Buku Ramadhan Whulandary Herman

0
191
Buku Ramadhan
Whulandary Herman

Catatan harian kegiatan puasa Whulandary Herman

Buku Ramadhan
cantikan mana: aku atau dia?

Masih ingat dengan tugas yang diberikan guru sekolah Anda saat bulan puasa tiba? Itu lho, sebuah buku agenda Ramadhan yang harus diisi setiap harinya. Salah satu tugas di buku itu adalah mendengarkan ceramah singkat atau kultum [kuliah tujuh menit] dan kemudian mencatat ringkasannya. Ingat ‘kan?

Nah, momen itu ternyata menjadi peristiwa yang paling membekas di benak Putri Indonesia 2013, Whulandary Herman.

“Dulu waktu kita kecil, ‘kan suka dikasih buku dari sekolah untuk mencatat ceramah saat Ramadhan. Lucunya, aku itu jarang bikin sendiri, lebih sering pinjem kakakku karena kami seumuran semua,” senyumnya, saat menjawab pertanyaan mengenai momen paling berkesan saat Ramadhan.

Mengenai menu iftar, favoritnya di bulan puasa saat kecil adalah bubur ketan hitam, dan saat lebaran, Lontong Gulai Pakis buatan ibundanya. Baginya itu yang paling disuka.

Namun sejak menerapkan pola hidup vegetarian lima tahun lalu, Whulan [begitu sapaan akrabnya] lebih picky [pemilih] untuk makanan.

Menu buka puasanya saja kini selalu sayuran dan buah, yang bisa jadi bagi sebagian orang akan membosankan. “Menu aku tuh kalau buka ala kadarnya. Ubi, singkong, sayur-sayuran, paling kalau berat pun, kalau lagi pengin-pengin, kolak. Itu pun santannya aku keluarin. Jadi cuma makan buahnya doang. Jadi menu-menu yang hijau, aku bilangnya.”

Kalau untuk menu sahurnya, tanya kami penasaran. “Aku sahur selalu jus apel dua buah, sama stroberi 20 buah. Seharian itu aja, mau coba nggak Mas?” Whulan balik bertanya. Refleks, saya menggelengkan kepala. G-Readers ada yang mau coba? 🙂

Tapi asyiknya, hidup bergaya vegetarian seperti Whulan ini mendapat support dari ibundanya. Saat Lebaran, ia selalu mendapatkan rendang khusus, rendang kentang buatan ibunda tercinta.

Sekarang, Whulan sedang disibukkan dengan ragam kegiatannya. Salah satunya sebagai ambassador produk-produk berkualitas dari Taiwan yaitu Taiwan Excellence. « [teks & foto @bartno]

Also read:
Cerita Ramadhan Nova Eliza
Atiqah Hasiholan, Wajib Konsumsi Kurma

SHARE