Takbiran Sambut Lebaran

0
331
Lebaran
Pawai obor

Tradisi takbiran di negeri dengan Muslim terbanyak

Lebaran
pawai obor

Bulan Suci sudah mau pergi, berharap bisa ketemu lagi. Lewat lantunan puja dan puji, umat Muslim melepas Ramadhan ini.

Berarak-arak di malam Idul Fitri, dari gerobak sampai mobil bak. Taluh-menaluh beduk sampai pagi, sambil menyebut nama Ilahi Robbi.

Budaya takbiran membawa makna sakral umat Muslim Indonesia, dari ibukota hingga desa-desa, selepas Isya’ bersiap keliling kota, mengucap kata-kata pujian kepada Allah Ta’ala.

Hampir di setiap sudut negara dengan umat Muslim terbesar dunia ini, suara takbir berkumandang terus menerus, dan Anda sebagai peserta atau pun penatap akan merasa takjub dengan semangat dan kreativitas para penggaung takbir ini.

Di Kotamobagu, Manado akan ada pawai obor malam takbiran yang sudah menjadi ritual tahunan kota. Walikota dan wakilnya akan melepas pawai obor keliling Kotamobagu.

Hal senada juga terjadi di Indragiri Hulu, Riau. Berdasarkan hasil rapat yang dipimpin Bupati, pemerintahan setempat sepakat mengisi malam takbiran dengan lomba pawai obor yang diikuti antar-Satuan Kerja Perangkat Daerah, masjid, mushala, dan sekolah.

Selain itu pemerintah setempat juga akan membuat obor raksasa setinggi 3 meter dan berdiameter 120 sentimeter. Rute pawai obor ini dimulai dari Gedung Sejuta Sungkai Rengat dan berakhir di Plaza Rengat.

Sementara di Kalimantan Tengah, di kota Sampit akan ada festival bedug yang digelar di kawasan taman kota Sampit. Para peserta akan beradu pukul bedug dan nada dalam takbir.

Untuk yang di Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan juga digelar pawai takbiran yang dimeriahkan dengan miniatur-miniatur simbol Islam. Pawai akan diselenggarakan di tiga tempat, di Mataram berkumpul di lapangan umum Mataram, di Ampenan berkumpul di lapangan Malomba, dan di Cakranegara berkumpul di perempatan Cakranegara.

Dan rencananya presiden negeri ini, Susilo Bambang Yudhoyono akan memukul bedug takbir di Masjid Istiqlal untuk menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1435 H.

Di Jakarta, pawai takbiran juga masih asyik untuk dinikmati, wilayah Bundaran HI, Monas, dan Ancol menjadi area yang sering dijadikan jalur pawai takbir di Jakarta.

Tapi perlu diperhatikan keamanan dan keselamatan dalam pawai ini, jangan ada petasan dan tetap taati peraturan berlalu lintas. Selamat Lebaran! ¬ę [teks @bartno | foto courtesy of ¬†wikipedia]

SHARE