Dewa Budjana Gagal Golput

0
248
Dewa Budjana
Dewa Budjana

Harapan Dewa Budjana untuk Indonesia yang plural

Dewa BudjanaSalah satu alasan memilih Golongan Putih [Golput], ialah karena tidak melihat perubahan yang signifikan dari tahun ke tahun. Dari satu kebijakan menuju kebijakan lain. Dan, Dari pemimpin ke pemimpin baru. Seperti hanya berjalan di tempat saja, karena keadaan pun masih tetap sama. Bobrok.

Dewa Budjana, gitaris GIGI ini pun merasakan hal yang sama. Dia berujar jika terakhir kali ikut aktif dalam Pemilu tahun 1997. Setelahnya dia lebih memilih sebagai Golput. Tapi tidak dengan pemilu yang sekarang, karena Budjana ikut memberikan suaranya.

“Awalnya niat saya itu juga Golput tahun ini. Tapi setelah melihat beberapa debat maka saya kemudian memilih satu pasangan,” ungkap pria bermata besar ini saat menjadi performer di Salihara.

Alasan Budjana sederhana, ia ingin Indonesia ke arah yang lebih baik. Pria asal Bali ini menuturkan bahwa Indonesia itu bangsa yang plural sejak jaman dulu. Karena ketika masih berbentuk kerajaan, rumah ibadah itu bisa berdiri secara berdampingan.

“Saya sebagai minoritas, melihatnya dari dulu itu kita sudah plural. Kok sekarang hal itu diributin?” tanyanya.

Budjana mulai resah sejak problem mengenai perbedaan keyakinan merebak hingga memicu kekerasan. “Saya sebagai minoritas, melihat kalau salah satu calon itu didukung partai intoleran. Maka saya tidak mungkin memilihnya,” ujarnya di atas panggung.

Maka itu dia berharap jika calon yang dipilihnya itu bisa membawa perubahan untuk Indonesia di masa mendatang agar tidak lagi ada ribut-ribut mengenai keyakinan lagi. « [teks @HaabibOnta | foto Dok GIGI dan Dewa Budjana

SHARE