Gerakan Tanpa Bola Joachim Löw

0
303

Mantan penyerang yang melatih juara

low 7
siapa juara Piala Dunia 2014?

Kemeriahan pesta sepakbola dunia dalam ajang Piala Dunia 2014 yang diadakan di Brasil resmi berakhir pada hari Senin [14/07] dini hari lalu. Jerman berhasil menekuk Argentina dengan skor 1-0.

Kali terakhir Jerman mengangkat trofi Piala Dunia ialah pada tahun 1990. Dan setelah 24 tahun berlalu, Der Panzer berhasil mengobati dahaga juara mereka. Selama penantian panjang itu pula, akhirnya Jerman berhasil menyamai Italia dengan empat gelar juara Piala Dunia.

Kemenangan tim Der Panzer tak terlepas dari sosok pelatih mereka, Joachim Löw yang sudah 10 tahun bersama Jerman.

Diketahui sebelumnya, pada tahun 2004-2006, ia menjabat sebagai asisten pelatih Jerman. Kemudian pada tahun 2006 ia menggantikan Juergen Klinsmann yang mengundurkan diri setelah kekalahan Jerman pada Piala Dunia 2006.

Joachim dianggap sebagai sosok yang mampu membangkitkan keterpurukan Jerman pada masa itu.

low 4Pria kelahiran Schönau, Jerman Barat, 54 tahun lalu ini, ternyata adalah seorang mantan pesepakbola Jerman pada posisi gelandang serang di era 1980-an. Saat menjadi pemain, Joachim pernah memperkuat beberapa klub Bundesliga, yakni SC Freiburg, VfB Stuttgart, Eintracht Frankfurt, Karlsruher SC, FC Schaffhausen, FC Winterthur, FC Frauenfeld.

Namun ternyata, ia tak pernah bergabung sekalipun dengan tim nasional Jerman selama masa kariernya sebagai pemain.

Awal kesuksesan kariernya sebagai coach dimulai dari melatih pemain-pemain biasa di Swiss FC Winterthur dan FC Frauenfeld. Tak lama kemudian ia kembali ke VfB Stuttgart sebagai asisten Rolf Fringer sebelum menjadi pengurus dan kemudian manajer tim.

Pada tahun 2004, Jüergen Klinsmann membawanya ke Jerman sebagai asistennya untuk menyediakan pelatihan keahlian. Prestasi duo ini menghantarkan Jerman ke tempat ketiga di Piala Konfederasi 2005 setelah kalah dari Brasil di semifinal dan kemudian mengulangi prestasi di Piala Dunia 2006, Jerman menjadi juara ketiga.

Selama menjadi pelatih kepala timnas Jerman, Joachim Low telah membukukan hasil 76 kali menang, 20 kali seri, dan 15 kali kalah. Dengan kemenangan Jerman di Piala Dunia kemarin, Joachim berhasil menyamai prestasi pelatih Sepp Herberger, Helmut Shon, dan Franz Beckenbauer, mengantarkan timnas Jerman menjadi juara Piala Dunia. « [teks @ninakpw | foto dari berbagai sumber]

Also read:
Gaya Rambut seperti Mario Gotze
Justin Bieber Terdakwa Tindakan Kriminal

Sophia Muller

SHARE