Belanja Mempersiapkan Hari Raya Lebaran

0
445
Ilustrasi Belanja
Ilustrasi Belanja

Perhatikan tips berikut sebelum belanja jelang Lebaran

Ilustrasi BelanjaBulan Ramadhan akan segera memasuki minggu ketiga. Biasanya, banyak orang sudah disibukkan dengan kegiatan belanja menjelang Hari Raya Lebaran.

Kue-kue untuk tamu yang datang, parsel untuk rekan bisnis, baju baru untuk keluarga besar, dan oleh-oleh untuk yang menjalani rutinitas mudik.

Dengan keperluan sebanyak itu, lalu bagaimana cara yang tepat untuk menyiasati keuangan Anda? Bagi yang sudah menikah, tentu saja bisa menanggung keperluan ini bersama pasangan, namun bagaimana jika belum berkeluarga?

Bagi yang sudah bekerja, pastinya Anda terbantu dengan adanya Tunjangan Hari Raya [THR] yang diberikan kantor tempat Anda bekerja.

Apakah cukup? Mungkin uang tersebut terlihat cukup. Tapi jika berbelanja tanpa taktik, pastinya Anda akan ‘kecolongan’ juga. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba sebelum berbelanja keperluan Hari Raya Lebaran.

K1Buat anggaran
Pastikan jumlah uang yang akan Anda gunakan. Jangan sampai, nantinya memakan uang untuk keperluan lain. Ingatlah bahwa keperluan di hari raya lainnya masih menanti untuk dilunasi, misalkan saja biaya perjalanan mudik dan uang salam tempel untuk sanak saudara yang sudah menjadi rutinitas di sebagian besar masyarakat Indonesia.

K2Bikin prioritas
Setelah menentukan jumlah anggaran, buatlah data barang-barang yang akan Anda beli. Lalu kembali perhatikan, mana barang-barang yang paling Anda butuhkan. Bagi-bagi besaran anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga Anda.

K3Ingat prinsip butuh
Kebanyakan perempuan gampang sekali tergoda dengan diskon besar-besaran jelang hari raya. Ujung-ujungnya, mereka pulang membawa belanjaan yang sebenarnya tidak dibutuhkan untuk hari raya.

Coba hindari ini. Ingat bahwa keperluan Anda berbelanja untuk hari raya. Sehingga tidak akan mengeluarkan uang yang tak direncanakan sebelumnya.

K4Gunakan waktu dengan baik
Jika Anda telah mendapatkan barang-barang yang Anda inginkan, segeralah pulang ke rumah. Karena semakin banyak waktu yang Anda gunakan untuk berputar-putar di dalam pusat perbelanjaan, semakin besar juga kemungkinan Anda tergiur untuk berbelanja barang-barang lain yang tidak diperlukan.

K5Bijak menggunakan uang
Setelah berbelanjan, pastikan Anda kembali mulai menyisihkan penghasilan. Sisihkan beberapa persen untuk keperluan hari raya tahun depan. Manfaatnya Anda dapat rasakan setelah uang tersebut terkumpul. Sehingga, untuk berbelanja jelang hari raya, Anda tak perlu bergantung pada THR yang diberikan tempat Anda bekerja. Selamat berbelanja! « [teks @nandiyanti | foto shutterstock.com ]

SHARE