NgaBUKUrit Bersama Taman Bacaan Anak Lebah

0
187
PAUD Amanah-TBAL (3)
PAUD Amanah-TBAL (3)

Ikutan NgaBUKUrit untu anak-anak Indonesia Timur

PAUD Amanah-TBAL (3)

Misinya membangun kebiasaan membaca buku anak-anak sejak usia dini. Namanya Taman Bacaan Anak Lebah [TBAL], sebuah inisiatif non-politis dan non profit yang didirikan oleh ibu dua anak, Vera Makki, yang peduli pada minat baca pada anak.

Seiring perjalanannya, TBAL memiliki visi untuk menjadi mitra utama dalam mengembangkan taman bacaan di pelosok Indonesia bagian Timur.

TBAL, lewat berbagai media, salah satunya lewat akun twitter @lebahbooks mengajak orang-orang untuk berdonasi dalam bentuk buku-buku cerita anak atau dana tunai yang nantinya akan dibelikan buku-buku cerita anak.

Buku-buku tersebut akan melengkapi kebutuhan-kebutuhan tiap TBAL di pelosok Indonesia Timur. Saat ini sudah ada sekitar 18 titik, seperti di Lombok, Wakatobi, Pulau Seram, Pulau Saumlaki, Ambon, dan Saparua.

Mengingat perputaran ekonomi, bisnis, termasuk pendistribusian buku selama ini selalu berfokus di pulau Jawa dan sekitarnya, wilayah Indonesia Timur seringkali menjadi prioritas kesekian.

Mahalnya transportasi dan logistik ke wilayah inilah yang menyebabkan keengganan berbagai pihak untuk melaksanakan community development yang berkesinambungan di wilayah ini.

Namun, TBAL berusaha untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan rutin mengirimkan buku bacaan anak. Dengan begitu, diharapkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik dari anak-anak bangsa di bagian Timur Indonesia.

Di bulan Ramadhan ini, TBAL mengajak Anda untuk berbagi dengan anak-anak yang tinggal di Indonesia bagian timur lewat program NgaBUKUrit. Yap, ngabuburit merupakan gabungan dari kata ngabuburit dan buku. Nggak ada salahnya ‘kan jika sambil ngabuburit, kita menyumbangkan buku untuk anak-anak berusia satu sampai 15 tahun.

Caranya? Bagi yang ingin menyumbangkan buku cerita anak layak baca, bisa dikirimkna ke Drop Box Taman Bacaan Anak Lebah yang beralamat di Jalan Maleo 1, Blok JA 1/3, Bintaro, Sektor 9, Tangerang. Atau, Anda bisa mendonasikan dana lewat TBAL. Untuk info lebih lengkap, bisa langsung lihat info lengkapnya pada laman tamanbacaananaklebah.com.

Sebelum pengiriman, semua buku donasi disortir, untuk memastikan tidak ada kata-kata atau ilustrasi yang kurang baik untuk anak-anak. TBAL tidak semata-mata mengejar kuantitas, namun yang terpenting kualitas dalam berbagi.

MMF_2998

Lewat kegiatan semacam ini, TBAL berusaha untuk merangkul berbagai macam pihak untuk lebih peduli pada tingkat minat baca anak-anak di Indonesia. Karena minat baca anak Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan negara lain di Asia.

Sebagai referensi pengetahuan, bahwa anak yang gemar membaca terbiasa memiliki pola pikir yang sistematis karena buku terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Anak yang gemar membaca akan terbantukan dalam melontarkan ide dan pikiran secara runut.

Satu keahlian yang dibutuhkan anak-anak di masa depan, utamanya dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat di industri mana pun mereka akan terjun nantinya. Jadi, mari kita ciptakan gerakan untuk membuat perubahan yang lebih baik lagi untuk anak bangsa lewat donasi buku tersebut. « [teks @nandiyanti | foto TBAL]

SHARE