Respon Tragedi MH17

0
157
Tragedi MH17
Malaysian Airlines

Pesawat komersial milik Malaysia jatuh di Ukraina

Tragedi MH17
Malaysian Airlines

Dunia penerbangan kembali berduka. Pesawat komersial Malaysia Boeing 777 berkode MH17 ditembak jatuh di area Donetsk Ukraina, Kamis [17/07]. Tak ada satu pun korban yang selamat dari 295 orang yang ada dalam tragedi MH17 ini.

Siapa yang menembak, hingga tulisan ini diturunkan, masih belum diketahui. Tapi yang pasti, wilayah tersebut adalah area bersitegang antara kelompok pro-Rusia dan pro-Ukraina.

Karena itu, keputusan dibuat cepat oleh beberapa maskapai penerbangan lainnya yang melewati jalur tersebut, untuk mengubah rute penerbangannya.

Tercatat beberapa negara secara lebih tegas menginstruksikan pesawat komersilnya untuk tidak melewati area konflik itu, seperti Amerika, Rusia, dan negara-negara Eropa.

Sebelumnya, peringatan telah dikeluarkan The U.S. Federal Aviation Administration pada 23 April lalu. Maklumat itu berisi arahan agar pesawat terbang menghindari langit Crimea, the Black Sea, dan Sea of Azov, yang merupakan wilayah Ukraina yang sedang dilanda konflik.

Namun sayangnya, beberapa maskapai penerbangan mengabaikan hal itu. Alasannya, dengan menghindari jalur Ukraina, berarti jalur yang lebih panjang dan bahan bakar yang lebih banyak, begitu yang diucapkan pakar keamanan penerbangan Norman Shanks yang pernah bertugas sebagai kepala keamanan di British Airport Authority, seperti dilansir dari HuffPost UK.

Walau bagaimanapun, tragedi ini adalah sebuah kejahatan berat. Para pemimpin negara-negara dunia menyerukan untuk segera dilakukan penyelidikan internasional.

Ghiboo turut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah ini. Terlebih, ada 12 saudara kita, Warga Negara Indonesia, yang turut dalam musibah itu. Dan berikut nama-nama saudara kita seperti dilansir di sejumlah media:

1. Hadiono Gunawan
2. Yodricunda Theistiasih
3. Ketut Wiartini
4. Yuli Hastini
5. Vickline Kurniati Kardia
6. Supartini
7. Hendry
8. Gerda Leliana Lahenda
9. Werther Smallengburg
10. Jane M Hadi Soetjipto
11. Wayan Sujana
12. Clarice Yelena Huizen

« [teks @bartno/dari berbagai sumber | foto wonderfulengineering.com]

FriSex

SHARE