Teman Ketupat Saat Lebaran

0
278

Ketupat tak harus ditemani opor ayam

ketupat lebaran1

Saat gema takbir berkumandang, maka menjadi tanda bahwa hari kemenangan tiba. Setelah satu bulan berpuasa, lebaran bisa menjadi waktu yang tepat untuk kembali memanjakan lidah.

Hari raya Idul Fitri ini memang bukan hanya menjadi waktu yang tepat untuk bersilahturahmi dan berbagi waktu dengan sanak keluarga tetapi juga untuk mencicipi berbagi menu makanan.

Menu ketupat dan opor ayam, tersaji hampir di berbagai rumah yang akan kita datangi. Tak salah memang, rasa opor ayam yang gurih dan dimasak dengan kuah santan serta berbagi campuran bumbu bisa sedikit mengobati kerinduan lidah yang selama sebulan tak banyak menikmati makanan.

G-Viewers mungkin akan terasa bosan jika setiap tahun kita hanya menyajikan menu tersebut. Untuk itu Ghiboo merangkumkan beberapa menu pengganti opor ayam yang tetap bisa dinikmati dengan ketupat.

1. Sayur Labuh Siam
Labuh yang digunakan untuk sayur ini adalah labuh siam yang berukuran kecil dan berwarna hijau bukan labuh yang besar. Labuh umunya dipotong kotak memanjang lalu di masak dengan berbagai bumbu. Jika ingin lebih berisi, Anda bisa mencemplungkan tahu ataupun telur yang sudah direbus ke dalam sayur labuh siam ini.

2. Sayur Nangka
Jika Anda pernah mencicipi gudeg khas Jogjakarta, mungkin Anda bisa membayangkan betapa lezatnya ketika sayur nangka bersanding mesra dengan ketupat saat idul fitri.  Oh ya, jika gudeg Jogja cenderung kering dengan rasa manis yang dominan, maka buatlah sayur nangka yang terasa gurih dengan kuah, untuk memberi rasa lebih, santaplah dengan sambal yang sebelumnya sudah di goreng.

3. Bakso kuah
Menu ini terbilang mudah dan praktis untuk disajikan jika di rumah Anda sedang tidak ada yang membantu menyiapkan menu lebaran. Anda tinggal menuju supermarket terdekat, beli bakso, dan tahu yang kini sudah banyak dijual dalam kemasan, kemudian beli beberapa potong tetelan untuk membuat kuah bakso lebih gurih atau jika tidak mau repot beli saja bumbu kaldu yang sudah siap masak.

4. Laksa
Menu satu ini memang tergolong unik, dengan kuah santan kental, mie/bihun, toge, serta oncom dan kemangi membuat rasanya sangat unik. Laksa yang merupakan salah satu kuliner perpaduan Tionghoa dan Melayu ini bisa menjadi teman ketupat saat merayakan lebaran.

5. Semur Daging
Semur daging bisa menjadi santapan nikmat yang dimakan bersama potongan ketupat saat lebaran tiba. Perlu diingat dalam membuat semur ini jangan terlalu manis karena biasanya semur menggunakan banyak kecap.

Nah, G-Viewers itu dia lima menu masakan yang bisa Anda nikmati sekaligus mengusir rasa bosan dengan menu opor ayam yang selalu ada. «[Teks @boyMALI | Foto Berbagai Sumber]

SHARE