Tentang Pantai, Survei Membuktikan!

0
405
Pantai di Karimunjawa
Karimunjawa

Anda penyuka pantai? Coba cek survei ini!

Pantai di Karimunjawa
Karimunjawa

Siapa sih yang tidak tertarik liburan ke pantai? Sejauh ini pantai masih menjadi favorit pilihan tempat wisata banyak orang. Di pantai, kita dapat bermain ombak, berjemur, bermain bola, membuat istana pasir, atau kegiatan seru lainnya.

Dan tahukah Anda, berdasarkan survei dari 2014 Expedia Flip Flop Report, menunjukkan bahwa turis asal Eropa lebih berani tampil bugil di pantai dibandingkan dengan turis asal negara lainnya. Survei ini melibatkan 11.165 dewasa berusia 18 tahun ke atas dari seluruh dunia.

Hasil surveinya memperlihatkan 49 persen turis asal Austria tak bermasalah tampil topless di pantai, kemudian disusul turis asal Spanyol 41 persen, dan Jerman 39 persen.

Secara keseluruhan 18 persen pria berani tampil bugil sedangkan wanita hanya 6 persen. Namun untuk rata-rata cuma sekitar 12 persen dari keseluruhan turis global yang berani tampil naked. Khusus turis wanita secara global, yang berani topless mencapai 20 persennya.

Bagaimana dengan Asia? Menurut survei ini, wisatawan asal Asia lebih sopan. Cuma 2 persen turis Jepang, 3 persen turis asal Korea, dan 4 persen turis asal Thailand yang pernah berjemur naked.

Survei tersebut juga menunjukkan hasil, bahwa 56 persen wisatawan memilih berlibur ke pantai di tahun lalu, 75 persen responden akan melakukan liburan ke pantai di 12 bulan ke depan, 62 persen akan berlibur di pantai di luar negeri, dan 59 persen ingin ke pantai di luar benuanya.

Para pecinta pantai, 79 persennya menjawab tak perlu alasan khusus untuk ke pantai, ya, hanya pergi saja ke sana, seperti sebuah kebahagian pribadi. Dan 73 persen dari mereka yang pernah ke pantai atau berencana ke sana, mengasosiasikan liburan ke pantai mereka sebagai sebuah keseimbangan dan keputusan yang tepat.

Mengenai persiapannya, jawaban responden adalah 29 persen rela melakukan pekerjaan di akhir pekan selama sebulan untuk satu lagi liburan di daerah pantai, 25 persen responden siap menyisihkan penghasilannya, dan 11 persen responden tak mengapa terkena flu untuk kerja penuh 48 jam demi uang supaya bisa berlibur.

Untuk jenis pantainya, mayoritas responden sebanyak 88 persen lebih memilih pantai yang bagus dan tenang, dan cuma 12 persen yang memilih pantai yang penuh dengan pesta.

Datang dengan siapa ke sana, 51 persen responden menjawab dengan anak, dan 46 persen dengan pasangan. Kalau berdasarkan kegiatan, berjalan-jalan memuncaki kegiatan favorit sebesar 70 persen, kemudian disusul dengan berenang 65 persen, berjemur 53 persen, membaca 53 persen, tidur 48 persen, melihat orang-orang 47 persen, mendengarkan musik 45 persen, minum alkohol 39 persen, mendapatkan pijatan 30 persen dan berpesta 25 persen.

Sedangkan kalau berdasarkan negara asal, Austria menduduki posisi tertinggi sebagai turis yang memprioritaskan tidur di pantai sebanyak 69 persen. Irlandia lebih mengutamakan kuliner dengan persentasi sebanyak 53. Sementara itu Brasil 56 persen dan Italia 54 persen, sebagai turis yang lebih suka mengakrabkan diri dengan teman, pasangan atau kolega.

Mengenai busana, gaya speedo menjadi pilihan utama para pecinta pantai. Brasil mendukung gaya ini dengan 95 persen, Austria 94 persen, Jerman 91 persen, dan Spanyol 91 persen. Anehnya, cukup banyak responden yang tidak mau difoto saat liburan, yakni sebesar 31 persen dengan alasan tidak mau membuat teman-temanya iri. Sementara kebalikannya dengan maksud memberikan inspirasi, 18 persen responden rela men-share foto-foto liburannya.

Masalah keamanan juga menjadi pertanyaan survei ini. Hiu yang dijadikan temanya. Dan responden yang cemas dengan adanya hiu mencapai 44 persen, rinciannya 84 persen responden dari Brasil, dan 70 persen responden dari Hong Kong dan Malaysia.

Survei ini menutup datanya dengan mengungkapkan bahwa 50 persen responden takut bila berenang dengan mengetahui hiu ada di pantainya. Tetapi, 35 persen dari grup itu akhirnya berenang juga.«[teks & foto @bartno]

SHARE