Aurelia Devi di Antara Dua Seni

0
374
aurelia devi
aurelia devi

Aurelia Devi dihadapkan antara menyanyi dan akting

aurelia deviSemenjak keluar dari girlband Cherrybelle pada 2012, kiprah Aurelia Devi Noviaty, atau akrab dikenal dengan nama Devi, semakin berkibar di ranah hiburan.

Setelah sukses dengan dua single berjudul “In Love With You” dan “Thanks For Loving Me”, kini ia kembali mengeluarkan single yang berjudul “Merpati Terbang Tinggi”.

Lagu pop bernuansa ceria tersebut berkisah tentang seorang gadis yang merasa bebas layaknya merpati setelah tak lagi bersama kekasihnya yang terlalu posesif.

Saat ditemui di lounge Ghiboo, penampilan gadis kelahiran Bandar Lampung itu terlihat ceria dan segar. Mengenakan kaos berlengan panjang warna pink muda, dengan rambut highlight pirang yang dibiarkan terurai, siapa yang menyangka bahwa penyanyi yang mengidolakan Taylor Swift ini telah berusia 27 tahun. Nada bicaranya riang, membuatnya makin terlihat bak remaja.

Penasaran dengan kabar terbaru Aurelia Devi? Mari simak obrolan kami dengan biduan bertubuh mungil ini.

hai Devi, sekarang sedang sibuk apa?
Aku lagi sibuk promo single ketiga yang berjudul “Merpati Terbang Tinggi” itu, di radio-radio [ia baru promo di Iradio FM]. Waktu baru rilis, aku mempromosikan single itu di radio-radio Bandung. Sekarang, giliran mempromosikannya di radio-radio Jakarta.

kapan sih, single itu mulai diliris di pasaran?
Sejak dua bulan yang lalu.

selain sibuk untuk promo single ketiga, ada kesibukan lain atau tidak?
Oh ya, aku juga sedang dalam proses syuting FTV untuk lebaran. Judulnya Lebaran Express. FTV ini adalah sekuel dari FTV sebelumnya, yang berjudul Imlek Express. Jadi ini merupakan FTV yang dibuat khusus untuk hari raya..

kalau disuruh memilih, Devi lebih memilih syuting atau menyanyi?
Hmm, apa yaaa [berpikir sejenak]. Sebenarnya aku merasa senang kok melakukan kedua hal tersebut. Ketika aku merasa bosan menyanyi, aku merasa ingin sekali syuting, terlebih setelah melihat film atau FTV. Begitu pula sebaliknya.

Aku dulu ‘kan pernah stripping sinetron, dan pada saat itu, aku bener-bener kangen bernyanyi. Jadi aku suka melakukan keduanya, karena bisa membuat hidupku seimbang.

devi ‘kan, sudah mengeluarkan tiga buah single. apakah untuk selanjutnya ada rencana untuk membuat album?
Rencananya sih, setelah lebaran aku mau bikin mini-album. Aku sudah mempersiapkan beberapa lagu, dan nanti, tinggal aku pilih saja, mana yang akan aku masukkan ke dalam mini album itu.

di dalam proyek mini-album, ada kolaborasi dengan musisi lain?
belum, tetapi untuk ke depan, sepertinya akan ada rencana kolaborasi [dengan musisi lain]

apakah ketika lebaran Devi masih akan disibukkan dengan kegiatan menyanyi/promo?
Nggak doong, libuur [ia berkata seraya tertawa gembira]. Soalnya [orang-orang] di manajemen kan pada pulang kampung, jadi aku ikutan libur…..

ketika libur lebaran, apakah ada rencana berlibur ke suatu tempat?
Waktu libur lebaran nanti, ada rencana jalan-jalan bersama keluarga. Tetapi paling nggak jauh-jauh, di Bandung, atau Bogor, pokoknya yang bisa ditempuh dengan jalur darat. Soalnya, kalau mau berlibur ke tempat yang jauh, ‘kan harus dipikirkan sejak jauh-jauh hari, agar bisa memesan tiket pesawat atau penginapan.

