Makanan Pedas Maudy Ayunda

0
948

Maudy Ayunda kangen makanan lokal

Maudy AyundaSebagai orang yang tinggal di Indonesia, kita ternyata lebih beruntung dibanding mereka yang tinggal di Eropa saat Ramadhan tiba. Karena, jika di Indonesia hanya menghabiskan waktu 12 jam dalam sehari untuk berpuasa, di negara-negara Eropa memakan waktu lebih banyak dari Indonesia.

Sebut saja Inggris. Di negara empat musim itu, lama waktu berpuasanya mengikuti musim yang sedang berlangsung. Misalkan saja, ketika Ramadhan jatuh di musim dingin, akan menghabiskan waktu 10 jam berpuasa. Jika Ramadhan jatuh pada musim semi, biasanya, warga muslim Inggris akan menghabiskan waktu sekitar 17 jam dalam sehari untuk berpuasa.

Tahun ini, Ramadhan di Inggris jatuh bertepatan dengan musim panas. Dan warga Muslim di sana harus menghabiskan waktu puasa hingga 19 jam lamanya. Bisa bayangkan bagaimana tanpa minum dan makan selama 19 jam dengan suhu 28 derajat?

Untungnya Maudy Ayunda, penyanyi cantik asal Indonesia yang sedang menjalani study di Oxford University, Inggris, tidak sempat merasakan panjangnya puasa di sana.

”Di sana [Inggris] lagi musim panas. Jadi kalau sampai harus ngerasain puasa di sana itu pasti panjang banget. It’s crazy,” kata Maudy saat ditemui di sela-sela Konser Ramadhan Penuh Syukur, Rabu, 16 Juli 2014.

Maudy memang sedang menghabiskan liburan musim panasnya untuk kembali ke tanah air. Kebetulan, waktunya bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan tahun ini. ”Alhamdulillah-nya langsung pulang,” kata penyanyi yang sudah kembali ke tanah air sejak dua minggu lalu itu.

Pelantun lagu ”Perahu Kertas” ini tak bisa membayangkan apa jadinya jika dia seorang diri harus menjalani puasa di negeri orang. Apalagi, Ramadhan di tahun ini.

Jika Maudy menetap di sana, ia harus sahur sekitar pukul dua pagi, dan baru akan berbuka pada pukul 21.25 waktu setempat. Selain itu, bagi yang ingin menjalankan salat tarawih baru dimulai sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Ikan teri dan ayam pedas
Sekarang Maudy merasa lega karena bisa berpuasa di negara sendiri. Meskipun, ia mengaku sempat tidak puasa di hari pertama karena masih dalam perjalanan pulang ke Indonesia. ”Waktu pulang itu sempat missed hari pertama puasa, karena lagi terbang jadi nggak bisa apa-apa,” kata perempuan yang lahir pada 19 Desember 1994 itu.

Tapi sesampainya di Indonesia, Maudy langsung ikut berpuasa. Sekembalinya ke tanah air, salah satu hal yang paling menyenangkan buat Maudy yaitu kembali menyantap makanan khas Indonesia. Apalagi di momen bulan puasa seperti ini, rasanya bahagia sekali saat ia bisa menyantap makanan kesukaannya.

”Aku suka banget seafood, kalau special occasion aku suka banget makan kepiting atau ikan gitu,” ujarnya. Selain itu, sebagai santapan berbuka puasa, Maudy lebih memilih masakan yang memiliki cita rasa pedas, seperti masakan Padang. ”Suka sambal-sambalan ‘gitu, pokoknya yang spicy,” ujarnya.

Kebetulan, hari itu Maudy menyantap masakan ikan teri dan ayam pedas sebagai hidangan berbuka puasa. Membuatnya senang bukan main. Ia kembali mengingat betapa sulitnya menemukan makanan seperti itu di Inggris. ”Aku tuh orangnya suka banget nasi dan kayak kurang kuat sama makanan western, pasta ‘gitu,” akunya.

Saat di Inggris, untuk mengobati rasa rindu pada makanan Indonesia, ia biasanya mengunjungi restoran khas Jepang, yang masih menyediakan nasi sebagai menu pokoknya. Namun, hal itu belum mengobati kerinduan lidahnya mencicipi masakan berbumbu dan pedas seperti yang ada di Indonesia.

Pemeran Kugy dalam film Perahu Kertas ini juga mengaku suka memasak sendiri saat di Inggris. Hanya menggunakan bumbu dapur seadanya seperti bawang putih, dan mencapurnya dengan daging dan juga sayur-sayuran. Sayangnya, Maudy menyebutkan hasil masakannya belum seenak yang biasa ia santap di Indonesia.

Ujung-ujungnya, tetap saja, pulang ke Indonesia dan menikmati makanan kesukaan dari racikan asli orang Indonesia adalah hal yang ia nantikan. Maudy akan berada di Indonesia selama liburan musim panas, selama tiga bulan ke depan. Selama itu pula, ia akan memanfaatkan waktu untuk menyantap makanan-makanan kesukaannya sebelum kembali ke Inggris. « [teks @nandiyanti | foto @DonT_D4]

Also read:
Mama Ini Lagi Sendiri [MILS]
Indonesia’s Sweethearts

SHARE