Jurus Hindari Dehidrasi Saat Puasa

0
295
Jurus hindari dehidrasi
Ilustrasi dehidrasi

Caranya mudah dan murah

Jurus hindari dehidrasi
Ilustrasi dehidrasi

Baru lewat separuh jalan, tenggorokan sudah terasa tandus. Haus terasa menekan. Padahal di Ramadhan ini sudah berniat tak boleh ada puasa yang terlewat.

Jika dibiarkan begitu saja, dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Menurut Dr Ben Wedro dari Gundersen Clinic di La Crosse, Wisconsin, Amerika, dalam artikelnya di MedicineNet.com, dehidrasi dapat menyebabkan  mulut kering, kram otot, pusing, muntah, jantung berdebar, lunglai, dan lesu. Gejala-gejala itu bisa membuat ibadah puasa yang dilakukan jadi terganggu, dan beraktivitas jadi tak seru .

Bila Anda pernah merasakan hal itu, maka perhatikan jurus berikut ini, jurus hindari dehidrasi saat puasa dari Aqua, supaya tetap produktif dan aktif:

2+4+2 [2 gelas saat berbuka] + [4 gelasa saat malam] + [2 gelas saat sahur]

  • Saat berbuka: Awali berbuka dengan 1 gelas air putih. Setelah menyantap hidangan berbuka, kembali minum air putih 1 gelas.
  • Saat malam: Minumlah 4 gelas saat malam hingga menjelang tidur. Pembagiannya bisa dilakukan dengan minum 1 gelas air putih sebelum makan malam, 2 gelas sehabis makan, dan 1 gelas lagi menjelang tidur.
  • Saat sahur: Jangan lupa untuk menyertakan kembali 2 gelas air putih di kala sahur.

Supaya jurus 2+4+2 semakin berkhasiat, Anda perlu juga memperhatikan hal ini:

  • Minimalkan konsumsi kopi, teh, dan minuman bersoda. Karena jenis-jenis minuman tersebut meningkatkan pengeluaran kemih serta mengundang rasa haus.
  • Perbanyak konsumsi buah saat berbuka dan sayuran berkuah saat makan malam dan sahur.
  • Hindari bekerja dan berolahraga di bawah terik matahari, serta kurangi olahraga berat yang menguras keringat. Jika terpaksa, tambahlah konsumsi air minum 2-3 gelas di malam hari saat diperkenankan minum.

Yang juga perlu diketahui adalah, cara mendeteksi tubuh Anda cukup cairan atau tidak. Teknik ini sederhana yaitu teknik PURI [Periksa Urin Sendiri], membandingkan urin Anda dengan tabel warna PURI. Perlu diingat, warna urin juga dipengaruhi dari makanan, program diet, dan obat-obatan yang dikonsumsi.

Jurus Dehidrasi
Tabel PURI

Tip tambahan: Jika Anda mengalami dehidrasi, bukan berarti Anda bisa meminum sebanyak-banyaknya. Minum dalam jumlah banyak secara sekaligus dapat menyebabkan pengenceran darah dan menyebabkan kondisi hiponatremia, yaitu kadar natrium dalam darah turun dari normal sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan, [seperti dilansir dari ‘Air Bagi Kesehatan’ edisi kedua tahun 2012, Tim Penyusun: DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG [K], Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A [K]].

Sekarang sudah tahu ‘kan bagaimana cara menghindari pusing, lesu dan lemah karena dehidrasi? Selamat berpuasa. Semoga puasa Anda lancar dan beroleh ridha-Nya. « [teks @bartno | foto berbagai sumber]

SHARE