sekarang ‘kan Devi bersolo karier. lebih nyaman mana, bersolo karier atau menyanyi dalam girlband?
Untuk saat ini, karena aku terbiasa sendiri, jadi aku cenderung lebih nyaman sendirian. Sebenarnya, ada plus-minus antara keduanya. Waktu menyanyi ramai-ramai [girlband] dulu, ‘kan kalau aku ada urusan, atau badan nggak fit, masih bisa di-back-up [digantikan] oleh anggota yang lain.

Kalau sekarang, tanggung jawabnya lebih besar, karena sendirian. Tetapi sisi positifnya, aku bisa menentukan jadwal sendiri, dan mengembangkan potensi yang ada di dalam diriku.

aurelia devi[setelah keluar dari Cherrybelle, Devi sebenarnya memiliki rencana untuk berkolaborasi dengan Wenda, personel lain yang juga keluar dair Cherrybelle. Namun karena Wenda lebih berfokus pada dunia presenter, Devi memutuskan untuk bersolo karier]

sejak kapan sih, Devi mulai bernyanyi?
Aku mulai menyanyi sejak SMP. Tetapi pada saat itu, aku menyanyi hanya sekadar hobi dan iseng-iseng saja, seperti ikut kegiatan kesenian di sekolah misalnya. Baru aku mulai fokus bernyanyi saat SMA. Waktu itu aku mulai latihan vokal, mengikuti festival-festival menyanyi, menjadi wedding singer, dan juga vokalis band.

Jadi, passion-ku memang dalam dunia musik [menjadi penyanyi]. Memang, terkadang ada rasa lelah, ingin liburan dan hibernasi. Namun ya karena menyanyi memang sebuah kesenangan untuk aku, jadi rasa lelahnya ya hanya sekadar di badan saja, nggak pernah lelah pikiran.

ada keinginan untuk mencoba genre bermusik lain?
Aku memang suka dengan beberapa jenis musik. Namun mengapa aku memilih pop, karena karakter vokal aku memang cenderung ke jenis pop. Bisa saja suatu saat aku mencoba genre lain yang berbeda, hanya saja, sekarang belum terpikir sampai ke situ.

untuk lagu-lagu yang Devi nyanyikan, baik single maupun mini-album tersebut, Devi menciptakan sendiri, atau bekerjasama dengan pencipta lagu?
Kalau untuk musik dan lagu, aku memang bekerja sama dengan pencipta lagu. Tetapi sekarang aku memang sedang belajar menciptakan lagu sendiri. Sudah ada lagu yang liriknya aku ciptakan sendiri, tetapi barangkali aku belum terlalu percaya diri untuk mempublikasikannya. Seiring waktu, setelah banyak belajar, mungkin aku akan mulai menyanyikan lagu ciptaanku sendiri.

musisi favorit Devi, siapa sih?
Taylor Swift! Dulu memang dia spesialis lagu country, tetapi sekarang kan lagu-lagunya sudah mulai ada nuansa pop-nya [pop country]. Aku suka banget dengan album Red-nya! [bertutur dengan semangat].

Tapi untuk band, aku malah suka sama Coldplay. Bertolak belakang banget ya? Hehehe. Tapi aku suka banget dengan band itu, karena lagu-lagu mereka sederhana, tetapi ngena.

untuk musisi Indonesia, ada yang Devi kagumi?
Sejak SMP, aku mengidolakan Agnes Monica. Dia ‘kan sudah berkarier sejak kecil, tetapi masih bisa bertahan [di dunia hiburan] hingga saat ini. Motivasi dia untuk maju itu tinggi banget, jadi aku kagum banget sama dia. Kalau aku dikasih kesempatan, pengen banget duet sama Agnes!¬ę [teks @intankirana | foto @bagusdimsum]

SHARE