehnya. “Ini nada yang biasa dimainkan ketika bulan Ramadhan seperti ini,” kata Idang coba memberi petunjuk. Para penonton pun menjawabnya dengan kumandang takbir secara serentak. Tanpa disadari para penonton menjadi hanyut dalam lantunan doa masing-masing.

“Ini kami main tanpa latihan, tapi saya ingin sekali memainkan ‘Takbir’ sekarang,” ungkap Idang, “lagipula, siapa tahu apa yang terjadi dalam musik jazz?”

Selain mengumandangkan “Takbir”, Idang juga membawakan tiga lagu lainnya, “Di Bawah Sinar Bulan Purnama”, “Bridges”, “Belum Telat”, dan “Belajar Memaafkan”. « [teks dan foto: @HaabibOnta]

SHARE