Honda Jazz Generasi Ketiga

0
194

Tampilan dalam, luar, hingga mesin baru di generasi ketiga

Jazz2014

Pada tahun 2001, untuk pertama kali Honda Motor memperkenalkan Honda Jazz sebagai sebuah mode kendaraan yang benar-benar baru, yang diarahkan untuk mengisi kekosongan di kelas sub-compact hatchback.

Setelah 4 tahun berlalu dari pertama kali di luncurkan, baru pada 2004, kendaraan ini masuk Indonesia. Negara kita ini termasuk dalam pasar yang cukup diperhitungkan untuk mengenalkan produk terbaru Honda kala itu. Tak hanya itu saja, ini juga menjadi pemicu bagi produsen otomotif lainnya untuk mengeluarkan produk sejenis.

Melihat potensi pasar yang cukup baik untuk menerima mobil yang di luar Indonesia dikenal dengan nama Honda Fit Jazz ini pun mengalami perubahan cukup signifikan pada tahun 2007, dan ini menjadi generasi kedua dari Honda Jazz.

Desain awal bagian eksterior yang cenderung membulat, diubah menjadi semakin sporti dan dinamis. Walaupun berubah, namun saat melihatnya di jalanan konsumen masih dapat mengenali mobil yang juga sering digunakan sebagai obyek modifikasi oleh anak muda ibu kota.

Setelah 7 tahun berlalu, pada tahun 2014, tepatnya pada 26 Juni lalu, Honda Prospect Motor [HPM] selaku pemilik dagang merek Honda di Indonesia memperkenalan generasi ketiga atau varian terbaru dari mobil yang jumlahnya mencapai 228.554 unit di seluruh tanah air ini.

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor, mengungkapkan bahwa pengembangan generasi ketiga Honda Jazz didasarkan pada reputasi baik dan seluruh ciri khas dari generasi sebelumnya, Hasilnya adalah paket lengkap dari desain baru yang atraktif, fitur canggih, dan tenaga besar dengan kesenangan berkendara namun tetap nyaman dikendarai.

Lalu bagaimana tampilan terbarunya? Dari data-data yang dikirimkan oleh pihak HPM ke meja redaksi Ghiboo, terlihat jelas perubahan di berbagai bagian dari dalam hingga luar.

Tampilan luarnya diklaim sebagai Konsep desain “Crossfade Monoform Exterior”. Yaitu  sebuah desain dinamis yang mewarisi karakteristik Honda Jazz dari generasi sebelumnya dengan menggabungkan kesan sporty dan kabin yang dinamis dengan bagian bawah yang besar, melebar dan stabil.

Desain baru ini juga didukung dengan perubahan pada lampu depan dan belakang, bumper, serta velg model baru.

Jazz2014-2

Masuk ke dalam, kabin terasa luas dan cukup nyaman. Kursi belakang dapat dilipat hingga membantu saat harus membawa barang lebih banyak. Paket audio dengan layar 6,1 inch dengan berbagai fitur seperti DVD, CD, MP3, WMA, dan melalui USB serta dapat juga terhubung dengan aplikasi iPhone 4 dan 4s melalui kabel opsional menjadi teman saat melibas kemacetan di jalan.

All New Honda Jazz 2014 ini menggunakan mesin 1,5L SOHC i-VTEC 4 silinder yang dipadukan dengan dua pilihan sistem trasnmisi yakni CVT Earth Dreams Technology atau transmisi manual 5 percepatan dengan pengembangan terbaru.

Tak tanggung-tanggung Honda memberikan 7 pilihan warna di produk barunya ini, yakni Attract Yellow Pearl, Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Alabaster Silver Metallic, White Orchid Pearl, dan Modern Steel« [teks @boyMALI | foto Dok.HPM]

SHARE