Lagu Ridho dan Abdee Slank

0
537
Ridho Slank

Lagu yang Tak Kunjung Dirilis Ridho dan Abdee 

Ridho Hafiedz
Ridho Hafiedz

Di tengah hiruk-pikuk pesta demokrasi yang tengah berlangsung di Indonesia tahun ini, banyak orang yang antusias ikut berpolitis. Bisa dengan cara berkampanye, atau bahkan berdemo.

Tak ketinggalan pula para musisi yang ikut ambil peran, dengan menunjukkan karya yang bernafaskan nasionalisme. Misalnya dua gitaris Slank, Ridho dan Abdee.

Kedua orang ini punya lagu solo masing-masing, lho. Hanya saja, tak pernah mereka rilis dalam bentuk rekaman. Ketika konser 7 Gitaris di Salihara minggu lalu, Ridho dan Abdee menunjukkan kebolehannya masing-masing tanpa Bim-bim, Kaka, dan Ivan.

Dalam konser itu, Ridho membawakan lagu “Indonesia Pusaka” ciptaan Ismail Marzuki yang telah dia aransemen ulang. Lelaki yang berkumis tebal ini membawakan lagu nasional itu hanya menggunakan sebuah gitar.

Ridho yang tampil dengan gaya santai –mengenakan kaos oblong putih, jins, dan sneaker shoes— mengatakan jika aransemen itu telah dibuat sejak tujuh tahun lalu.

“Lagu ini belum sempat gue rilis, karena belum dapat izin dari keluarga Ismail Marzuki. Dan, gue emang belum nemuin mereka untuk minta itu. Karena gue pikir ngurus izin sana-sininya bakal ngerepotin,” ungkap pria berusia 40 tahun. Maka itu, Ridho tak kunjung merilisnya, karena tidak ingin tersandung masalah apapun di kemudian hari.

Nuansa orkestra seperti di lagu aslinya, ia hilangkan. Ridho mengubah lagu nasional itu menjadi lebih ke arah rock dan blues. Jadi lebih sesuai dengan jiwa anak muda. Ajib!

Ridho Hafiedz
Ridho Hafiedz

Dari Abdee untuk SBY
Jika Ridho mengaransemen ulang sebuah lagu, maka lain cerita dengan Abdee. Pria asal Makassar ini menciptakan sebuah lagu untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjudul “Where Are You Mr. President?”

Dibantu empat Jadah Slank, Abdee tampil dalam format band. Dan, dia yang bertindak sebagai vokalisnya.

Lagu “Where Are You Mr. President?” diilhami peristiwa Cicak vs Buaya di gedung KPK. Ketika itu pihak kepolisian coba mengambil alih kasus korupsi yang melibatkan Susno Duadji.

Khalayak umum yang tahu maksud kepolisian itu kemudian mulai mengorganisasi massa lewat Twitter untuk menghalangi niat tersebut.

Nah, Abdee pun menjadi bagian dari peristiwa yang terjadi tahun itu. Dia hadir demi menegakkan independensi KPK agar tidak diintervensi oleh kepolisian. Lagu ciptaanya simpel, hanya mempertanyakan peran Presiden ketika itu.

“Lagu ini gue buat saat dalam perjalanan menuju KPK. Gue heran, masyarakatnya udah turun, tapi presidennya ke mana? Di mana?” ungkap pria yang dimiripkan sosok Ian Antono ini.

Abdee pun menambahkan, jika dia berharap dirinya tidak perlu lagi membawakan lagu ini untuk presiden yang baru nanti. « [teks @HaabibOnta | foto @Tomi_Nala]

 

SHARE