Jaga Pola Makan Selama Liburan!

0
167
Ilustrasi makan
Ilustrasi makan

Siasati pola makan selama libur Lebaran

Ilustrasi makan[dropcap style=’square’]L[/dropcap]ibur Lebaran tiba! Momen ini biasanya dimanfaatkan untuk berkunjung ke rumah sanak saudara, selain untuk bersilaturahim, tapi juga untuk menikmati waktu liburan yang dimiliki. Tentunya, kegiatan berlibur ini tidak lepas dari makanan yang melimpah ruah.

Hari Raya Lebaran, identik dengan makanan yang berlemak. Opor ayam, sayur yang menggunakan kuah santan, ataupun makanan berbahan dasar daging pastinya tidak akan absen dari meja makan.

Nah, setelah berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan, terkadang kita suka ‘membalas dendam’, dengan menyantap makanan sesuka hati sebagai teman berlibur. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan keseimbangan berat tubuh Anda, ya.

Anda tentu tak mau, saat kembali beraktivitas, pakaian-pakaian Anda menyempit. Atau merasa malas bergerak, karena tubuh bertambah lebar.

Lalu seperti apa cara, agar terhindar dari hal-hal tersebut? Berikut Ghiboo mengumpulkan sejumlah tip mengenai pola makan dan menjaga bentuk tubuh selama libu lebaran datang.

F1Siasati pemilihan makanan
Rasanya tidak mungkin menghindari makanan berlemak saat hari raya tiba. Tapi tidak ada salahnya untuk mengunyah makanan pendamping lainnya yang lebih menyehatkan. Misalnya makanan yang berbahand asar sayur-sayuran.

 

F2Buat daftar belanjaan jauh-jauh hari
Tukang sayur masih pulang kampung, atau pasar masih belum maksimal menyediakan bahan makanan adalah alasan klasik bagi banyak orang untuk membeli makanan sehat selama musim lebaran. Triknya, yaitu persiapkan catatan belanjaan makanan sehat, seperti sayur dan buah beberapa hari sebelum lebaran.

Kemudian beli makanan tersebut menjelang lebaran dan simpan dalam lemari pendingn dalam wadah, dan gunakan seperlunya. Tentu sangat membantu Anda dalam mengkombinasi makanan selama libur lebaran.

F3Atur frekuensi makan
Selama libur lebaran rasanya gatal untuk menyantap semua hidangan. Boleh-boleh saja mencicipi semua makanan. Tapi, dengan catatan tidak dalam sekali waktu makan,karena selain dapat menimbun lemak dapat mengganggu pencernaan Anda.

Cobalah makan dalam porsi yang lebih kecil dari biasanya, namun sering. Hal ini bisa menjadi trik agar tubuh Anda tidak melar dadakan sehabis libur lebaran.

F4Minuman sehat
Selain makanan, minuman juga perlu dijaga. Sirup, softdrink atau segala minuman manis sebaiknya dikurangi selama libur lebaran. Ada baiknya selalu mengkonsumsi air putih. Tentu saja dengan alasan lebih sehat dan minim kandungan gula, yang dapat berakibat penimbunan lemak.

Atau, pilihan lainnya yaitu mengkonsumsi buah-buahan yang dijus, karena selain rasanya yang menyegarkan juga dapat membantu menjaga kesehatan Anda.

F5Jangan tinggalkan olahraga
Yang satu ini terdengar membosankan? Tentu tidak, jika Anda bisa menyiasatinya. Luangkan waktu, setidaknya untuk jogging selama 30 menit. Manfaatkan momen liburan untuk berolahraga dengan teman-teman terdekat atau kerabat yang jarang ditemui di luar waktu liburan. Dengan begitu aktifitas liburan Anda semakin berwarna dengan kegiatan olahraga bersama, dan bentuk tubuh Anda tetap terjaga. « [teks @nandiyanti | foto shutterstock.com]

FriSex

SHARE